M. MOKO
INDONESIA

IT Professional, Photographer dan Blogger. Bekerja pada perusahaan swasta sebagai Product Marketing, menyukai fotografi Macro, traveling dan outdoor sport.

Translate

Latest Video

Social Media
Supported By
ID Corners
Kesehatan

Bagaimana Cuci Tangan yang Benar

on
May 21, 2016
cara cuci tangan

Cuci tangan (Pic by: USDA under CC License)

Cuci tangan……ya mencuci tangan adalah aktivitas sederhana yang dilakukan oleh tiap orang, kenapa harus cuci tangan? Walaupun sederhana, aktivitas cuci tangan ternyata sangat besar manfaatnya terhadap kesehatan seseorang jika dilakukan dengan baik dan benar. Penelitian menyebutkan, kebiasaan mencuci tangan dengan benar dapat mengurangi 47% penyakit yang disebabkan karena diare dan 30% penyakit yang disebabkan karena infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) akut. Sebenarnya aktivias mencuci tangan adalah teknik yang sangat mendasar dalam mencegah dan mengendalikan infeksi. Dengan mencuci tangan dengan baik dan benar, dapat menghilangkan mikroorganisme yang ada di kulit kita.

Kapan sebaiknya aktivitas mencuci tangan dilakukan. Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention), sebuah organisani pemerintah di USA yang mengurusi masalah kesehatan dan kemanusiaan, mencuci tangan sebaiknya dilakukan pada saat:

  • Sebelum dan setelah menyiapkan makanan
  • Sebelum dan setelah makan
  • Sebelum dan setelah merawat orang sakit
  • Sebelum dan setelah mengobati luka
  • Setelah menggunakan toilet
  • Setelah mengganti popok atau membersihkan seorang anak setelah menggunakan toilet
  • Setelah batuk atau bersin
  • Setelah menyentuh hewan peliharaan, makanan hewan atau kotoran hewan
  • Setelah menyentuh sampah

 

Tapi tahukan Anda bagaimana mencuci tangan yang baik dan benar. Berdasarkan penelitian, hanya 5% orang yang bisa mencuci tangan dengan baik dan benar. Di sini akan dibahas bagaimana sebaiknya mencuci tangan yang baik dan benar:

Gunakanlah sabun

Ada dua jenis sabun yang biasa digunakan untuk mencuci tangan, sabun antiseptik dan sabun biasa. Sabun antiseptik biasanya dianggap memiliki fungsi yang lebih baik dibanding sabun biasa, namun belum ada penelitian yang menyebutkan jika sabun antiseptik bekerja lebih baik dibandingkan dengan sabun bisa, malahan sabun antiseptik menyebabkan bakteri menjadi semakin restistant terhadap antibiotik tertentu, atau bisa disebut dengan super bugs

Gosok tangan kurang lebih 30 detik

Basahkan kedua tangan dengan air yang mengalir dan usapkan permukaan tangan Anda dengan sabun meliputi pergelangan tangan hingga ke ujung jari di kedua sisi hingga buih merata di seluruh permukaan tangan. Penggunaan air hangat lebih dianjurkan.

Pastikan menyabuni juga area-area yang sering diabaikan

Area-area seperti lipatan-lipatan jari, celah antar jari dan bagian pada bawah kuku juga harus diusap sempurna dengan sabun. Setelah itu basuh kedua tangan Anda dengan air yang mengalir

Keringkan tangan Anda

Setelah mencuci kedua tangan, keringkan tangan Anda dengan handuk atau tisyu kering. Penggunaan hand dryer lebih diutamakan

Saat ini banyak sekali produk-produk hand sanitizer yang beredar di pasaran. Hand sanitizer bukan pilihan yang baik ketika tangan Anda dilumuri oleh kotoran yang terlihat, namun tetap dapat digunakan jika dalam kondisi darurat. (MM)

TAGS

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.