Garis Batas

Traveling & Science Blog

Oriental Pearl Tower sebagai Simbol Kota Shanghai

Oriental Pearl Tower dilihat dari the Bund

Shanghai merupakan salah satu kota dengan penduduk terpadat di China sekaligus di Asia. Kota ini memiliki populasi sekitar 24 juta jiwa jika merunut pada data sensus yang diperoleh pada tahun 2014. Shanghai merupakan salah satu pelabuhan kontainer paling sibuk di dunia, dikatakan juga sebagai salah satu pusat transportasi sekaligus pusat perekonomian China. Lokasi Shanghai yang sangat strategis membuat tempat ini ramai dikunjungi bahkan sejak abad ke-19. Selain dikenal sebagai pusat perdagangan, Shanghai juga banyak dijadikan sebagai tujuan wisata karena tempat ini memiliki banyak objek wisata populer dan terkenal terutama yang berasal dari bangunan-bangunan bersejarah seperti: Oriental Pearl Tower, The Bund, Terowongan Huangpu, Shanghai Municipal History Museum, Yu Garden, City God Temple, dll.

Berbicara mengenai tujuan wisata terkenal di Cina, khususnya di Shanghai, jika suatu saat nanti Anda sempat berkunjung, sebaiknya Anda tidak melewatkan Oriental Pearl Tower dan beberapa tempat menarik lainnya berikut ini.

Oriental Pearl Tower

Pemandangan dari atas Oriental Pearl TowerTower ini sangat tinggi. Mencapai 468 meter. Ini merupakan menara TV tertinggi di Asia dan yang keempat di dunia setelah CN Tower di Toronto, Kanada. Jangan heran apabila tempat ini kemudian menjadi salah satu landmark yang sangat luar biasa menarik sejak selesai dibangun pada tahun 1995.

Bagi para wisatawan, Ini adalah salah satu favorit tujuan wisata di Shanghai. Tower ini memiliki arsitektur yang simbolik. Jika kita berkunjung ke tempat ini ada 6 elevator yang bisa kita manfaatkan untuk naik dan menyaksikan pemandangan kota Shanghai dari ketinggian. Kemudian terdapat juga lift berkecepatan 7 meter per detik yang dapat menampung hingga 30 orang. Yang pasti, pemandangan indah yang akan tersaji di depan mata anda akan sayang untuk dilewatkan. Yang paling menarik adalah bagian puncak yang dapat memantau keindahan kota Shanghai dari ketinggian, bagian bawah lantai terbuat dari kaca bening yang tebal, sehingga wisatawan dapat melihat langsung ke arah bawah.

The Bund

Selama satu abad lebih, The Bund dikenal sebagai salah satu simbol arsitektur kebanggaan Shanghai yang sangat kesohor. Menurut sejarah kata “bund” berasal dari istilah Anglo-India yang berarti “tanggul sepanjang pantai berlumpur.”

Menurut Catatan sejarah, ketika Inggris masuk ke China, dan membuka perkantoran pertama kali di tahun 1846, perlahan namun pasti tempat ini berubah menjadi tempat yang menarik dan mewah. Dan saat ini, ada berbagai konstruksi bangunan yang megah dan eksotis dibangun di tempat tersebut.

Ada banyak hal menarik yang bisa kita lakukan di tempat ini mulai, dari menikmati suasana di sekitar dengan menaiki perahu di Sungai Huangpu, mengunjungi patung Chen Yi, dan kita juga bisa berjalan-jalan diatas sebuah dinding yang memiliki panjang 771 meter yang menjadi pembatas The Bund. Dinding ini dihiasi dengan ubin warna-warni serta pencahayaan yang cukup menari lebih-lebih jika kita berjalan-jalan di malam hari. Di beberapa sudut ada tempat-tempat dimana kita bisa bersantai menikmati suasana dan keindahan kota di malam hari yang dihiasi lampu-lampu dan kemegahan Oriental Pearl Tower. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan kenangan Anda di sini.

Terowongan bawah Sungai Huangpu

Terowongan the Bund di kawasan Oriental Pearl TowerSungai Huangpu adalah salah satu pemandangan paling menakjubkan yang bisa kita lihat dari atas Oriental Pearl Tower. Selain daya tarik sungai tersebut yang merupakan salah satu sungai terbesar di Shanghai, yang menurut catatan memiliki panjang 97 km ternyata memiliki keunikan lain yang tidak kalah menariknya. Keunikan sungai ini adalah, terowongan di bawah sungai yang tidak hanya bisa dilalui oleh kendaraan melainkan juga dilalui oleh kereta bawah tanah yang disebut “metro.”

Sungai ini memiliki lebar rata-rata 400 meter dengan kedalaman sekitar 9 meter. Inilah sungai ditengah kota yang membelah Shanghai menjadi kawasan timur dan barat.

Shanghai Municipal History Museum

Replika kehidupan Shanghai di museum Oriental Pearl TowerJika kita ingin mengenal sebuah kota, sebenarnya saat ini tidak terlalu sulit, mengingat rata-rata di kota-kota bersejarah terdapat museum yang dapat menggambarkan secara keseluruhan mengenai sejarah kota tersebut. Nah, bagi kamu yang mungkin sempat berkunjung ke Shanghai, jangan lewatkan museum bersejarah yang disebut Shanghai Municipal History Museum, tempatnya tepat di bawah Oriental Pearl Tower. Ini merupakan museum sejarah kota Shanghai yang berisi tentang sejarah kendaraan transportasi Shanghai, replika kegiatan sosial masyarakat semenjak berdirinya kota Shanghai, replika sejarah kehidupan sehari-hari penduduk Shanghai mulai dari penduduk miskin hingga orang-orang kaya Shanghai dan replika bangunan-bangunan tua dan bersejarah

Membutuhkan waktu kira-kira 1 jam untuk dapat mengelilingi semua area museum. Saat berkunjung kita akan dipandu oleh audio tour digital yang hanya dilengkapi dengan informasi dalam Bahasa Inggris atau China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015