M. MOKO
INDONESIA

IT Professional, Photographer dan Blogger. Bekerja pada perusahaan swasta sebagai Product Marketing, menyukai fotografi Macro, traveling dan outdoor sport.

Translate

Latest Video

Social Media
Supported By
ID Corners
Pantai Ujung Genteng
Traveling

Pantai Ujung Genteng, Pantai dengan Air Laut yang Jernih

on
April 2, 2018

Jika kita melihat bagian Barat Pulau Jawa melalui Google Maps, di sisi Selatan terlihat seperti terbelah dua, membentuk seperti gunting yang mana ujung gunting bagian atas adalah pantai Ujung Kulon, sedangkan ujung gunting bagian bawah adalah pantai Ujung Genteng. Demikianlah asal usul dari nama Ujung Genteng yang sebenarnya adalah pergeseran kata yang sebelumnya adalah ujung gunting. Pantai inilah yang belum lama ini kami kunjungi setelah sebelumnya mengunjungi Curug Cikaso. Memang rasanya belum lengkap jika kami tidak mengunjungi pantai Ujung Genteng yang hanya memiliki jarak sekitar 1 jam perjalanan dari Curug Cikaso, atau sekitar 3 jam dari pantai Pelabuhan Ratu. Lokasi tepatnya adalah di kecamatan Ciracap, Desa Gunung Batu, Kabupaten Sukabumi

Baca juga:Β Curug Cikaso, Fakta Mencekam Dibalik Keindahannya

Panorama Indah di Ujung Genteng

Mendekati area pantai panoramanya sangat menakjubkan, di sisi kiri mulai terlihat garis pantai, perkebunan aren, perkebunan buah-buahan dan padang savana dengan beberapa ternak seperti sapi, kambing dan domba. Beberapa kali kami temui juga pabrik-pabrik pengolahan gula aren. Memang menurut informasi yang saya dapat dari internet, mata pencaharian penduduk lokal di sana selain menjadi nelayan adalah berkebun dan sebagai penghasil gula aren. Di tengah perjalanan kami juga sempat bertemu dengan petani yang sedang memanen buah semangka dari kebunnya. Sayangnya semangka-semangka tersebut sudah dibeli oleh salah satu penyalur buah-buahan, sehingga tidak dapat kami beli.

Pantai Ujung Genteng

Suasana pantai Ujung Genteng

Untuk masuk ke area pantai, kami hanya membayar Rp. 8rb per orang. Cukup murah bukan? kalau hanya untuk sekedar bermain-main di pantai merupakan suatu biaya yang tidak menguras kantong. Dari loket pembayaran menuju ke pantai berjarak kurang lebih 2 km, kesan pertama saya begitu masuk ke salah satu pantai di kawasan Ujung Genteng adalah pantai yang masih sangat alami dengan panorama garis pantai yang sangat indah karena pantai ini memiliki air laut yang sangat jernih dan pasir putih yang bersih. Air lautnya benar-benar jernih, sampai-sampai dasar laut di pinggiran pantai bisa dilihat. Hal tersebut yang menyebabkan garis pantai ini terlihat cantik dengan warna hijau kebiruan akibat pantulan cahaya matahari. Memang sangat jauh berbeda dibandingkan dengan pantai-pantai yang berada tidak jauh dari Jakarta. Untuk ombak di pantai ini cukup besar, karena pantai ini memang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia seperti pantai-pantai Selatan Jawa lainnya. Namun masih tergolong aman untuk berenang dan bermain air asal selalu waspada dan mengikuti petunjuk yang ada. Di dalam area pantai Ujung Genteng ini terdapat banyak sekali pantai cantik yang masing-masing memiliki nama seperti pantai Cibuaya, pantai Pangumbahan, pantai Tenda Biru, pantai Mina Jaya dan lain-lain. Karena kami tidak memiliki banyak waktu, kami hanya sempat berhenti untuk berfoto saja dari pantai-pantai tersebut walau sebenarnya banyak kegiatan lain yang bisa kita manfaatkan selama berada di sana selain berenang, seperti berselancar, ikut para nelayan untuk menangkap ikan dan lobster sampai mengamati penyu bertelur.

Penangkaran Penyu Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng

Bermain air di pantai Ujung Genteng

Sepanjang pantai banyak sekali terdapat tempat-tempat penginapan di Ujung Genteng, baik berupa villa, resort maupun guest house. Melihat keindahan pantai di sini, kami hanya bisa berencana bahwa suatu saat nanti, kami harus kembali lagi ke sini dan bermalam di salah satu penginapan tersebut agar dapat mengeksplorasi pantai di Ujung Genteng ini dengan maksimal. Selain penginapan, di beberapa bagian pantai juga terdapat tempat-tempat untuk penangkaran penyu. Dari cerita seorang pedagang kelapa muda, jika datang pada waktu yang tepat, wisatawan dapat melihat proses-proses penangkaran penyu-penyu tersebut. Penangkaran penyu adalah kegiatan konservasi yang bertujuan untuk pelestarian penyu agar jumlahnya tidak punah. Prosesnya cukup komplek, dimulai dari pengamatan penyu-penyu yang sedang bertelur di malam hari, penetasan hingga akhirnya adalah pelepasan kembali anak penyu ke lautan bebas. Sekali bertelur penyu dapat menghasilkan lebih dari 100 butir telur. Wisatawan dapat mengamati bagaimana penyu-penyu tersebut bertelur asal tidak boleh membuat gangguan berupa cahaya maupun suara gaduh karena dapat membuat penyu-penyu tersebut membatalkan niatnya untuk bertelur. Setelah telur-telur tersebut dikumpulkan untuk ditetaskan, maka akan lahirlah penyu-penyu kecil yang biasa disebut tukik. Dari 100 butir telur yang dihasilkan tadi, hanya belasan sampai puluhan yang berhasil ditetaskan menjadi tukik. Tukik-tukik tersebut akan kembali dilepaskan ke laut jika sudah siap, paling tidak setelah tukik tersebut dapat bertahan hidup dari para predatornya. Tanpa proses penangkaran, jumlah tukik yang hidup akan menjadi lebih sedikit, karena adanya predator seperti burung dan tikus yang akan memakan telur-telur penyu maupun memangsa tukik-tukik yang belum siap untuk hidup di alam bebas. Beberapa jenis penyu memang sudah termasuk dalam hewan langka, sehingga sangat dibutuhkan proses penangkaran tersebut.

Baca juga:Β Hamparan Hijau Kebun Teh di Gunung Mas Puncak Bogor

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng

Puas berfoto dan bermain air di pantai Ujung Genteng, segar sekali meminum air kelapa yang langsung diminum dari buah kelapa yang baru saja dipetik dan banyak dijual oleh pedagang di pinggir pantai. Saat asik menikmati air kelapa muda tersebut, tiba-tiba angin yang berasal dari laut berubah menjadi sangat kencang, sampai-sampai menutup pintu kendaraanpun membutuhkan tenaga yang kuat. Dalam beberapa menit, langit berubah menjadi hitam dan akhirnya turun hujan yang cukup deras. Rupanya terjadi badai di tengah laut, karena dari pantai terlihat seperti awan hitam yang berputar menuju ke salah satu bagian laut. Badai tersebut yang akhirnya membuat kami dengan berat hati meninggalkan pantai indah tersebut untuk kembali pulang ke rumah.

TAGS
38 Comments
  1. Reply

    Wisnu Tri

    April 2, 2018

    Itu hitam-hitam di pasir pantai, sampah atau bebatuan ya, pak?
    Satu hal yang belum kesampaian selama saya main ke pantai adalah, ingin melihat penangkaran penyu seperti di Pantai Ujung Genteng ini. Penasaran sama proses penetasan telur dan pelepasan tukiknya.

    • Reply

      Mauliddin Moko

      April 2, 2018

      Hitam2 itu batu karang yang berserakan mas, walaupun tetap ada sedikit sampah juga sih. Kalau mau lihat penangkaran, baiknya datang sekitar bulan Agustus Mas, itu kata orang sana

  2. Reply

    Anggara W. Prasetya

    April 2, 2018

    Pantainya bagus..

    Pasir putih dan masih sepi..
    Sayang jaraknya jauh..

    • Reply

      Mauliddin Moko

      April 2, 2018

      Kalau dari Jakarta emang jauh mas, sekitar 6 sampai 7 jam

  3. Reply

    Himawan Sant

    April 3, 2018

    Cakep beneer pemandangannya …
    Duduk berlama-lama dibawah pohon di tepi pantai , bakalan bikin ngga pengin pulang

    • Reply

      Mauliddin Moko

      April 4, 2018

      Iya mas, asal gak pas lagi badai ya πŸ™‚

  4. Reply

    Deddy Huang

    April 4, 2018

    cuacanya lagi mendung ya pas ke sana mas. syukurlah di sana belum ada aktifitas wisata selfie. jadi masih bisa menikmati suasana.

    • Reply

      Mauliddin Moko

      April 4, 2018

      Iya Koh, untungnya masih sempat menikmati suasana sebelum datang badai

  5. Reply

    nur rochma

    April 4, 2018

    Kalau lihat pantai yang jernih dan cakep kayak gini suka gemes dengan pantai di daerah saya (Tuban) yang butek dan banyak sampahnya.

    • Reply

      Mauliddin Moko

      April 4, 2018

      Tapi selain pantai kan ada yang lainnya juga Mba

  6. Reply

    vanisa

    April 12, 2018

    waktu ke sukabumi, gak dilanjutin ke sini. Cuma nyampe ciletuh aja hehe
    next mudah2an kesampean bisa ke sini. Cantik ya pantainya πŸ™‚

    • Reply

      Mauliddin Moko

      April 12, 2018

      Bagus loh mba, gak nyesel hehehehe

  7. Reply

    Heri heryanto

    April 14, 2018

    Jarang jarang pantai yg juga ada penangkaran penyunya. Inimah ibu orang tua wisata pantai, sekalian anak wisata edukasi penangkaran penyu

    • Reply

      Mauliddin Moko

      April 14, 2018

      Iya memang harus gitu Mas, liburan sekalian belajar

  8. Reply

    Mujawaroh Annafi

    April 14, 2018

    wah kayaknya asik kalau ajak ngecamp sama temen-temn. tapi kalo ada badai gtu aman gak ya?

    • Reply

      Mauliddin Moko

      April 14, 2018

      Info dari pedagang di sana, katanya sih aman, emang sering ada badai, tapi waktunya gak lama biasanya

  9. Reply

    hanif mahaldi

    April 15, 2018

    Sepi yak pak? Jarang2 nemu yang sepi. Di Jogja sulit, sudah sesak jadi kadang juga gak bebas main airnya. Kalau pun ada perjalanannya malah bikin capek. Penangkaran penyu ya? Jadi inget di kalimantan juga ada walau belum sempet kesana juga pas tinggal disana.

    • Reply

      Mauliddin Moko

      April 15, 2018

      Sepi banget Pak, di beberapa area pantai hanya ada kami saja yg bermain di pantai

  10. Reply

    Liswanti

    April 16, 2018

    Cakep banget lautnya, selalu suka lihat laut

    • Reply

      Mauliddin Moko

      April 16, 2018

      Iya bagus loh Mba

  11. Reply

    Anggara W. Prasetya

    April 17, 2018

    Apalagi kalau dari Solo..
    Perjalanan 16 jam plus harus lewat jalur selatan Jawa Barat yang jauh dari kota-kota besar…

    • Reply

      Mauliddin Moko

      April 17, 2018

      Malah bagus mas, bisa nikmatin tempat2 menarik sepanjang jalur Selatan

  12. Reply

    Ella

    April 18, 2018

    Dudududu belum pernah ke penangkaran penyu sekalipun nih.. Jauh bgt ya kl pengin ke pantai ujung genteng. Hhh
    Syukurlah wlpun di tengah laut ada badai, untung nggak terjadi apa2 yaa

    • Reply

      Mauliddin Moko

      April 18, 2018

      Ayo mba, menarik loh, biar jauh tapi kebayar dgn keindahannya kok mba

  13. Reply

    investindoimpacts

    April 19, 2018

    Boleh juga akhir minggu ke sini liat pemandangan sambil makan. Pemandangan pantai waktu hujan kayaknya menarik juga.

    • Reply

      Mauliddin Moko

      April 19, 2018

      Apalagi kalo bisa bermalam pake tenda,……pasti asik πŸ™‚

  14. Reply

    Liana

    May 3, 2018

    wah, cantik sekali pantai Ujung Genteng. belum pernah ke sana tapi udah tergambar jelas kecantikannya dari artikelmu mas πŸ™‚
    jadi mau kemping di sana, ciamik banget soalnya tempatnya.

    • Reply

      Mauliddin Moko

      May 6, 2018

      Bener Mba, gak nyesel kok, selain cantik, bernilai pendidikan juga

  15. Reply

    Liana

    May 6, 2018

    Iya, keliatan seru. Lebih seru lagi kalau ke sana bisa ajak keponakan ya mas.
    biar sekalian kenal dan belajar sama alam πŸ™‚

    • Reply

      Mauliddin Moko

      May 6, 2018

      Nah….iya bener banget Mba, salam kenal juga πŸ™‚

  16. Reply

    Darwin

    May 7, 2018

    indah banget tempatnya mas, baru tau saya tentang ujung genteng, kalo ujung kulon mah udah akrab di kuping

    • Reply

      Mauliddin Moko

      May 10, 2018

      Iya Om, keindahan di salah satu ujung selatan pulau Jawa

  17. Reply

    Afifah Haq

    May 21, 2018

    view pantai ujung genteng emang selalu indah ya

    • Reply

      Mauliddin Moko

      May 22, 2018

      Benar sekali Mba, bersih dan indah

  18. Reply

    ramadani idaham

    June 10, 2018

    Apabila gua berkunjung ke blogger travel gini, gua merasa Indonesia keren banget hehe

    • Reply

      Mauliddin Moko

      June 10, 2018

      Tapi emang beneran keren sih hehehehe

  19. Reply

    Lena Viyantimala

    June 16, 2018

    Kalau lihat pantai lalu, bawaannya pengen leyeh-leyeh dan enjoy doing nothing, hehe!
    Negeri ini memang indah!

    • Reply

      Mauliddin Moko

      June 16, 2018

      Yes bener Mba, apalagi Indonesia kaya akan pantai yg indah πŸ™‚

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.