M. MOKO
INDONESIA

IT Professional, Photographer dan Blogger. Bekerja pada perusahaan swasta sebagai Product Marketing, menyukai fotografi Macro, traveling dan outdoor sport.

Translate

Latest Video

Social Media
Supported By
ID Corners
Traveling

Kemping Keluarga Tanpa Ribet di Batu Tapak Camping Ground

on
December 10, 2017

Ingin kemping keluarga saat liburan, bermalam di tenda, ber-api unggun ria, merasakan indahnya suasana alam tapi gak mau repot-repot masak, gak mau tidur di atas tanah keras berlapis matras……gampang, datang saja ke Batu Tapak Camping Ground. Lokasinya berada  di area bukit Cangkuang desa Cidahu yang berada di kaki gunung Salak, Jawa Barat. Jika perjalanan dari Jakarta menuju Sukabumi, belok kanan di Jalan Raya Cidahu. Kira-kira 2.5 jam perjalanan dari Jakarta. Pastikan saja kendaraan yang kita tumpangi dalam kondisi sehat, karena jalan menuju ke lokasi menanjak cukup terjal dan berkelok-kelok.

Baca juga: Berkemah pada 1700mdpl di Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey

Fasilitas Kemping Keluarga di Batu Tapak

Batu Tapak Camping Ground ini memang disiapkan untuk kamping keluarga, sangat cocok untuk keluarga yang ingin liburan dengan suasana yang agak berbeda. Anak-anak pasti akan senang bermain di area camping ground. Saat saya berkemah di sini membawa anak saya yang berumur 5 tahun. Walaupun konsepnya adalah kemping di alam bebas, namun camping ground ini menyediakan perlengkapan kemping yang lengkap, sampai tenda dengan fasilitas spring bad dan bantal juga dapat disiapkan. Pengunjung tidak perlu repot-repot membawa perlengkapan tenda, matras, sleeping bag dan perlengkapan lainnya. Selain itu toilet yang bersih, restoran dan Mushola juga tersedia di sana. Saat saya dan keluarga tiba di lokasi, semuanya sudah disiapkan, tenda sudah terpasang rapih, untuk penerangan juga disiapkan lampu listrik. Bagi yang tidak bisa jauh-jauh dari HP, jangan khawatir kita tetap bisa mengecharge battery HP kita karena di sana juga disiapkan stop kontak listrik, signal HP di sana juga cukup bagus.

Kemping Keluarga

Tenda sudah disiapkan, lengkap dengan spring bad dan bantal
Kemping Keluarga

Memasak mie instan di luar, menyatu dengan alam

Fasilitas lainnya pada Batu Tapak Camping Ground seperti tempat parkir yang luas, air terjun mini, tempat bermain dan area outdoor game juga sudah disiapkan di sana. Disamping itu, perlengkapan acara seperti api unggun, barbeque, catering, peralatan paint ball, flying fox, spider web juga dapat dipesan di sana. Butuh air mineral, makanan kecil, atau perlengkapan lain, tinggal mampir saja ke kantin yang juga tersedia di sana. Pokoknya semua tersedia, namun suasana menyatu dengan alam tetap terasa. Bagi yang mau trekking bisa trekking menuju ke air terjun mini dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit, lebih jauh lagi bisa menuju ke air terjun Undak Dua yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Salak, berjarak kurang lebih 1.5 jam dengan berjalan kaki. Sehabis trekking di jalan berbatu, terasa segar sekali menceburkan diri di area air terjun tersebut. Bagi para pendaki juga bisa trekking menuju ke Kawah Ratu Gunung Salak yang berjarak kurang lebih 5.7km dari lokasi perkemahan atau kira-kira 2.5 jam perjalanan menanjak.

Baca juga: Gunung Geulis Campsite Penginapan Dengan Konsep Outdoor Living

Kemping Keluarga

Pemandangan indah di pagi hari
Kemping Keluarga

Perjalanan menuju air terjun, berupa undakan batu
Kemping Keluarga

Air terjun kecil, selain ini masih ada lagi air terjun Undak Dua
Kemping Keluarga

Berfoto dulu sebelum pulang

Untuk pemandangan sekitar tentunya tidak perlu ditanya lagi, mulai dari keindahan hutan pinus, landscape lereng gunung salak, maupun sunrise di pagi hari sangat indah untuk diabadikan. Perjalanan sepanjang jalur trekking juga disuguhi pemandangan yang sangat fotogenic. Pokoknya gak akan nyesel, cukup buat refreshing dan melepas stress disibukan dalam urusan pekerjaan. Dingin…..pastinya, karena camping ground ini berada di ketinggian 900 di atas permukaan laut. Yuk…ajak keluarga ke sini.

TAGS
14 Comments
  1. Reply

    Akarui Cha

    December 13, 2017

    Wah, camping keluarga nggak pake khawatir ini sih.

    • Reply

      Mauliddin Moko

      December 13, 2017

      Yes….buat ada orang yg gak mau ribet, cocok pilih camping di sini 🙂

  2. Reply

    Dewi Rieka

    December 16, 2017

    Pengeeen, blom pernah ngajak bocah2 kemping..

    • Reply

      Mauliddin Moko

      December 17, 2017

      Iya perlu Mba, kalo anak saya udah saya biasakan liburan yg macam begini2 😀

  3. Reply

    Matius Teguh Nugroho

    December 23, 2017

    salam kenal, mbak.

    selain buat keluarga, glamping kayak gini juga cocok buat pejalan kekinian yang mau suasana berbeda, tapi nggak mau repot-repot. pemandangan gunungnya mirip seperti yang aku dapat saat camping (beneran) di bukit alesano euy. cakep!

    • Reply

      Mauliddin Moko

      December 23, 2017

      Bukit Alesano……kayaknya Ok juga tuh……….kapan2 mampir situ juga deh

  4. Reply

    adjie

    January 30, 2018

    kurang banyak Pak foto-fotonya ..hehehe

    • Reply

      Mauliddin Moko

      February 4, 2018

      Sebenarnya ada banyak, tapi dipilih yang bagus2 aja hehehe

  5. Reply

    imeldasutarno

    February 21, 2018

    wah nampaknya kurang satu mas: info tentang harganya berapa dengan segenap fasilitas itu? Penting banget tu terutama buat para pembaca yang ingin juga ke sana. 🙂

    • Reply

      Mauliddin Moko

      February 21, 2018

      Iya mba, soalnya takut udah berubah harganya, kalo waktu saya ke sana, biaya paketnya sekitar 500rban all in, udah termasuk breakfast, welcome drink dan spring bad di dalam tenda, bisa buat berlima (2 dewasa dan 3 anak)……

  6. Reply

    Liswanti

    February 27, 2018

    Seru neh buat ngajak kemping anak-anak

    • Reply

      Mauliddin Moko

      February 27, 2018

      Iya Mba,……belajar kemping sebelum kemping yang beneran hehehehe

  7. Reply

    ari

    March 14, 2018

    Baca ulasannya, beda banget sama pengalaman kemping keluarga saya, kalo mau dikasih judul kemping judulnya jadi kemping yang ribeet bangeeet ngajak emak – emak, hahaha

    • Reply

      Mauliddin Moko

      March 14, 2018

      Hahahahaha,…..justru di situ letak seninya 😀

Leave a Comment