M. MOKO
INDONESIA

IT Professional, Photographer dan Blogger. Bekerja pada perusahaan swasta sebagai Product Marketing, menyukai fotografi Macro, traveling dan outdoor sport.

Translate

Latest Video

Social Media
Supported By
ID Corners
Traveling

Pantai Loji, Panorama Pasir dan Karang Hitam yang Menawan

on
March 10, 2018

Pantai Loji adalah salah satu pantai indah yang berada di laut Selatan pulau Jawa. Pantai ini adalah salah satu alternatif wisata yang berada di sekitar Pelabuhan Ratu, tepatnya berada di desa Kertajaya, kecamatan Simpenan. Patokan jika akan menuju pantai ini adalah saat sampai di pertigaan Cidadap, kita belok kiri menuju jalan yang ke arah Ujung Genteng, lalu sekitar 5 menit perjalanan, kita akan menemui pertigaan yang bertuliskan Wisata Simpenan, tinggal ambil jalan menurun ke kanan kita akan sampai di Pantai Loji. Jalan dari pertigaan tersebut menuju ke pantai sudah cukup bagus, namun sayangnya ketika memasuki area pantai, jalan terlihat tidak terawat, berbatu dan sangat sempit. Saya sempat sedikit ragu ketika memasuki jalan ini apakah memang sudah berada di jalan yang benar, setelah bertanya kepada penduduk sekitar baru yakin bahwa memang itu adalah jalan menuju pantai Loji. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang sangat indah, di kejauhan akan terlihat cerobong PLTU Pelabuhan Ratu menambah kecantikan pantai tersebut.

Baca juga: Pantai Glagah Yogyakarta, Pantai dengan Laguna yang Indah

Pantai Loji Wisata Alternatif Pelabuhan Ratu

pantai loji

Sangat cocok untuk pengambilan foto
pantai loji

Banyak sekali batu karang hitam bertebaran

Pantai yang menjadi salah satu wisata alternatif Pelabuhan Ratu ini masih sangat alami dibanding pantai-pantai lainnya di Pelabuhan Ratu. Tampaknya memang belum dikelola dengan serius oleh Pemda setempat. Ketika kami memasuki pantai tersebut, tidak terdapat tempat parkir, loket masuk maupun pedagang-pedagang di sekitar pantai. Suasana sangat sepi, bahkan ketika kami ke sana, kamilah satu-satunya pengunjung yang berada pada pantai tersebut. Padahal jika dilihat dari keindahan pantai tersebut, keindahannya tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya di sekitar Pelabuhan Ratu dan sangat berpotensi untuk menjadi objek wisata yang cukup berkelas. Sepanjang pantai tersebut, banyak bertaburan batu karang dari yang berukuran kecil hingga yang sangat besar. Berbeda dengan pantai-pantai lainnya di sekitar Pelabuhan Ratu, pantai ini memiliki pasir dan batu karang yang berwarna hitam pekat. Di beberapa bagian batu karang, terdapat banyak sekali cangkang kerang berwarna putih kekuningan dan ganggang hijau menambah eksotis pemandangan di sana. Deburan ombak memecah batu karang selalu terdengar setiap saat. Pantai ini sepertinya memang tidak bersahabat jika digunakan untuk berenang, karena selain memiliki ombak yang tergolong cukup besar, banyaknya batu karang yang bertebaran sepanjang pantai juga menyulitkan untuk dapat berenang di sana. Mungkin ini salah satu penyebab, sedikitnya wisatawan yang datang ke sini. Di kejauhan terlihat beberapa orang sedang memancing sambil duduk di atas batu karang yang cukup besar. Untuk fauna, beberapa kali kami menemukan bintang laut, kerang dan kepiting yang bersembunyi di antara batu-batu karang. Pantai ini sangat tepat jika digunakan untuk berfoto seperti untuk pengambilan foto pre-wedding ataupun hanya sekedar untuk berbagi foto di instagram.

Baca juga: Kesan Romantis di Balik Eksotisme Pantai Kuta Bali

pantai loji

Deburan ombak cukup besar
pantai loji

Bukan untuk berenang, namun masih bisa untuk sekedar bermain pasir

Spot Menarik di Objek Wisata Simpenan

Berdasarkan informasi warga sekitar, tidak jauh dari pantai Loji ini juga terdapat vihara yang berada di atas bukit, namanya vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa. Konon katanya vihara tersebut dibangun oleh seorang berkebangsaan Thailand bernama Mama Airin yang saat ini sudah berbaur dengan warga menjadi warga negara Indonesia. Menurut warga juga, banyak wisatawan naik ke atas bukit tersebut untuk melihat panorama kecantikan pantai loji dari posisi ketinggian. Sebenarnya masih banyak sekali spot menarik di area wisata Simpenan, seperti curug Glodog (curug Semar), pantai Cipunaga, area bukit, persawahan dan lain-lain. Sayangnya saat itu cuaca mendung dan sudah mulai gerimis, sehingga saya dan keluarga tidak sempat menaiki bukit tersebut. Bagi wisatawan yang akan bermalam di sekitar sana juga ada beberapa hotel yang dapat menjadi alternatif penginapan.

TAGS
20 Comments
  1. Reply

    Evi

    March 10, 2018

    Aku pernah ke wiharanya..Tapi baru tahu sekarang nama pantainya yaitu Pantai Loji. Bagus emang pantainya walau pasirnya tidak putih

    • Reply

      Mauliddin Moko

      March 11, 2018

      Saya kemarin gak sempat naik ke bukit vihara-nya, karena keburu hujan

  2. Reply

    Lina Astuti

    March 11, 2018

    Kalau di daerah saya, Karawang, ada tempat yang dinamai Loji juga. Tapi kebalikannya dari pantai Loji, daerah ini dataran tinggi, terdapat beberapa curug di tempat ini.

    • Reply

      Mauliddin Moko

      March 12, 2018

      Oh ternyata ada Loji lagi ya, boleh juga untuk diexplore Mba

  3. Reply

    Onix

    March 12, 2018

    Pantai laut selatan emang selalu cantik yah, berasa di Bali

    • Reply

      Mauliddin Moko

      March 12, 2018

      Benar Mba, walaupun ombaknya agak besar, tapi instagramable banget

  4. Reply

    Himawan Sant

    March 13, 2018

    Jejeran karang-karangnya bikin pemandangan pantainya jadi unik.
    Keren untuk berfoto ☺

    • Reply

      Mauliddin Moko

      March 13, 2018

      Iya Om, buat prewedding bangus banget

  5. Reply

    Endah Kurnia Wirawati

    March 13, 2018

    saya kemaren bersama teman-teman menyempatkan hunting foto sunset disini nih.. banyak spot keren buat lowspeed dan sunset di bebatuannya euy..

    • Reply

      Mauliddin Moko

      March 13, 2018

      Bener banget Mba, sayang kemarin saya gak bawa ND filter, jadi gak sempat ambil lowspeed

  6. Reply

    Ari

    March 14, 2018

    Jadi pengen foto after wedding, hehe

    • Reply

      Mauliddin Moko

      March 14, 2018

      Hehehehe, bener banget tuh…….

  7. Reply

    lialathifa

    March 17, 2018

    berarti pantai Loji seperti harta karun ya mas, masih tersembunyi keindahannya dan beruntung bagi yang menemukannya. Asli, kece bangeeet, subhanallaah

    • Reply

      Mauliddin Moko

      March 17, 2018

      Benar sekali Mba, salah satu ciptaan Allah yg sangat indah

  8. Reply

    rusydinat

    March 23, 2018

    duh racun pantai lagii cakep mas pantainya :3

    • Reply

      Mauliddin Moko

      March 24, 2018

      Iya bagus banget loh pantainya….

  9. Reply

    Backpacker Tampan

    March 24, 2018

    Ini yang masuk ke rute goepark Ciletuh kan om

    • Reply

      Mauliddin Moko

      March 24, 2018

      Yes Om, arah ke Ujung Genteng juga

  10. Reply

    Dewi Ratih Purnama

    March 27, 2018

    Kaya pantai tersembunyi.. brati emang cocok buat pre wed ya, selain viewnya bagus trus masih sepi, yang mau foto2 bisa leluasa

    • Reply

      Mauliddin Moko

      March 27, 2018

      Benar banget Mba, bisa buat pre wedding atau after wedding juga bagus :), waktu saya ke sana, bener2 hanya the only family yang lagi ada di sana

Leave a Comment