Garis Batas

Traveling & Science Blog

Berkemah pada 1700mdpl di Kampung Cai Ranca Upas Camping Ground

Salah satu alternatif camping ground daerah Bandung yang dapat dinikmati untuk kegiatan-kegiatan outdoor ataupun hanya sekedar berkemah bersama keluarga adalah Kampung Cai Ranca Upas Camping Ground. Terletak di kawasan Bandung Selatan, tepatnya berada di Jl. Ciwidey – Patenggang KM. 11, desa Alam Endah. Jika ditempuh dengan kendaraan bermotor kira-kira berjarak 1 jam perjalanan dari pusat kota Bandung. Kawasan ini memiliki ketinggian sekitar 1700 meter di atas permukaan laut sehingga kawasan ini memiliki suhu rata-rata 17 hingga 20 derajat celcius. Suhu terendahnya di malam hari bisa mencapai 0 derajat celcius.

Kawasan ini terdiri dari kawasan hutan lindung yang dikelola oleh PERHUTANI. Flora yang terdapat di kawasan ini diantaranya adalah pohon huru, hamirug, jamuju, kihujan, kitambang, kurai, pasang dan puspa. Aneka jenis burung menjadi pelengkap fauna pada kawasan ini. Selain itu, kawasan ini juga memiliki tempat khusus untuk penangkaran rusa.

Kawasan ini merupakan surga bagi para fotografer landscape karena memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan sehingga kawasan ini sering digunakan sebagai lokasi foto prewedding, selain itu pada kawasan ini juga terdapat arena-arena wisata dan permainan yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk mengadakan suatu acara tertentu, diantaranya adalah sbb:

Kolam Renang Air Panas Alami

kolam renang ranca upas camping ground

Pada kawasan ini terdapat kolam renang air panas yang tentunya sangat nyaman dinikmati di kawasan berudara sejuk. Pada kolam renang ini juga dilengkapi dengan fasilitas waterboom dan kolam kecil untuk anak-anak. Air hangat yang digunakan pada kolam renang tersebut merupakan air hangat yang bersumber dari mata air alami.

Penangkaran Rusa

Pada kawasan ini terdapat tempat konservasi penangkaran rusa. Jenis rusa Jawa (Cervus Timurensis) dipelihara di sini dengan cara dibiarkan hidup seperti tempat tinggalnya di alam. Kawasan dengan luas area 5 hektar ini sangat baik untuk wisata pendidikan. Pengunjung dapat berpartisipasi memberikan makanan untuk rusa-rusa dengan sayuran yang telah disediakan.

Fun Adventure & Fun Games

Di kawasan tersebut juga disediakan fasilitas outbound seperti halang rintang, flying fox, danau kecil untuk kano dan pemancingan, rumah pohon dan lain-lain. Permainan yang dapat dimainkan juga cukup beragam seperti Paint Ball, Adventure Game, trampolin dan ATV. Sangat cocok untuk dijadikan tempat kegiatan outdoor untuk kebersamaan dan untuk membangun kerjasama team.

Ranca Upas Camping Ground (Smart Camp)

camping ground ranca upas camping ground

Di kawasan dengan luas area kurang lebih 215 hektar ini sangat cocok digunakan sebagai arena camping. Tempat ini sering sekali digunakan oleh Pramuka di sekitar Bandung maupun dari kota lain dalam menggelar acara semacam Jambore atau perkemahan masal. Fasilitas umum seperti MCK, mushola dan aula cukup bersih dan dikelola dengan baik. Bagi yang tidak mau repot membawa perlengkapan camping seperti tenda, sleeping bag, matras, kayu bakar, sound system dan lainnya juga disediakan untuk dapat dibeli dan disewa oleh pengunjung. Bahkan pengunjung juga dapat memesan makanan berupa catering jika pengunjung tidak mau repot memasak di arena camping

Dekat Area Wisata

kawah putih ciwidey

Kawasan ini sangat dekat dengan wisata Kawah Putih, Situ Patenggang, resort Cimanggu dan masih banyak wisata lainnya di sekitar Ciwidey. Jadi bagi yang berkemah di Ranca Upas bisa sekalian mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitarnya. Bagi warga Jakarta yang ingin berwisata ke daerah Ciwidey, berkemah di Ranca Upas Camping Ground bisa menjadi alternatif yang lebih menyatu dengan alam sebagai pengganti menginap di hotel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015