M. MOKO
INDONESIA

IT Professional, Photographer dan Blogger. Bekerja pada perusahaan swasta sebagai Product Marketing, menyukai fotografi Macro, traveling dan outdoor sport.

Translate

Latest Video

Social Media
Supported By
ID Corners
Traveling

Jembatan Gantung Situ Gunung Untuk Memacu Adrenalin

on
March 4, 2018

Jembatan gantung Situ Gunung (Situ Gunung Suspension Bridge) yang diklaim merupakan jembatan gantung kanopi terpanjang dan tertinggi di Indonesia, saat ini menjadi destinasi yang cukup membuat penasaran para wisatawan. Walaupun belum diresmikan dan dibuka, banyak sekali wisatawan yang datang berkunjung walau hanya sekedar melihat penampakan jembatan tersebut. Di awal bulan Maret 2018 ini, saya bersama keluarga sempat mengunjungi wisata ini untuk sekedar menjawab rasa penasaran kami. Saat kami mengunjungi tempat ini, petugas tiket di depan pintu masuk  Situ Gunung Park menginformasikan bahwa jembatan gantung ini masih belum dibuka, namun wisatawan diperbolehkan jika akan melihat-lihat jembatan tersebut.

jembatan gantung situ gunung

Perjalanan dimulai dari sini

Jembatan gantung Situ Gunung yang menghabiskan dana sekitar Rp. 4 Milyar ini dibangun di kawasan Situ Gunung Park yang berada di desa Kadudampit, berjarak kurang lebih 16 km dari pusat kota Sukabumi. Jika akan mengunjungi wisata ini, patokan yang paling mudah adalah dari kantor polisi Polsek Cisaat, belok melalui Jalan Surya Kencana lalu terus sekitar 10 km menuju ke Situ Gunung Park. Wisata ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) karena berada di sisi Selatan lereng gunung Pangrango. Memiliki ketinggian sekitar 850 dpl (di atas permukaan laut), sehingga udara di kawasan ini cukup sejuk. Untuk mencapai jembatan ini, wisatawan harus berjalan sejauh kurang lebih 600 m pada jalan menanjak yang dibuat dengan susunan batu kali dan kerikil. Menurut informasi petugas di sana, rencananya jalan tersebut akan dicor dengan beton dalam waktu dekat. Wisatawan juga dapat menggunakan jasa ojek motor yang ditawarkan di area pintu masuk Situ Gunung Park untuk menuju ke jembatan ini. Sesampainya kami di pintu jembatan gantung, ternyata pintu masuk jembatan di kedua sisi masih ditutup dengan pintu besi, petugas penjaga melarang kami untuk melintas jembatan tersebut, semua wisatawan masih  hanya diperbolehkan melihat dari ujung jembatan saja. Terlihat juga beberapa orang pekerja masih sedang menyelesaikan pembangunan jembatan tersebut.

Baca juga: Curug Cibeureum Keindahan Tersembunyi di Kaki Gunung Gede Pangrango

Jembatan Gantung Situ Gunung Menjadi Jalan Pintas ke Curug Sawer

jembatan gantung situ gunung

Perjalanan menuju jembatan gantung

Jembatan gantung ini sebenarnya adalah jalan pintas menuju Curug Sawer, salah satu spot wisata air terjun yang juga berada di kawasan Situ Gunung Park. Jika sebelumnya wisatawan membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam dari pintu masuk Situ Gunung Park menuju Curug Sawer, dengan adanya jembatan ini wisatawan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit saja. Jembatan ini membentang sepanjang 240 meter melintas lembah yang di bawahnya terdiri dari pepohonan hutan. Lembah tersebut sebenarnya adalah aliran sungai Cijambe yang juga berhubungan langsung dengan aliran sungai curug sawer. Jembatan ini memiliki ketinggian sekitar 150 meter, bergantung pada 5 sling kawat besi berukuran 32mm. Pada kedua ujungnya, 5 sling kawat tersebut diikat pada tiang baja yang ditanam sedalam 6 m ke bawah permukaan tanah. Dengan spesifikasi tersebut, jembatan tersebut dikalkulasi dapat menahan beban seberat lebih dari 50 ton. Alas jembatan terbuat dari susunan kayu ulin selebar 1.8 meter. Menurut informasi dari petugas pekerja jembatan, kayu tersebut dibawa langsung dari Papua. Pada sisi kiri dan kanan jembatan, terdapat pagar pengaman yang terbuat dari jaring kawat setinggi kurang lebih 1 meter. Bisa dibayangkan wisatawan yang melihat ke bawah ketika sedang berada di tengah-tengah jembatan, cukup dapat memacu adrenalin.

jembatan gantung situ gunung

Pintu masuk jembatan masih ditutup, wisatawan belum diperbolehkan melintas

Baca juga: Kemping Keluarga Tanpa Ribet di Batu Tapak Camping Ground

Pemandangan di sekitar dan di bawah jembatan sangat indah, apalagi dilihat dari posisi ketinggian. Didominasi oleh pepohonan damar yang hijau, panoramanya sangat instagramable. Sangat cocok untuk dijadikan spot foto. Sayangnya sampai saat ini jembatan tersebut masih belum diberikan nama. Beberapa nama telah diusulkan seperti Damar Cinta, Mbah Jalun atau Pesona Situ Gunung, tapi nampaknya masih dirahasiakan hingga saat launching nanti.

TAGS
16 Comments
  1. Reply

    Asep Abdul Rozak

    March 5, 2018

    View nya bagus pak. Mirip jembatan di acara benteng takeshi hehe

    • Reply

      Mauliddin Moko

      March 5, 2018

      Iya Om, bisa dibayangkan gimana rasanaya berada di tengah jembatan dgn ketinggian 150m

  2. Reply

    Reisha

    March 5, 2018

    Wah kalau saya ga berani deh ke situ. Dulu nyoba Canopy Bridge di Bukit Bangkirai aja udah gemeteran, padahal tingginya cuma 30m. 😆

    • Reply

      Mauliddin Moko

      March 5, 2018

      Musti nekad Mba supaya pobia-nya hilang

  3. Reply

    ari

    March 5, 2018

    bakal pake pengaman kayak outbond ga yaa ?

    • Reply

      Mauliddin Moko

      March 7, 2018

      Katanya sih nanti disediakan harnes, jadi sepanjang jembatan pake rope dan harnes yang digantung di sling bagian atas

  4. Reply

    Hidayah Sulistyowati

    March 6, 2018

    Udah dengar keunikan jembatan ini, tapi belum ada kabar kapan dibuka untuk umum ya

    • Reply

      Mauliddin Moko

      March 7, 2018

      Iya belum tau Mba, rencana akhir Feb 2017 dibatalkan, menurut info petugas setempat, kemungkinan mau perbaiki jalan aksesnya dulu

  5. Reply

    Himawan Sant

    March 8, 2018

    Wuiih … jembatan gantungnya panjaaang bener
    Pasti seru jalan di jembatan itu … goyang-goyang …

    • Reply

      Mauliddin Moko

      March 8, 2018

      Hahahaha, bener mas, apalagi pas lagi ada angin besar, berasa diayun2 🙂

  6. Reply

    khairulleon.com

    March 10, 2018

    Kemarin aku kesini masih belum sebagus ini loh.
    Ah jadi ga sabar nunggu jembatan Jadi supaya bisa jalan-jalan diatasnya.
    Mampir juga ke blog ku ya kang aku juga buat postingan kayak kang garisbata wqwq

    • Reply

      Mauliddin Moko

      March 10, 2018

      Iya, rencana dibuka akhir Feb 2018 mundur ternyata. Terima kasih atas kunjungannya Mas, salam kenal

  7. Reply

    Evi

    March 10, 2018

    Dahsyat jembatannya. Kalau saya naik ke sana pasti harus cari pegangan. Ngeri sama goyang-goyangnya 😉

    • Reply

      Mauliddin Moko

      March 11, 2018

      Katanya nanti akan disediakan harnes, supaya berasa aman

  8. Reply

    kurang piknik

    March 19, 2018

    Louncing kapan Om, dah gatel nih kaki Om :p

    • Reply

      Mauliddin Moko

      March 19, 2018

      Belum tau juga Om, waktu tanya ke petugasnya, hanya bilang akan dibuka dalam waktu dekat

Leave a Comment