Garis Batas

Traveling & Science Blog

Penyakit yang Disebabkan oleh Rokok

penyakit-yang-disebabkan-oleh-rokok

Rokok (Pic by: Beeki under CC License)

Baru-baru ini beredar kabar bahwa pemerintah akan menaikan cukai dan pajak rokok yang tentunya juga akan menaikan harga rokok. Keputusan tersebut akan menjadi keputusan yang sangat sulit bagi pemerintah, mengingat rokok merupakan salah satu pendapatan pajak terbesar di Indonesia. Di sisi lain, kampanye anti rokok mendorong pemerintah untuk mengurangi rokok digunakan oleh masyarakat Indonesia, salah satunya adalah dengan menaikan harga rokok. Terlepas dari jadi tidaknya rencana tersebut, perlu Anda ketahui penyakit yang disebabkan oleh rokok.

Rokok dapat meningkatkan resiko kesehatan bagi perokok aktif maupun Perokok pasif. Tercatat setidaknya ada 50 gangguan kesehatan yang disebabkan karena merokok. Dan rokok merupakan salah satu penyebab terbesar kematian Selain mengakibatkan berbagai penyakit bagi manusia. Akibat yang ditimbulkan olah rokok bisa sangat fatal. Dan beberapa diantara yang lainnya dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang.

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh rokok diantaranya adalah:

Kanker paru-paru

90% merokok bisa menyebabkan kanker paru-paru. Namun Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan berbagai jenis kanker lainnya pada beberapa bagian tubuh seperti, kanker di bagian mulut, laring, tenggorokan, ginjal, kandung kemih, esofagus, perut, hati, dan pankreas.

Menyebabkan kerusakan hati

Merokok dapat menyebabkan kerusakan pada hati dan dapat menyebabkan sirkulasi darah kita terganggu. Akibat hal tersebut, beberapa kondisi kesehatan bisa kita alami diantaranya adalah, penyakit jantung koroner, serangan jantung, stroke, penyakit pembuluh darah perifer, dan termasuk juga, penyakit serebrovaskular.

Menyebabkan kerusakan pada paru-paru

Selain menyebabkan kanker paru-paru, seperti yang disebutkan dalam poin nomor satu, merokok juga dapat menyebabkan kerusakan paru-paru. kerusakan paru-paru tersebut ditandai dengan adanya penyakit obstruksi kronis pada paru yang biasanya dikenal dengan penyakit bronkitis dan emfisema. Selain itu kerusakan paru-paru juga bisa diikuti pneumonia. Beberapa orang lainnya yang memiliki penyakit asma, biasanya akan mengalami masalah lebih berat apabila merokok. Merokok juga dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan dan dapat menyebabkan seseorang mengalami flu.

Diabetes

Penyakit diabetes tipe 2 merupakan resiko lainnya yang disebabkan karena merokok. Seorang perokok aktif akan mengalami peningkatan antara 30% hingga 40% lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Selain itu, bagi Perokok pasif, mereka bisa terkena komplikasi apabila memiliki diabetes.

Kebutaan atau katarak

Merokok dapat menyebabkan perokok mengalami kebutaan. Karena rokok dapat menyebabkan kerusakan mata dan menyebabkan kita kehilangan penglihatan. Sebagian besar rokok dapat menyebabkan kebutaan pada orang dewasa terutama yang berusia 65 tahun atau yang lebih tua.

Menyebabkan masalah reproduksi pada wanita

Efek berbahaya lainnya yang disebabkan karena rokok adalah, bisa menyebabkan kehamilan ektopik pada wanita. Ini merupakan sebuah kondisi dimana pembuahan akan terjadi diluar rahim. Telur yang dibuahi tersebut tidak akan mampu bertahan lama dan bahkan sangat beresiko bagi ibu karena dapat mengancam jiwanya. Karena kehamilan diluar rahim bisa menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran dan pendarahan berat.

Merokok juga dapat menyebabkan berkurangnya kesuburan serta menyebabkan wanita kesulitan untuk bisa hamil.

Infeksi dada

Pada umumnya infeksi dada banyak dialami oleh anak-anak yang terpapar asap rokok atau apabila ia menjadi perokok pasif. Seorang perokok pasif juga akan terkena dampak yang kurang lebih sama dengan perokok aktif seperti kanker paru-paru. Penyakit lain yang mungkin dialami oleh seorang perokok pasif atau anak-anak yang terpapar asap rokok di antaranya adalah meningitis, batu, bisa mengalami asma, infeksi telinga, dan bahkan pada beberapa orang menjadi perokok pasif bisa menyebabkan mereka mengalami kematian.

Dampak buruk rokok bagi wanita hamil

Selain berbagai penyakit yang disebabkan oleh rokok, yang telah disebutkan sebelumnya, kita juga harus tahu bahwa rokok sangat beresiko bagi wanita hamil karena dapat menyebabkan kelahiran prematur, dapat menyebabkan keguguran, bisa juga menyebabkan berat badan bayi lahir rendah (BBLR). Namun yang paling parah, wanita hamil yang merokok dapat menyebabkan bayi lahir mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015