Garis Batas

Traveling & Science Blog

Pantai Glagah Yogyakarta, Pantai dengan Laguna yang Indah

Pantai Glagah YogyakartaJika Anda melintasi jalan Pantai Selatan dari Yogyakarta menuju ke Cilacap, ketika melewati Jl. Daendels, banyak sekali pantai indah yang bisa Anda kunjungi, diantaranya adalah Pantai Glagah Yogyakarta yang berada di kawasan Kulon Progo, berjarak kurang lebih 40km dari pusat kota Yogyakarta. Pantai ini merupakan wisata unggulan di kawasan Kulon Progo karena memiliki keindahan alam pantai yang indah. Pasir di pantai ini tidak berwarna putih seperti pasir di kebanyakan pantai lainnya, tapi pasir di pantai ini adalah pasir besi berwarna hitam keabu-abuan dan merupakan keindahan tersendiri karena terhampar melandai tanpa batu karang di sepanjang garis pantai. Karena termasuk bagian dari pantai Selatan, deburan ombak pantai ini tergolong cukup besar sehingga wisatawan dilarang untuk berenang dan bermain terlalu jauh dari lokasi bibir pantai.

Pasar di Pantai Glagah YogyakartaMemasuki kawasan pantai, harus melewati pasar yang menjual hasil laut, souvenir dan oleh-oleh khas Kulon Progo. Jangan lupa mencoba camilan khas Kulon Progo berupa undur-undur laut (emerita sp.), yaitu crustacea yang biasanya hidup di pantai berpasir besi. Rasanya gurih, hampir mirip seperti udang goreng.

Dermaga, Laguna, Bumi Perkemahan dan Kebun Buah Naga

Di salah satu bagian pantai terdapat dermaga wisata yang panjang yang kanan kirinya terdapat tetrapod-tetrapod yang berfungsi untuk memecah ombak. Yang menjadi daya tarik tersendiri pada pantai ini adalah terdapat laguna yang panjang yang terjadi akibat gelombang pasang yang besar dan membuat air laut terjebak di cekungan pasir pantai sehingga membentuk seperti danau. Karena air laut pada laguna tersebut cenderung tenang dan tidak berombak, laguna ini banyak dimanfaatkan oleh wisatawan untuk bermain atau sekedar memancing. Beberapa wisata air banyak juga ditawarkan oleh penduduk sekitar seperti seperti mendayung dengan kano, getek atau perahu bebek. Wisatawan juga bisa menyewa perahu motor untuk dapat mengelilingi laguna tersebut. Di sekitar pasir pantai, wisatawan juga bisa menyewa motocross, ATV atau menunggangi kuda untuk melintasi jalan berpasir di sepanjang pantai. Di sekitar pantai, banyak terdapat kamar mandi dan tempat bilas dengan air tawar yang cukup bersih. Saat hari menjelang sore, jangan lupa mengabadikan sunset yang indah di pantai ini.

Deburan ombak di Pantai Glagah YogyakartaMasih di area pantai, tidak jauh dari laguna, terdapat Bumi Perkemahan dan perkebunan buah naga, melon dan semangka bernama Kusuma Wanadri yang juga menambah kelengkapan wisata di Pantai Glagah. Di kawasan agrowisata ini, wisatawan dapat ikut memanen buah-buahan tersebut bersama warga sekitar, hasil panen juga dapat dibawa pulang oleh wisatawan sebagai oleh-oleh.

Penginapan dan Kuliner di Pantai Glagah Yogyakarta

Untuk penginapan dan hotel di sekitar Pantai Glagah, jangan berharap mendapatkan hotel sekelas bintang lima di sini, namun penginapan dan losmen kecil banyak terdapat di sekitar pantai, walaupun hanya dengan fasilitas standard, atau jika ingin lebih menyatu dengan alam, wisatawan dapat mendirikan tenda di area camping ground yang berada di sekitar Pantai Glagah. Untuk pemesanan hotel atau penginapan dapat dilakukan sebelumnya melalui tiket.com. Kuliner yang banyak ditawarkan di kawasan ini kebanyakan adalah kuliner olahan hasil laut, selain itu banyak warga sekitar yang menjual makanan kecil seperti jagung bakar, mie instan dan lain-lain.

Transportasi dan Tiket Masuk Pantai Glagah Yogyakarta

Untuk menuju ke kawasan wisata ini, baru bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi, karena kendaraan umum masih sangat terbatas. Biaya yang diperlukan untuk dapat memasuki kawasan ini hanya Rp. 4000 per orang, bagi yang membawa kendaraan sendiri juga disediakan tempat parkir kendaraan yang cukup luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015