Garis Batas

Traveling & Science Blog

Lebih dalam Tentang Permainan Pokemon Go serta Efek Positif dan Negatifnya

pokemon-go

Pokemon Go (Pic by: Frost Museum under CC License)

Raksasa perusahaan pembuat game Nintendo dan The Pokemon Company baru saja merilis sebuah permainan berbasis iPhone dan Android bernama Pokemon Go di Amerika. Walaupun peluncuran secara resmi belum dilakukan di Indonesia, namun permainan tersebut sudah cukup menjadi trend di Indonesia, baik di kalangan anak-anak sampai orang dewasa. Untuk lebih mengenal terhadap game tersebut, mari kita bahas apakah permainan Pokemon Go itu serta efek positif dan negative yang mungkin ditimbulkan akibat permainan tersebut.

Apa itu Permainan Pokemon Go?

Pokemon Go adalah permainan berbasis Augmented Reality yang artinya memadukan unsur-unsur kehidupan nyata di sekitar kita dengan permainan virtual. Pengguna diminta untuk mencari berbagai macam monster pokemon yang berada di lokasi nyata sekitar pengguna, namun monster pokemon tersebut hanya dapat dilihat melalui layar ponsel saja. Untuk mendapatkan banyak monster pokemon, pengguna harus berjalan menjelajah di dunia nyata. Setelah mendapatkan monster pokemon tersebut, pengguna dapat melatih monster pokemon tersebut hingga memiliki level yang tinggi dan semakin kuat. Sesama pengguna juga bisa saling mempertarungkan pokemon miliknya atau saling bertukar monster pokemon dengan pengguna lainnya. Pada lokasi-lokasi tertentu, pengguna bisa mendapatkan bonus dengan menangkap jenis monster pokemon yang langka dan bernilai tinggi.

Indonesia sendiri sebenarnya belum mendapatkan akses untuk dapat mengunduh permainan tersebut secara resmi melalui Apps Store dan Google Play, namun sudah banyak pengguna Android di Indonesia yang telah mengunduh langsung APK file dari permainan tersebut ke ponsel Androidnya

Efek Positif Permainan Pokemon Go

Sebenarnya, permainan yang cukup kreatif ini cukup memberikan efek positif terhadap pengguna, terutama terhadap kondisi psikologis dan fisik pengguna. Permainan ini menuntut pengguna untuk keluar rumah, menjelajah lokasi nyata untuk mencari monster pokemon. Hal tersebut tentunya membuat kondisi psikologis pengguna menjadi lebih menikmati waktu-waktunya sehari-hari dibanding hanya berdiam di rumah. Beberapa riset membuktikan bahwa berjalan dan menikmati alam sekitar dapat meningkatkan kesehatan mental.

Selain itu dengan berjalan menjelajah di luar rumah, tentunya menjadikan sebuah aktifitas fisik yang lebih sehat dibandingkan hanya berdiam diri di rumah. Dengan memainkan permainan pokemon go, kalori dalam tubuh akan lebih banyak terbakar.

Efek Negatif Permainan Pokemon Go

Selain efek positif permainan pokemon go, yang perlu menjadi perhatian juga adalah banyak juga laporan efek negative yang disebabkan oleh permainan tersebut. Di Amerika sendiri sudah terdapat banyak laporan kematian yang disebabkan oleh kecelakaan karena pengemudi mobil menangkap pokemon sambil mengemudikan mobilnya. Ada juga laporan terkait perampokan yang terjadi dengan melibatkan permainan pokemon go dengan cara memikat pengguna lainnya untuk mendatangi lokasi tertentu. Selain itu banyak juga orang yang merasa terganggu karena banyak orang asing yang datang ke rumahnya dalam rangka mengejar pokemon sehingga rumah pribadinya menjadi ajang permainan virtual.

Di Indonesia sendiri sudah banyak beredar kabar-kabar melalui social media yang belum dapat dipastikan kebenarannya mengenai efek-efek permainan pokemon go, seperti perpecahan rumah tangga, kecelakaan dan pemecatan hubungan kerja akibat permainan pokemon go. Selain itu, Indonesia yang belum mendapatkan aplikasi permainan pokemon go, sangat rentan terhadap keamanan dan privacy pengguna, karena sangat mungkin aplikasi pokemon yang bukan didownload dari situs resmi telah disisipkan oleh malware atau spyware. Privacy dari pengguna juga suatu hal yang harus dikawatirkan, karena aplikasi tersebut memiliki akses untuk mendapatkan data-data pribadi seperti lokasi GPS dan kamera ponsel.

Sebenarnya baik atau buruknya permainan tersebut dikembalikan lagi kepada penggunanya yaitu bagaimana pengguna dapat memanfaatkan keuntungan dan menghindari kerugian dari permainan tersebut, sama seperti smartphone, penggunaannya dapat berakibat buruk jika pengguna tidak dapat memanfaatkan dengan baik, namun dapat juga menjadi alat yang membantu pada kehidupan sehari-hari pengguna. (MM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015