Garis Batas

Traveling & Science Blog

Pilih Mana, Kamera Smartphone atau Kamera Kompak?

Kamera Smartphone

Kamera Smartphone (Pic by: FirmBee under CC License)

Dalam beberapa tahun, smartphone sudah menyalip jumlah penjualan kamera kompak (pocket). Hal tersebut terjadi hanya dalam waktu singkat. Efek samping dari kenaikan popularitas smartphone menyebabkan penurunan penjualan kamera pocket atau kamera kompak. Akan tetapi, jika kita berbicara mengenai fotografi dan hasil foto, apakah hasil foto dari kamera smartphone bisa mengimbangi kamera kompak?

Alasan orang lebih banyak memilih smartphone

Sebelum kita membahas lebih jauh kelebihan dan kekurangan kamera smartphone dan kamera kompak, terlebih dahulu kita simak beberapa alasan mengapa banyak orang yang lebih memilih smartphone dibandingkan dengan kamera kompak berikut ini.

  1. Ringkas

Ini adalah alasan pertama mengapa banyak orang memilih smartphone. Smartphone ringkas dan mudah dibawa kemana-mana, dari sisi bentuk, tentu saja smartphone lebih mudah dibawa dibandingkan kamera kompak. Selain itu, banyak hal yang kita butuhkan ada di satu smartphone. Selain menyediakan kamera, smartphone juga bisa diandalkan untuk mendengarkan musik menggantikan MP3 player, bisa diandalkan untuk menonton film menggantikan DVD player, bisa dimanfaatkan untuk menonton TV, dan masih banyak kegunaan yang lainnya.

  1. Sharing

Berbagi hasil foto adalah alasan lain mengapa banyak orang lebih memilih smartphone sebagai gadget utama mereka dan sebagai kamera utama mereka. Smartphone, seperti yang kita tahu kebanyakan akan dengan mudah terhubung ke internet karena tersedianya teknologi jaringan seperti GSM, 3G hingga LTE yang dengan mudah untuk terkoneksi dengan jaringan internet. Serta tersedia juga akses Wi-Fi. Sehingga, berbagi foto pada saat itu dengan teman teman baik di sosial media maupun dengan menggunakan aplikasi chatting semakin mudah dan instant. Walaupun saat ini tersedia kamera kompak yang memiliki fitur WIFI, namun harganya masih sangat mahal, selain itu hanya memungkinkan melakukan sharing hasil foto di jaringan WIFI saja.

  1. Kemudahan untuk melakukan edit foto

Selain untuk mengambil dan mengembalikan momen tertentu, sebenarnya smartphone saat ini kebanyakan dimanfaatkan untuk mengambil foto selfie. Tentu saja mengambil foto diri sendiri akan kurang lengkap rasanya apabila tidak tampak cantik dan menarik. Dan smartphone hadir dengan berbagai kelebihannya karena memiliki banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan langsung untuk mengedit foto yang baru saja kita ambil. Pada kamera poket juga ada yang memiliki fitur edit hasil foto, namun fitur tersebut belum sefleksibel dan semaksimal aplikasi edit yang ada di smartphone.

Mana yang lebih unggul, kamera kompak atau kamera smartphone?

Sebenarnya, apabila Anda adalah seorang pencinta fotografi dan ingin mendapatkan hasil foto yang terbaik, maka kamera kompak sudah pasti lebih bisa diandalkan. Karena hasil foto yang diberikan oleh smartphone, terutama yang berada di kelas menengah kebawah, masih jauh di belakang kamera kompak. Kualitas yang diberikan di berbagai kondisi baik di luar ruangan, di dalam ruangan, atau di tempat-tempat yang minim cahaya, rata-rata, kamera kompak masih lebih unggul. Walau demikian, sebenarnya ada juga beberapa smartphone yang dibekali dengan kamera yang bagus dan memiliki resolusi besar serta aperture yang memadai. Akan tetapi, biasanya harga smartphone tersebut sangat mahal.

  1. Zoom

Berbicara mengenai Zoom pada kamera, kamera kompak jauh lebih baik karena memiliki zoom yang dioptimalkan dengan pergerakan lensa optic atau yang biasa disebut optical zoom. Berbeda dengan zoom pada kamera smartphone yang hanya mengandalkan modifikasi software atau biasa disebut digital zoom. Selain terbatas, hasil yang diberikan oleh kamera smartphone juga tidak bisa maksimal pada saat di-zoom.

  1. Cahaya

Karena pada smartphone tidak dapat menggunakan lensa optik dalam ukuran besar, kamera smartphone biasanya lemah pada saat kondisi minim cahaya. Walaupun sudah dibekali dengan LED flash namun smartphone seringkali tidak mampu menghadirkan gambar maksimal di tempat-tempat yang minim cahaya.

Kualitas gambar yang buruk pada saat kita mengambil foto dengan menggunakan kamera smartphone di tempat-tempat yang minim cahaya disebabkan karena, kamera smartphone tersebut memiliki sensor cahaya yang sangat kecil dan flash yang kurang kuat membuat kinerjanya semakin terbatas. Hal tersebut menyebabkan tidak disangsikan lagi apabila di malam hari, hasil foto dari kamera smartphone seringkali tidak bisa maksimal karena kurangnya cahaya. Rata-rata ponsel tidak memiliki sensor cahaya yang pas dan stabilitas yang cukup untuk mengambil gambar di tempat gelap. Itulah sebabnya sangat sulit menggunakan kamera smartphone untuk mengambil foto dengan feeling yang tepat.

  1. Pengaturan Apperture dan Shutter Speed

Karena tidak menggunakan mekanisme lensa optik pada smartphone sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan modifikasi apperture (mengatur besarnya diameter bukaan sensor) dan shutter speed (kecepatan bukaan sensor). Pengaturan tersebut dibutuhkan jika akan mengambil foto untuk kondisi khusus, misalnya membuat latar belakang yang blur atau mengambil foto untuk hasil siluet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015