Garis Batas

Traveling & Science Blog

Hamparan Hijau Kebun Teh di Gunung Mas, Puncak Bogor

Perkebunan Teh Gunung Mas

Perkebunan Teh Gunung Mas

Di antara maraknya villa di Puncak Bogor terdapat pabrik dan perkebunan teh terbesar Jawa Barat yang bernama Gunung Mas. Perkebunan teh ini memiliki luas area sekitar 2.551 hektar terdiri dari perkebunan teh dan pabrik. Berada di ketinggian 900 hingga 1200 mdpl, karena berada di ketinggian tersebut, area ini memiliki suhu cukup sejuk yaitu sekitar 12 hingga 22 derajat  celcius. Perkebunan teh ini adalah salah satu perkebunan milik PT. Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII). Perkebunan ini menghasilan 28 ton teh basah dan 6 ton teh kering per hari. Selain perkebunan teh dan pabrik, kawasan ini juga merupakan kawasan agrowisata yang menyediakan beberapa fasilitas wisata.

Fasilitas Perkebunan Teh Gunung Mas

Fasilitas utama perkebunan ini tentunya adalah perkebunan teh ini sendiri. Pemandangan hamparan hijau kebun teh yang sangat luas membuat sejuk di mata. Pengunjung juga dapat melakukan tea walk atau menyusuri jalan-jalan kecil di antara pohon-pohon teh tersebut untuk dapat merasakan lebih dekat berada di tengah-tengah perkebunan teh. Terdapat beberapa rute tea walk yang dapat dipilih, yaitu 4km, 6km dan 8km yang memakan waktu sekitar 1 hingga 2,5 jam. Pengunjung juga dapat menyewa pemandu atau guide yang dapat dipesan melalui kantor informasi yang berada di depan pabrik teh. Di antara pohon-pohon teh tersebut biasanya terdapat ibu-ibu pemetik teh yang menggunakan topi caping yang sedang menjalankan tugasnya. Jika berkesempatan mintalah untuk berfoto bersama para pemetik teh tersebut sebagai kenang-kenangan.

Selain perkebunan teh, area ini juga dilengkapi dengan penginapan berbentuk bungalow dari kelas standard hingga VIP. Bagi keluarga yang berniat menginap juga ada penginapan berbentuk pondokan yang dapat ditempati oleh 6 hingga 8 orang. Ada juga tipe penginapan yang dapat digunakan oleh rombongan. Semua tipe dilengkapi dapur, kamar mandi dan water heater. Harga penginapan cukup bersaing dengan tarif hotel dan villa di pincak.

Fasilitas lainnya adalah kolam pemancingan, kolam pemandian air panas, flying fox, paralayang, kafe, lapangan olah raga, permainan anak-anak, camping ground dan tempat parkir. Fasilitas-fasilitas tersebut ada yang dapat dinikmati secara gratis, namun ada pula yang harus membeli tiket dulu diluar tiket masuk yang sudah kita bayar.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Gunung Mas

dsc_0016Selain melakukan tea walk dan memanfaatkan fasilitas yang ada seperti ulasan sebelumnya, masih banyak kegiatan lainnya yang dapat dilakukan oleh para pengunjung, diantaranya adalah bermain layang-layang. Di lapangan dekat tempat parkir mobil, banyak pedagang layang-layang yang menawarkan dagangannya, harganya sekitar Rp. 10,000 sampai Rp. 20,000. Anak-anak biasanya senang berlari-lari sambil bermain layang-layang di lapangan. Mereka tidak akan terasa capek karena udara di sini sangat sejuk walaupun di siang hari. Setelah puas bermain layang-layang, pengunjung juga dapat berkuda mengelilingi kebun teh. Berkuda di perkebunan teh Gunung Mas juga memiliki variasi rute yang dibedakan dari lama waktu dan panjangnya rute, yaitu 30menit, 1jam dan 2jam. Pengunjung juga dapat menyewa sepeda untuk berkeliling di sekitar kawasan kebun teh.

Baca juga: Kebun Raya Bogor, Piknik Asik Bernilai Pendidikan

Bukan cuma itu saja, di Gunung Mas juga terdapat pabrik teh yang berfungsi untuk memproses daun teh yang baru dipetik menjadi teh kering, minuman botol dan lain-lain. Pengunjung bisa masuk ke pabrik tersebut dengan ditemani oleh pemandu. Di pabrik ini, pengunjung dapat melihat langsung bagaimana daun-daun teh yang baru dipetik diproses hingga menjadi teh kering kemasan atau botol minuman. Berkunjung ke pabrik teh, selain menyenangkan juga bernilai pendidikan.

Tips Jika Berkunjung ke Gunung Mas

Jika berniat berkunjung ke Gunung Mas, berikut tips yang dapat diikuti:

  1. Gunung Mas berada di kawasan Puncak, usahakan untuk datang lebih pagi, karena jalan utama di kawasan tersebut biasanya macet di siang hari, selain itu di kawasan puncak juga biasanya diterapkan jalur 1 arah, jadi disarankan untuk menelepon kantor Polisi Bogor terlebih dahulu untuk mengetahui jadwal 1 arah di kawasan tersebut. Satu alasan lagi kenapa harus berangkat pagi adalah karena kawasan ini berada di ketinggian di atas 900 mdpl yang biasanya turun kabut di siang hari hingga menjelang sore yang tentunya menghalangi pemandangan indah di sekitar perkebunan teh
  2. Jika akan melakukan tea walk, gunakan alas kaki yang nyaman untuk digunakan berjalan jauh, karena walaupun perjalanannya tidak terlalu menanjak, namun cukup membuat kaki pegal jika alas kaki yang digunakan tidak nyaman.
  3. Bagi yang tidak kuat udara dingin, disarankan untuk membawa semacam jaket atau baju hangat karena udaranya cukup dingin

12 Comments

Add a Comment
  1. main layang-layang di sini? wah, kayaknya asik. Sayang dulu pas ke cisarua nggak mampir kemari

    1. Iya Mba…..lain kali kalo ke sini lagi, sempatkan mampir Mba…..gak nyesel looo….:)

  2. wah. cakep ya kebun tehnya. kalau liat ijo2 gini adem banget.. pengen foto ala2

    1. Bagus banget buat foto2 mas…..adem di mata

  3. Duh,, jadi kangen main ke kebun teh yang ada di Sumatera utara juga, udaranya sejuk dan dingin

    1. Wah….di Sumatera ada kebun teh juga ya……boleh kapan2 main ke sana 🙂

  4. Masya Allah..
    indah banget pemandanganya gan 😀
    Sejuk sejuk gimana gitu..

    1. Bener Gan, cocok buat refreshing dan ngilangin stress setelah kerja di kota 🙂

    1. Ayo mas…….bagus kok pemandangannya

  5. Pemandangan kebun teh memang indah banget. Puncak bogor tempatnya nagngenin banget

    1. Benar Om…..bikin sejuk di mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015