Garis Batas

Traveling & Science Blog

Produk Google Gratis untuk Optimalisasi Blog Anda

produk google gratis untuk optimalisasi blog

Google (Pic by: WikimediaImages under CC License)

Kebanyakan kita mengenal Google sebagai salah satu mesin pencarian untuk mencari berbagai hal mulai dari gambar, berita, artikel, foto, hingga video dan lain-lain. Akan tetapi, tahukah anda bahwa Google tidak hanya memproduksi mesin pencarian saja. Lebih dari itu, Google memiliki banyak aplikasi atau software yang sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh setiap blogger untuk memaksimalkan blog yang dimiliki serta untuk melakukan pemasaran dan lain sebagainya.

Beberapa produk Google gratis untuk optimalisasi blog yang dapat digunakan oleh para blogger antara lain:

  1. Gmail

Ini adalah layanan email gratis sekaligus berbayar yang disediakan oleh Google dan bisa kita manfaatkan untuk banyak hal. Mendaftar email di Gmail akan memberikan kita kesempatan lebih luas untuk menggunakan email tersebut ketika melakukan pendaftaran di penyedia blog gratis seperti Blogger atau yang lainnya. Selain itu, membuat email di layanan Gmail juga memungkinkan kita menggunakan satu akun email untuk berbagai hal. Mulai dari, sebagai akun utama smartphone, untuk mengakses Google+, untuk mendaftar Adsense, dan masih banyak lagi yang lainnya dimana kita bisa memanfaatkan email tersebut.

  1. Blogger atau Blogspot

Blogger atau Blogspot adalah salah satu platform blog gratis yang disediakan oleh Google untuk memudahkan kita yang ingin ngeblog tanpa harus ribet. Blog gratis ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan kita melakukan optimasi, menulis, posting, hingga memanfaatkannya untuk mengais rupiah.

  1. Google+ (Plus)

Google+ (Plus) adalah salah satu layanan dari Google yang sebaiknya tidak dilewatkan karena manfaatnya sangat banyak. bagi seorang blogger account Google Plus akan bermanfaat untuk memperkenalkan website sekaligus media untuk share berbagai tulisan yang ada di blog mereka.

Dengan adanya Google Plus kita akan lebih mudah memperkenalkan tulisan ke banyak orang terutama yang masuk ke dalam lingkaran kita.

  1. Google Webmaster tool

Produk Google gratis untuk optimalisasi blog yang wajib digunakan oleh para blogger selanjutnya adalah Google Webmaster Tool. Agar blog yang kita buat bisa lebih optimal kemana kita juga bisa memanfaatkan tools ini yang akan membantu kita menganalisa lalu lintas kunjungan ke blog, membantu kita untuk memaksimalkan blog agar mudah ditemukan di mesin pencarian, dan lain-lain.

  1. Google Trends

Kata kunci memainkan peranan penting dalam mesin pencarian. sehingga, pada saat kita menulis artikel, kita perlu mempertimbangkan kata kunci tertentu agar postingan yang kita miliki bisa nongol di halaman terdepan dalam mesin pencarian.

Salah satu tool gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu kita memilih kata kunci yang sedang populer sama atau yang banyak dicari serta kata kunci yang terkait dengan artikel yang kita miliki adalah Google Trends.

  1. Google AdWords Keyword Planner

Masih seputar kata kunci dan untuk meningkatkan SEO organik, kita perlu meneliti kata kunci tertentu untuk memberikan target yang lebih spesifik sehingga web blog yang kita miliki akan lebih mudah ditemukan. Tools ini sebenarnya bagian dari produk Google berbayar Google AdWords yang berfungsi untuk mengiklankan produk/website/blog kita sehingga selalu menjadi prioritas pada mensin pencarinya, namun tools di dalamnya dengan nama Google AdWords Keyword Planner ini sendiri bisa digunakan secara gratis

  1. Google Translate

Banyak diantara kita yang hanya menguasai bahasa Inggris setengah-setengah saja. Bahkan tidak sedikit di antara kita yang hanya menguasai beberapa vocabolaries saja. Dengan adanya Google Translate, kita akan lebih muda untuk menulis artikel dalam bahasa Indonesia kemudian diterjemahkan kedalam bahasa Inggris atau kedalam bahasa yang lainnya.

Sebaliknya, kita juga akan lebih mudah mencari referensi dengan bantuan Google Translate terutama apabila website yang ingin kita baca menggunakan bahasa asing. Bahkan, artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia juga bisa ditambahkan ke dalam berbagai bahasa apabila kita menyertakan Google Translate di blog yang kita miliki.

  1. Google Analytics

Jika Anda ingin tahu berapa orang yang mengunjungi website Anda setiap hari dalam seminggu atau sebulan, serta berapa lama orang-orang menghabiskan waktu di situs blog. Anda bisa melihat dan memantaunya dengan menggunakan Google Analytics. Dengan bantuan Google Analytics selama kita akan lebih mudah memahami dan mengetahui apa saja yang paling banyak dicari di dalam website kita dan apa saja yang diinginkan oleh para pengunjung.

  1. Google feedBurner

Jika Anda ingin mencari pembaca sebanyak-banyaknya untuk blog anda, manfaatkan saja Google FeedBurner. Dengan adanya feed, pengunjung situs kita akan lebih mudah berlangganan dan menerima update secara reguler dari web browser yang mereka gunakan atau dengan membaca di RSS dan, atau email.

  1. Google Adsense

Hobi menulis dan memiliki banyak pengunjung di blog tentu harus kita manfaatkan. Salah satu caranya adalah dengan memasang iklan di blog kita yang berasal dari Google. salah satunya adalah Google AdSense.

Mendaftar di Google Adsense sebenarnya gratis. Walaupun prosesnya mungkin akan memakan waktu dan harus memenuhi syarat. Akan tetapi, apabila sudah diterima, anda akan segera mengumpulkan pundi-pundi melalui iklan yang bisa kita manfaatkan untuk mengembangkan blog yang kita miliki atau untuk memenuhi kebutuhan yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015