Garis Batas

Traveling & Science Blog

Pilih Mana, Android atau Iphone untuk Smart Phone Anda?

android atau iphone

Ilustrasi Android atau Iphone (Pic by: methodshop .com under CC License)

Android atau Iphone? Bagaimana dengan smartphone Anda? Smartphone adalah gadget yang sangat personal. Sehingga boleh dikatakan bahwa, smartphone adalah gambaran diri kita. Selain itu, saat ini smartphone tidak hanya sekedar alat untuk telepon dan berkirim pesan, melainkan lebih dari itu, smartphone juga bisa dijadikan sebagai tolak ukur prestise. Bahkan bagi sebagian orang, smartphone adalah salah satu perlengkapan fashion untuk membuat mereka tampil lebih gaya dan lebih menarik.

Namun tidak sesederhana itu, saat kita berbicara mengenai smartphone, kita harus berbicara secara menyeluruh karena ada banyak hal yang kita butuhkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari maupun untuk bekerja di perangkat genggam tersebut. Jika anda adalah seorang penyuka fotografi dan sering mengambil foto, maka kamera harus menjadi pertimbangan utama. Selain kamera, ekosistem sistem operasi, aplikasi, kemudahan pengoperasian, dan lain-lain juga patut dipertimbangkan.

Jika harus memilih antara smartphone yang menggunakan sistem operasi Android atau smartphone yang menggunakan sistem operasi iOS yaitu iPhone, beberapa hal berikut ini mungkin bisa membantu Anda menjatuhkan pilihan.

  1. Sistem operasi

Dibandingkan dengan perbedaannya, kedua sistem operasi antara Android atau Iphone lebih cenderung memiliki banyak persamaan. Sistem operasi Android adalah besutan Google dan sistem operasi iOS yang ada di iPhone adalah besutan Apple.

Saat kita berbicara mengenai sistem operasi, hal utama yang menjadi sorotan adalah upgrade dan update. Smartphone yang menggunakan sistem operasi Android tidak hanya berasal dari satu vendor melainkan dari berbagai vendor seperti Samsung, Google, LG, Huawei, Xiaomi, HTC, Sony, dan lain-lain. Smartphone tersebut biasanya hadir dengan sistem operasi Android tertentu. Smartphone kelas menengah kebawah biasanya akan mendapatkan update sistem operasi satu atau dua kali atau bahkan tidak sama sekali. Berbeda dengan smartphone kelas atas yang biasanya selalu mengikuti update sistem operasi terbaru karena berharga jauh lebih mahal dan lebih diprioritaskan.

Hal sebaliknya terjadi pada hampir semua perangkat iPhone yang OSnya hanya digunakan oleh 1 merk saja, yaitu Apple. Pada saat Apple memunculkan sebuah update, biasanya hampir semua perangkat iPhone mulai dari iPhone generasi sebelumnya akan mendapatkan update sistem operasi yang sama dan dalam waktu yang bersamaan.

  1. Aplikasi

Begitu juga dengan aplikasi yang ada di Play Store atau App Store, boleh dikatakan keduanya memiliki aplikasi yang sangat banyak dan cukup lengkap atau mirip-mirip. Akan tetapi, harus diakui bahwa App Store milik Apple biasanya lebih diprioritaskan oleh developer sehingga App Store lebih sering melahirkan aplikasi baru lebih dahulu dibandingkan dengan Play Store milik Google.

Hal lain yang juga patut diperhatikan saat berbicara mengenai aplikasi adalah, di App Store kita akan lebih banyak menemukan aplikasi berbayar dibandingkan dengan yang gratis. Hal sebaliknya kemungkinan akan kita temukan di Google Play. Dimana banyak aplikasi gratis dan aplikasi berharga murah yang mejeng disana dibandingkan dengan aplikasi yang ada di App Store.

  1. Kustomisasi

Jika anda adalah orang yang menyukai kebebasan terutama untuk memodifikasi homescreen dan tampilan sebuah smartphone untuk disesuaikan dengan kepribadian dan kesukaan, maka smartphone Android akan lebih cocok bagi anda.

Hal sebaliknya akan Anda rasakan saat menggunakan iPhone. Di iPhone, tidak banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meng kastemisasi homescreen atau tampilan smartphone tersebut. Akan tetapi, smartphone besutan Apple ini terkenal sangat sederhana, mudah dioperasikan dan user friendly.

  1. Notifikasi

Smartphone yang menggunakan sistem operasi Android cenderung lebih fleksibel dalam menampilkan notifikasi, lebih mudah dan lebih lengkap. Sehingga untuk mengakses menu tertentu, contohnya adalah settingan Wi-Fi, kita hanya perlu melakukan pull down pada notifikasi dan mengaktifkan atau menonaktifkannya. Hal sebaliknya mungkin akan Anda rasakan saat menggunakan iPhone. saat menggunakan smartphone ini, kita harus mengakses pusat setting yang notabenenya memaksa kita melakukan beberapa langkah lebih banyak untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Wi-Fi.

  1. Pilihan

Sistem operasi Android diadopsi oleh banyak vendor smartphone mulai dari Sony, HTC, Samsung, Huawei, Motorola, LG, dan masih banyak yang lainnya. Vendor-vendor tersebut berusaha menghadirkan dan menyematkan fasilitas serta fitur terbaru disamping kreativitas yang mereka miliki. Sehingga, kita akan menemukan smartphone dengan pilihan yang sangat banyak, baik dari segi warna, hardware, ukuran, bentuk, kamera, casing, dan lain-lain.

Sedangkan saat menggunakan iPhone, kita hanya dibenturkan pada beberapa pilihan saja seperti, seri, pilihan warna, dan pilihan ukuran layar.

Secara keseluruhan, baik Android atau Iphone memiliki fitur dan kemampuan yang sebanding, pemilihan antara kedua smartphone tersebut kembali kepada preferensi dan kebiasaan pengguna. Bagi pengguna yang sejak awal menggunakan Android, biasanya akan kembali memilih Android saat harus mengganti smartphone dengan yang baru, sebaliknya pengguna yang sejak awal menggunakan Iphone, biasanya tetap akan fanatik menggunakan Iphone saat harus mengganti smartphone dengan yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015