M. MOKO
INDONESIA

Product Marketing Specialist, Photographer dan Blogger. Bekerja pada sebuah perusahaan sebagai Retail Promotion & Marketing Head, menyukai fotografi Macro, traveling dan outdoor sport.

Language

Latest Video

Social Media
Supported By
ID Corners
Kesehatan

10 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Masa Otot Anda

on
July 25, 2016
cara meningkatkan masa otot

Makanan otot (Pic by: Public Domain under CC License)

Cara meningkatkan masa otot sekaligus menghilangkan lemak, kita membutuhkan berbagai variasi mulai dari protein, sayuran, buah-buahan, lemak sehat dan karbohidrat sebagai makanan otot. Pada umumnya, makanan yang mengandung protein bisa membantu membangun massa otot dan memelihara otot. Namun selain bisa dimanfaatkan untuk membangun otot, makanan-makanan tersebut juga dapat membantu mengurangi lemak. Protein, misalnya, merupakan makanan yang tinggi efek termalnya. Lebih tinggi dibandingkan dengan makanan berlemak atau karbohidrat. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai makanan untuk membangun otot.

Namun anda juga harus tahu bahwa mengkonsumsi lemak juga bisa membantu menghilangkan lemak. Tubuh kita akan menyimpan lemak apabila kita tidak makan lemak. Lemak di tubuh kita bisa berasal dari gula, karbohidrat dan lain-lain. Sedangkan buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral biasanya kita butuhkan untuk memulihkan diri pasca latihan. Sedangkan karbohidrat dibutuhkan sebagai bahan bakar yang akan membuat kita berenergi saat latihan.

Bagi Anda yang ingin tahu beberapa jenis makanan super yang dapat meningkatkan massa otot, berikut adalah beberapa diantaranya.

Makanan untuk meningkatkan masa otot

  1. Daging sapi

Daging sapi adalah makanan yang sangat penting untuk membangun otot karena adanya kadar protein, kolesterol, vitamin B, seng, dan kandungan zat besi yang dimilikinya. Daging sapi yang berasal dari sapi yang memakan rumput memiliki tingkat conjugated linoleic acid lebih tinggi dibandingkan dengan sapi konvensional yang digemukkan dengan menggunakan obat-obatan.

  1. Telur utuh

Makanan selanjutnya yang baik untuk meningkatkan massa otot adalah telur utuh yang kaya protein, vitamin A, vitamin B, kolesterol, dan vitamin E serta berfungsi juga untuk meningkatkan kadar testosteron secara alami.

Baca juga: Kerugian dan Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan

Kadangkala seseorang merasa khawatir dengan adanya kandungan kolesterol di dalam telur. Menurut ahli kesehatan, mengkonsumsi telur yang mengandung kolesterol tidak berpengaruh terhadap kolesterol didalam darah. Jika tubuh kita memiliki kolesterol jahat, yang perlu kita lakukan hanyalah menurunkan berat badan atau menghilangkan sejumlah lemak di tubuh. Hal tersebut akan lebih baik dibandingkan dengan membuang kuning telur yang mengandung kolesterol dan memilih hanya mengkonsumsi putih telur.

  1. Minyak ikan

Minyak ikan dapat membantu menurunkan lemak di dalam tubuh dan bisa membantu meningkatkan kadar testosteron. Minyak ikan juga bisa membantu mengurangi peradangan pada sendi atau kulit. Biasanya minyak ikan dikonsumsi oleh mereka yang berlatih untuk meningkatkan masa otot.

  1. Yogurt Plain

Makanan selanjutnya yang cocok untuk membangun massa otot adalah yogurt. Yogurt yang merupakan makanan yang mengandung bakteri baik dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Yogurt yang sebaiknya dipilih adalah yogurt tanpa lemak atau yoghurt plain rendah lemak.  Jangan membeli yogurt yang menempatkan tambahan gula atau buah-buahan di dalamnya.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan serat sangat tinggi. Brokoli bisa membantu menghilangkan sejumlah lemak karena rendah kalori. Makanan lain yang sejenis dengan brokoli diantaranya adalah: kubis, kembang kol, dan kale. Makanan-makanan tersebut juga bisa membantu melawan kanker fitokimia atau anti-estrogenik indoles.

  1. Buah jeruk

Buah jeruk dipercaya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otot dan sangat baik apabila dikonsumsi sebelum latihan. Buah jeruk juga dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh kita.

  1. Susu

Susu kaya akan asam amino glutamin, kasein dan whey. Susu organik biasanya mengandung sekitar 70% asam lemak omega 3. lebih baik dibandingkan dengan susu konvensional. Jadi kalau Anda berniat membangun otot, cobalah mencari susu organik atau susu murni karena lebih baik dibandingkan dengan susu kemasan yang banyak dijual di supermarket.

  1. Bayam

Bayam adalah sayuran lain selain brokoli yang sangat baik apabila dikonsumsi untuk membangun massa otot. Bayam mengandung glutamine dan asam amino yang sangat penting bagi pertumbuhan otot di tubuh kita. Namun selain mengandung glutamine, bayam juga dapat meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh kita.

  1. Apel

Apel adalah makanan dari jenis buah-buahan yang dapat membantu meningkatkan kekuatan otot dan dapat membantu mencegah otot menjadi lelah. Jadi sebelum latihan, Anda bisa mengkonsumsi apel agar bisa berlatih lebih keras dan lebih lama. Kandungan yang dimiliki oleh apel yaitu polifenol dapat meningkatkan pembakaran lemak.

  1. Beras Merah

Beras merah adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Beras merah menyediakan sejumlah energi dan apabila kita mengkonsumsinya, energi tersebut akan dilepaskan secara perlahan sehingga energi yang kita miliki akan tahan lama. Beras merah dipercaya bisa membantu meningkatkan kadar hormon pertumbuhan yang sangat penting untuk pertumbuhan otot, bermanfaat untuk membangun kekuatan dan menghilangkan sejumlah lemak dari tubuh.

TAGS
2 Comments
  1. Reply

    katon

    February 21, 2018

    Saya sangat membutuhkan informasi ini untuk kekuatan otot dan tulang, mengingat usia semakin senja dan aktifitas yang saya lakukan lebih banyak menggunakan otot dan kekuatan tulang, terima kasih banyak guys

    • Reply

      Mauliddin Moko

      February 26, 2018

      Terima kasih sdh berkunjung ke blog ini ūüôā

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.