Garis Batas

Traveling & Science Blog

Minggu Ria di Taman Mini Indonesia Indah

Minggu Ria di TMII

Pengunjung sudah mulai berkumpul di Tugu Api Pancasila

Pernah berkunjung ke Taman Mini? Mungkin sebagian besar orang yang tinggal di Jakarta sudah pernah berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tapi pernahkan Anda pergi ke Taman Mini di hari Minggu pagi hari? Jika sudah pernah pasti Anda akan menemukan acara Minggu Ria di TMII. Acara Minggu Ria di TMII sebenarnya adalah senam dan olah raga bersama yang dilakukan di lokasi Tugu Api Pancasila yang hanya dilakukan hanya pada Minggu pagi saja. Selain di lokasi tersebut, pengunjung juga dapat berolah raga lari atau bersepeda di seluruh area umum Taman Mini. Pengunjung yang datang sebelum jam 7 pagi bisa membayar tiket masuk hanya sebesar Rp. 5.000 atau setengah harga dari tiket masuk seharusnya, belum termasuk kendaraan. Pengunjung bisa memasuki Taman Mini melalui pintu utama dan pintu II TMII. Jika ingin berolah raga yang memiliki kesan berbeda, cobalah untuk datang di acara Minggu Ria Taman Mini ini.

Minggu Ria di TMII

Minggu Ria menjadi arena olah raga untuk keluarga

Biasanya para pengunjung sudah banyak yang berdatangan ke Taman Mini sebelum jam 6 pagi. Ada yang berjalan kaki, menggunakan sepeda maupun dengan kendaraan mobil atau motor. Para pengguna kendaraan bermotor juga dapat memarkir kendaraannya di sisi kanan dan kiri tugu Api Pancasila. Para pengunjung ada yang membawa sepatu roda, raket bulu tangkis dan bola untuk berolah raga. Pengguna sepeda biasanya memanfaatkan acara tersebut untuk berkeliling dalam area Taman Mini dengan sepeda. Jika tidak membawa sepeda namun ingin berkeliling menggunakan sepeda, di sana juga disediakan penyewaan sepeda dengan biaya Rp. 25,000 per setengah jam. Jenis sepeda yang tersedia adalah sepeda biasa dan sepeda wisata yang memiliki dua atau tiga pasang pedal pedal dan jok. Sepeda wisata tersebut dapat digunakan untuk berkeliling bersama keluarga atau pasangan. Di area tugu Api Pancasila, pengunjung bisa mengikuti senam bersama yang dipimpin oleh  instruktur senam. Masih di area Taman Mini, beberapa tempat lainnya seperti di museum olah raga juga mengadakan senam bersama.

Minggu Ria di TMII

Penyewaan Sepeda
Minggu Ria di TMII

Bazar Minggu Ria

Baca Juga: Kebun Raya Bogor, Piknik Asik Bernilai Pendidikan

Selain olah raga dan senam, ada juga acara bazar Minggu Ria yang digelar di area Kayu Gede, Museum IPTEK dan Museum Persahabatan Negara Non Blok, atau tepatnya di seberang area parkir Taman Burung. Di lokasi bazar, lapak pedagang berupa tenda-tenda kafe berjajar sepanjang trotoar jalan. Berbagai jenis makanan yang dijajakan di sana seperti ayam goreng, ayam tulang lunak, soto kudus, gudeg Jogja, nasi pecel, zuppa soup, kerak telor dan masih banyak lagi. Setelah lelah berolah raga, pengunjung dapat menikmati berbagai macam makanan tersebut di sini. Beberapa penjual makanan juga menyediakan tikar untuk menikmati makanan dengan cara lesehan. Terakhir saya ke sini, sempat menikmati ayam goreng tulang lunak dan zuppa soup. Rasanya ya cukup lumayan lah untuk kondisi perut lapar setelah lelah berolah raga. Di bazar ini bukan hanya berbagai jenis makanan saja yang dijajakan, namun pakaian, kerudung, perabot rumah tangga, souvenir, pajangan, barang-barang unik hingga casing HP juga dijual di sana. Bahkan ada juga lapak yang menyediakan layanan pijat dan pemeriksaan cek kolesterol darah. Kabarnya para pedagang di sini dikenakan biaya sewa oleh panitia penyelenggara untuk dapat berjualan di sini. Kebanyakan para pedagang di sini sudah datang sejak subuh untuk menyiapkan barang dagangannya. Bagi yang berniat berbisnis di sini juga bisa bertanya langsung kepada panitia yang tendanya juga berada di lokasi.

Minggu Ria di TMII

Berbagai jenis makanan yang cukup menggugah selera dijajakan di sini
Minggu Ria di TMII

Selain makanan, pakaian, perabot dan barang lainnya juga dijajakan di sini

Baca juga: Wisata Jakarta dengan Busway atau CommuterLine

Setelah lelah berolah-raga dan kenyang mengisi perut di bazar Minggu Ria, pengunjung masih dapat berjalan-jalan keliling Taman Mini untuk sekedar melihat-lihat atau berfoto. Namun jangan berharap dapat sekalian mengunjungi anjungan-anjungan yang ada di Taman Mini ya, kecuali kalau mau menunggu hingga anjungan dibuka. Anjungan di Taman Mini rata-rata baru buka sekitar jam 9.30 WIB. Namun tetap ada beberapa lokasi yang bisa dikunjungi di pagi hari seperti di taman miniatur pulau-pulau di Indonesia, Taman Budaya Tionghoa, di sekitaran Keong Mas, maupun taman di sebelah danau dekat museum keprajuritan.

4 Comments

Add a Comment
  1. Waahh seru juga kalau rumah dekat situ ya. Bisa jalan pagi2 olahraga di situ. Soal makanan di Bazar, harganya bagaimana? Ga mahal kan?

    1. Harganya agak sedikit diatas standard Mba, tapi masih di bawah harga makanan di Mall. Terakhir saya sarapan habisnya sekitar 20rb per orang. Ayo Mba, ajak keluarga olah raga di sana

  2. Dua minggu lalu saya mampir kesini, sekedar berwisata murah dan asyik di TMII..supaya lbh hemat Kami bawa bekal dari luar, nasi uduk bungkus..hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015