Garis Batas

Traveling & Science Blog

10 Tips Hidup Sehat Agar Hari Tua Anda Berkualitas

hidup sehat

Ilustrasi hidup sehat (Pic by: Rudyanderson under CC License)

Hidup sehat adalah prioritas jika kita ingin memiliki umur yang panjang dan kehidupan yang bahagia. Hidup sehat adalah cara lain untuk menghindarkan kita pribadi dari menjadi pesakitan pada saat berusia lanjut. Beberapa tips hidup sehat berikut ini sebaiknya Anda ingat untuk menunjang kehidupan yang lebih baik. Karena dengan berbekal kesehatan, kita akan mendapatkan banyak hal mulai dari, kebahagiaan, umur yang lebih panjang, terhindar dari berbagai jenis penyakit, dan manfaat yang lainnya.

  1. Olahraga

Tips hidup sehat yang pertama adalah secara rutin berolahraga. Para ahli kesehatan menganjurkan kita untuk berolahraga setidaknya 5 jam dalam seminggu. Berolahraga selama 5 jam dalam seminggu bisa kita lakukan dengan berbagai variasi mulai dari jalan kaki, jogging, melakukan cardio, atau Anda juga bisa melakukan olahraga seperti senam, berenang, dayung, dll. Aktifitas sehari-hari yang menggerakan fisik kita juga merupakan oleh raga.

  1. Tidak merokok dan menghindari menjadi perokok pasif

Menjadi seorang perokok tentu saja akan merugikan diri kita sendiri karena racun yang terkandung didalam rokok ada banyak sekali. Namun selain merugikan diri sendiri, ternyata merokok juga dapat berefek langsung terhadap orang yang tinggal satu kota dengan kita. Karena asap rokok yang terbang tertiup angin di udara juga bisa terisap oleh orang lain yang tidak merokok. Dan mereka juga akan mendapatkan dampak yang sama. Jadi, menjadi seorang perokok aktif atau sebaliknya, menjadi perokok pasif, kedua-duanya merupakan gaya hidup tidak sehat.

  1. Hindari alkohol, atau minuman keras dan obat-obatan terlarang

Hampir tidak ada efek positif yang bisa kita dapatkan dari alkohol. Menurut ahli kesehatan, alkohol walaupun bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, namun dampaknya ternyata sangat tidak baik bagi tubuh kita. Apalagi, apabila kita tidak memanfaatkan alkohol dengan benar, maka kesehatan kita akan dipertaruhkan. Selain alkohol, minuman keras lainnya termasuk obat-obatan terlarang juga sebaiknya dihindari.

  1. Konsumsi makanan sehat

Cara agar bisa memiliki hidup yang sehat, kita sebaiknya mengkonsumsi makanan yang juga sehat. Makanan sehat terdiri atas sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, termasuk juga minuman dan makanan yang banyak mengandung bakteri baik seperti yogurt atau yakult. Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula, minyak, kurangi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti nasi, dan hindarilah makanan yang banyak mengandung pengawet atau bahan-bahan tidak sehat seperti MSG.

  1. Hindari stres

Tidak banyak yang tahu bahwa stres merupakan pemicu berbagai penyakit. Stres dapat menyebabkan kondisi fisik maupun kondisi kejiwaan kita terganggu. Bahkan, ada beberapa hormon yang juga akan terpengaruh apabila kita mengalami stres. Untuk menghindari stres, kita dianjurkan untuk mengambil liburan, entah itu dengan pergi rekreasi atau berwisata, serta bisa juga dilakukan dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti olahraga, bermeditasi, dan melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan mood seperti berjemur dibawah sinar matahari ketika pagi atau dengan mengkonsumsi makanan sehat yang tidak menyebabkan perut permasalah.

  1. Pastikan anda beristirahat dengan cukup

Tips hidup sehat selanjutnya adalah menghindari begadang, menghindari terlalu lelah saat bekerja, serta menghindari memaksakan diri ketika berolahraga. Beristirahat dengan cukup akan memberikan dampak positif terhadap kesehatan kita. Karena ketika kita beristirahat ada banyak hal yang dilakukan oleh tubuh kita mulai dari memperbaiki diri sendiri, mengobati cedera, mengganti sel kulit mati dengan sel kulit yang baru, mengistirahatkan beberapa jenis organ di dalam tubuh, dan masih banyak yang lainnya.

  1. Perbanyak minum air putih

Sebagian besar tubuh kita terdiri atas cairan. Kehilangan 1% hingga 2% cairan akan menyebabkan kita mengalami dehidrasi. Mengalami dehidrasi berarti akan membuat tubuh kita tidak bekerja secara maksimal. Apabila terlalu parah, dehidrasi bisa berakibat kematian. Jadi, sesuai dengan anjuran para pakar kesehatan, setidaknya minumlah air putih 2 liter atau lebih jika dibutuhkan.

  1. Hindari makan di luar

Mengkonsumsi makanan di rumah sendiri dan masak sendiri ternyata menurut penelitian, dapat meningkatkan harapan hidup atau dengan kata lain bisa membuat umur kita lebih panjang. Bukan rahasia lagi apabila makanan yang dibuat di restoran atau di rumah makan seringkali tidak terjaga kesehatannya, tidak dibuat dengan bahan-bahan yang sehat, dan bahkan, kebersihan peralatan makan juga seringkali diragukan.

Lebih-lebih apabila makanan tersebut dijual di pinggir jalan yang hampir setiap hari terkena debu dan kotoran serta berbagai jenis bakteri. Mengolah sendiri makanan di rumah dan membuat sendiri makanan sehat adalah pilihan tepat untuk menunjang gaya hidup sehat. Selain itu, pasti lebih hemat kan.

  1. Milikilah hubungan yang baik

Apabila kita memiliki hubungan yang baik dengan pasangan, dengan anak, dengan orang disekitar kita, atau dengan orang-orang yang kita cintai khususnya, adalah cara lain untuk menjaga agar kita memiliki jiwa positif yang akan berdampak terhadap kesehatan. Jadi, sambunglah tali silaturahmi atau perbanyaklah teman dan perbanyaklah berbahagia. Yang juga tidak boleh dilupakan adalah hubungan dengan Sang Pencipta.

  1. Jaga kebersihan

Tips hidup sehat lainnya yang juga tidak boleh Anda lupakan adalah, Anda harus secara rutin membersihkan lingkungan tempat Anda tinggal untuk menghindari berbagai jenis penyakit. Mulailah dari menjaga kebersiha diri sendiri, pakaian, dan rumah. Lalu bersihkan juga lingkungan di sekitar dan termasuk juga tempat kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015