M. MOKO
INDONESIA

Product Marketing Specialist, Photographer dan Blogger. Bekerja pada sebuah perusahaan sebagai Retail Promotion & Marketing Head, menyukai fotografi Macro, traveling dan outdoor sport.

Language

Latest Video

Social Media
Supported By
ID Corners
Kesehatan

Buah-buahan yang Membuat Tubuh Anda Cukup Terhidrasi

on
July 11, 2016
terhidrasi

Ilustrasi terhidrasi (Pic by: Byrev under CC License)

Kita mengenal dehidrasi sebagai sebuah kondisi dimana tubuh kita kehilangan sebagian besar cairan atau air, melebihi jumlah yang kita minum (masuk kedalam tubuh). Kita kehilangan cairan atau air dari dalam tubuh setiap hari melalui penguapan, misalnya pada saat bernafas, dari keringat, dari urine, bahkan pada saat buang air besar. Pada saat kita kehilangan cairan, umumnya kita juga akan kehilangan sejumlah garam. Garam kita butuhkan untuk mengikat air di dalam tubuh.

Apabila kita kehilangan terlalu banyak air, keseimbangan tubuh kita akan terganggu. Dan bahkan, dehidrasi apabila terlalu parah dapat menyebabkan kematian.

Penyebab Dehidrasi

Agar bisa terhindar dari dehidrasi, kita harus tahu beberapa penyebab dehidrasi atau penyebab mengapa kita kehilangan cairan tubuh dalam jumlah yang sangat banyak. Dintaranya adalah karena:

  1. Berlatih atau berolahraga yang menyebabkan banyak keringat banyak keluar.
  2. Karena muntah atau diare.
  3. Karena demam.
  4. Karena penyakit tertentu seperti diabetes.
  5. Karena berada di tempat yang sangat panas atau pada saat cuaca sangat panas.
  6. Pada saat cuaca sangat dingin cairan tubuh juga biasanya menguap dengan lebih mudah.

Tanda-tanda kita mengalami dehidrasi

Akan tetapi, mungkin banyak diantara kita yang belum mengetahui sebenarnya apa sih yang menjadi gejala dari dehidrasi itu? Bagi Anda yang belum tahu, berikut adalah beberapa tanda-tanda atau gejala dehidrasi yang biasanya kita rasakan.

Gejala yang pertama biasanya ditandai dengan rasa haus. Kemudian kita juga bisa merasakan lidah yang kering dan bengkak atau mulut menjadi kering. Tubuh akan menjadi lemah, kepala akan terasa pusing dan jantung berubah menjadi berdebar-debar. Efeknya bisa menyebabkan kita kebingungan atau sulit berkonsentrasi. Bisa menyebabkan kita lesu dan pingsan bahkan apabila sudah sangat parah, dehidrasi bisa juga ditandai dengan ketidakmampuan tubuh mengeluarkan keringat atau ketidakmampuan tubuh mengeluarkan cairan melalui urine.

Biasanya seseorang yang mengalami dehidrasi atau jarang minum miliki urin berwarna kuning atau kekuning-kuningan. Itu merupakan tanda lain dari dehidrasi. Namun tentu saja warna urin juga bisa dipengaruhi oleh beberapa hal seperti minuman atau makanan yang kita konsumsi dan obat-obatan.

Buah-buahan terbaik agar tetap terhidrasi

Pilihan buah-buahan yang baik dan yang cocok untuk membuat tubuh anda cukup terhidrasi diantaranya adalah:

  1. Strawberry

Buah strawberry merupakan salah satu makanan terbaik untuk melawan dehidrasi selain karena rasanya yang lezat. Cara terbaik untuk memanfaatkan strawberry untuk melawan dehidrasi adalah dengan membuatnya menjadi smoothie.

  1. Tomat

Tomat adalah makanan atau buah-buahan lain yang juga memiliki manfaat cukup menakjubkan. Tomat bisa dimakan langsung atau dihaluskan terlebih dahulu untuk dijadikan sebagai jus dan diiminum ketika kita merasa dehidrasi.

  1. Apel

Buah apel selain mengandung sejumlah karbohidrat dan vitamin serta mineral, juga memiliki jumlah air yang cukup banyak. Apel bisa dijadikan sebagai cemilan sehat untuk melawan dehidrasi.

  1. Pisang

Buah pisang selain bisa dimakan dalam keadaan segar, juga bisa dijadikan sebagai cemilan sehat untuk melawan dehidrasi. Buah pisang yang dikeringkan bahkan tetap bisa memberikan efek yang cukup signifikan untuk menghindarkan kita dari dehidrasi.

  1. Ceri

Buah lain yang cocok untuk membuat tubuh cukup terhidrasi adalah buah ceri. Buah ceri bisa dijadikan berbagai jenis minuman atau dimakan dalam keadaan segar.

  1. Kurma

Di bulan Ramadhan, buah kurma adalah buah yang biasanya kita konsumsi pada saat berbuka atau pada saat sahur. Buah kering ini memiliki banyak khasiat atau manfaat. Salah satunya adalah untuk menghidrasi tubuh.

Kurma juga dipercaya sebagai salah satu buah kering terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan energi dalam waktu singkat (energy booster).

Agar tubuh selalu cukup terhidrasi, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan di atas atau buah-buahan yang telah disebutkan diatas serta secara rutin minum air atau makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat dan elektrolit.

TAGS

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.