Garis Batas

Traveling & Science Blog

Peristiwa Alam Spektakuler yang Pernah Terjadi di Dunia

Bumi yang kita pijak ini merupakan planet ketiga dari matahari sekaligus merupakan satu-satunya objek astronomi yang dikenal memiliki kehidupan. Menurut para ahli, mengacu pada penanggalan radiometrik, bumi sudah terbentuk sejak 4.540.000.000 tahun yang lalu.

Bumi memiliki gravitasi sehingga bisa berinteraksi dengan benda-benda lain di luar angkasa seperti matahari dan bulan. Bumi berputar pada sumbunya, menciptakan berbagai variasi musim, hari, bulan, dan tahun.

Gerakan bumi dan beberapa benda di sekitarnya seperti bulan yang menjadi satelit bumi pada saat-saat tertentu menciptakan sebuah fenomena spektakuler. Beberapa di antara peristiwa alam yang cukup spektakuler dan pernah terjadi di muka bumi ini, diantaranya adalah:

  1. Aurora
Peristiwa alam aurora

Aurora (Pic by: FairbanksMike under CC License)

Langkah yang pertama adalah aurora yang sangat indah dan bisa kita saksikan dengan mata telanjang. Aurora biasanya muncul dengan warna-warni yang sangat terang di malam hari. Beberapa tempat dimana kita bisa menyaksikan aurora diantaranya adalah di Skandinavia yang berada di Kutub Utara. Selain itu, Skotlandia merupakan negara lain yang juga memiliki aurora. aurora terbagi menjadi dua yaitu Aurora Borealis dan Aurora Australis. Untuk Aurora Australis sama kita bisa menyaksikannya di beberapa belahan bumi seperti di Selandia Baru, Australia, Antartika dan di Amerika Selatan.

Aurora tercipta akibat interaksi medan magnetik yang dimiliki oleh bumi dengan partikel bermuatan yang dipancarkan matahari.

  1. Etruscan Vase Moon
Peristiwa alam etruscan vase moon

Etruscan Vase Moon (Pic by: Brocken Inaglory under CC License)

Peristiwa alam selanjutnya yang pernah terjadi adalah Etruscan Vase Moon. Peristiwa langka ini adalah peristiwa terdispersinya kemunculan bulan purnama karena adanya pembiasan cahaya yang diakibatkan oleh lapisan atmosfer bumi karena adanya udara dingin yang terperangkap dekat dengan permukaan. Akibat hal tersebut, bulan akan terlihat terbit dengan bentuk yang aneh tampak tidak bulat seutuhnya dan terlihat bergerigi.

  1. Gerhana matahari Total
peristiwa alam gerhana matahari total

Gerhana Matahari Total (Pic by: Manoj.dayyala under CC License)

Bumi yang kita tempati memiliki 1 buah satelit yang kita kenal dengan nama “bulan.” pada saat-saat tertentu, bulan tersebut akan menutupi matahari. Walaupun sejatinya ukuran matahari 400 kali lebih besar dibandingkan dengan bulan, akan tetapi karena jarak matahari juga 400 kali lebih jauh dari pada bulan ke bumi, maka sangat mungkin apabila bulan menutupi cahaya matahari.

Seperti yang baru-baru ini terjadi pada tahun 2016, tepatnya tanggal 9 Maret. Di beberapa negara Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia di beberapa daerah kita bisa menyaksikan langsung gerhana matahari total yang berlangsung selama kurang lebih 4 menit.

  1. Blue moon
peristiwa alam blue moon

Blue Moon (Pic by: Wildernessman under CC License)

Bulan biru atau blue moon adalah peristiwa alam spektakuler lainnya yang pernah terjadi di dunia ini. Bulan bisa berubah warna menjadi biru karena posisi bumi dan bulan yang sangat dekat, serta berada diantara matahari dan bulan.

  1. Gerhana matahari cincin
peristiwa alam gerhana matahari cincin

Gerhana Matahari Cincin (Pic by: Kevin Baird under CC License)

Di tahun 2016 ini akan terjadi dua kali gerhana matahari. Yang pertama sudah terjadi pada tanggal 9 Maret tahun 2016 lalu. Peristiwa tersebut adalah peristiwa gerhana matahari total. Sedangkan gerhana matahari cincin akan terjadi pada bulan September tepatnya tanggal 1 di tahun 2016.

Beberapa daerah atau negara yang akan kebutuhan bisa menyaksikan langsung peristiwa langka tersebut diantaranya adalah Kongo, Tanzania, Gabon, Madagaskar dan bisa juga disaksikan dari Samudra Hindia.

  1. Supermoon (Bulan Besar)
peristiwa alam supermoon

Supermoon (Pic by: Nidan under CC License)

Peristiwa supermoon atau bulan besar merupakan fenomena yang baru saja kita saksikan pada tanggal 14 November tahun 2016 kemarin. Peristiwa alam spektakuler ini terjadi karena posisi bumi yang berada sangat dekat dengan bulan dan matahari sehingga kita akan menyaksikannya dengan lebih jelas. Jaraknya bisa mencapai 600 km lebih dekat sehingga bulan akan tampak lebih besar daripada biasanya. Karena dekatnya jarak antara bumi dan bulan tersebut, mungkin saja ada beberapa peristiwa yang akan terjadi karena daya tarik magnet bumi dan bulan akan semakin kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015