M. MOKO
INDONESIA

Product Marketing Specialist, Photographer dan Blogger. Bekerja pada sebuah perusahaan sebagai Retail Promotion & Marketing Head, menyukai fotografi Macro, traveling dan outdoor sport.

Language

Latest Video

Social Media
Supported By
ID Corners
Kesehatan

Aktivitas yang Dapat Menghindarkan Stress

on
July 7, 2016
menghilangkan stress

Ilustrasi stress (Pic by: HASTYWORDS under CC License)

Kadangkala kita merasa bingung, bagaimana caranya melawan stress? Atau bagaimana caranya menghindari kegiatan yang dapat menyebabkan kita menjadi stress? Seolah-olah masalah yang kita hadapi tidak ada habis-habisnya. Kita bisa saja merasa depresi karena tagihan listrik, atau karena tagihan kartu kredit yang terus datang silih berganti. Ditambah lagi pekerjaan di kantor yang menumpuk. Stress atau depresi tidak hanya dapat mempengaruhi kondisi jiwa, melainkan juga kondisi fisik.

Bahaya stress bagi kesehatan

Kesehatan kita sudah pasti akan terganggu apabila kita mengalami stress, atau terlalu sering berada dalam tekanan. Stress dapat menyebabkan: Depresi kronis, obesitas, kanker payudara, infeksi, imun tubuh berkurang, insomnia atau gangguan tidur, penyakit jantung, alergi, dapat mengurangi kesuburan, dapat menyebabkan penyakit stroke, dapat menyebabkan kita kekurangan darah, dapat menyebabkan demensia atau menyebabkan ingatan kita berkurang. Dan stress juga dikenal dapat menyebabkan komplikasi pada ibu hamil atau dapat juga menyebabkan keguguran.

Aktifitas sehari-hari yang Bisa Menghindarkan Kita dari Stress

Untuk menghindari stress, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, diantaranya adalah dengan menjalani beberapa aktivitas sehari-hari seperti:

  1. Jalan-jalan

Jalan-jalan, atau lebih spesifik, jalan kaki merupakan kegiatan positif yang bisa membantu kita melawan stress. Terlebih, apabila jalan-jalan kita lakukan di tempat-tempat tertentu seperti di taman, di pinggir pantai, di tempat-tempat yang sejuk dan hijau. Walau demikian jalan-jalan di sekitar rumah juga tetap bisa memberikan efek cukup positif untuk melawan stress.

Dengan jalan-jalan aliran darah di tubuh kita akan lebih lancar, oksigen yang kita hirup akan lebih banyak sehingga organ tubuh akan berfungsi dengan baik. Tubuh yang bekerja dengan baik akan menyebabkan kita menjadi lebih rileks, otak berfikir dengan lebih baik dan kesehatan tubuh secara keseluruahn akan terjaga.

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa, berjalan-jalan selama kurang lebih 30 menit setiap hari akan memberikan dampak yang sangat baik terhadap kesehatan dan dapat membantu mengurangi tekanan psikologis.

  1. Menyalurkan hobi

Saya yakin bahwa hampir semua kita memiliki hobi tertentu. Jika hobi tersebut positif, tidak ada salahnya untuk menyalurkan hobi setiap hari yang dapat membantu melawan stress. Bahkan, tidak sedikit orang-orang yang sukses ternyata memulai usahanya dengan menjalankan hobi.

  1. Olahraga

Olahraga apapun bentuknya ternyata adalah kegiatan sehari-hari yang paling efektif untuk melawan stress. Walaupun olahraga dapat menyebabkan tubuh kita menjadi lelah, namun kelelahan tersebut ternyata memiliki dampak positif dan bukan sebaliknya.

Praktisi kesehatan menganjurkan kita untuk berolahraga selama kurang lebih 5 jam dalam seminggu atau, berolahraga setidaknya 30 menit hingga 45 menit setiap hari. Pilihlah olahraga yang tepat yang sesuai dengan minat atau yang mudah untuk dilakukan.

  1. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik tertentu bisa memberikan stimulus terhadap otak dan tubuh kita. Musik orkestra misalnya, bisa memberikan efek cukup positif terhadap pikiran kita sehingga tekanan psikologis yang kita rasakan bisa berkurang.

Jika Anda memiliki koleksi musik tertentu, tidak ada salahnya untuk mendengarkan musik pada saat Anda merasa saat tertekan, pada saat jalan-jalan, atau pada saat bekerja.

  1. Berendam di air hangat

Berendam di air hangat dapat menyebabkan tubuh kita menjadi lebih rileks, sekaligus membuat pikiran kita menjadi lebih tenang dan dapat mengingkatkan mood menjadi lebih baik. Namun ingat, berendam di air hangat sebaiknya tidak dilakukan setiap hari dan tidak dilakukan dengan menggunakan air yang terlalu panas karena dapat menyebabkan kulit kering.

  1. Sarapan

Banyak orang meremehkan manfaat sarapan untuk tubuh dan otak. Padahal, dengan sarapan sehat kita akan lebih mudah berkonsentrasi pada saat menghadapi pekerjaan di kantor atau pada saat belajar di sekolah. Sarapan akan membuat energi di tubuh kita meningkat dan aliran darah juga akan semakin lancar. Tidak hanya itu, sarapan juga akan membuat tubuh kita tidak mudah mengalami stress karena tidak kelaparan.

Orang yang jarang sarapan cenderung mudah stress, sulit berkonsentrasi, sulit menerima pelajaran. Selain itu, karena tidak sarapan, nutrisi yang dibutuhkan oleh otak terkadang tidak terpenuhi sehingga otak mudah capek.

  1. Makan buah

Mengkonsumsi buah-buahan setidaknya dua porsi dalam sehari sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan, beberapa jenis buah-buahan ternyata juga dipercaya dapat membantu melawan stress. Beberapa diantara buah-buahan yang efektif melawan stress adalah: buah kering seperti kismis dan buah kurma, aprikot, buah jeruk, buah pisang, dan buah alpukat.

  1. Meditasi

Cara lain yang mudah dan murah serta bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja untuk melawan tekanan psikologis yang berlebihan adalah meditasi. Meditasi akan membantu pikiran menjadi lebih tenang, tubuh akan berubah menjadi lebih rileks. Meditasi yang diikuti tarikan nafas secara perlahan kemudian ditahan dan dilepas secara perlahan, akan membuat otak dan tubuh kita akan menghasilkan hormon serotonin yang memberikan perasaan tenang.

TAGS

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.