Garis Batas

Traveling & Science Blog

Merasakan Sumber Mata Air Alami di Owabong Purbalingga

Owabong Purbalingga

Owabong – Purbalingga

Purbalingga adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang mungkin jarang kita dengar sebagai tujuan wisata. Purbalingga yang memiliki sekitar 18 kecamatan dan 239 kelurahan tersebut memiliki banyak daya tarik. Kota ini juga dikenal sebagai salah satu kota industri yang menghasilkan berbagai produk berbahan dasar rambut manusia seperti bulu mata palsu, sanggul, wig, dan lain-lain. Produk unggulan lainnya di kota ini adalah knalpot kendaraan bermotor, produk knalpotnya dikenal diseluruh penjuru Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri. Saking terkenalnya produk knalpot di sana, sampai-sampai pemda di sana membuatkan tugu berupa patung orang yang sedang mengerjakan pembuatan knalpot.

Kota Purbalingga secara administratif berbatasan dengan Kabupaten Pemalang di sebelah Utara Kabupaten Banyumas di bagian Barat dan Selatan serta Kabupaten Banjarnegara di bagian timur.

Baca juga: Terdampar Sehari di Kota Banjarnegara

Tempat wisata terkenal di Purbalingga antara lain, Owabong yaitu tempat wisata air, kemudian ada Gua Lawa yang merupakan gua alam, Wisata Kebun Stroberi, Desa Wisata Karangbanjar, Kolam Renang Purbasari, Pancuran Mas, Gunung Slamet, Museum Uang, Museum Wayang Purbalingga, dan lain-lain.

Berbicara mengenai objek wisata terkenal Purbalingga, salah satu yang cukup menarik adalah Owabong. Tempat wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai tujuan berlibur untuk keluarga. Baik anak-anak maupun dewasa pasti menyukai air. Dan air yang ada di tempat ini merupakan air alami yang berasal dari mata air di kaki Gunung Slamet. Jadi, bisa dibilang air yang ada di kolam-kolam di tempat ini bebas dari kaporit.

Wahana permainan di Owabong Purbalingga

Di Purbalingga, Owabong sebenarnya adalah singkatan dari Obyek Wisata Air Bojongsari. Disebut demikian karena memang sumber air kolam renangnya berasal dari sumber air alami di desa Bojongsari yang merupakan salah satu mata air yang berasal dari lereng gunung Slamet. Owabong merupakan tujuan wisata murah meriah.  Bayangkan saja, untuk masuk dan menikmati berbagai obyek wisata yang ada, di hari biasa seperti hari Senin hingga hari Jumat, kita hanya perlu merogoh kocek Rp. 18.000. Di akhir pekan, tiket akan naik Rp. 5.000 menjadi Rp. 23.000. Bukan sebuah harga yang mahal jika kita bandingkan dengan berbagai wahana permainan yang ditawarkan di tempat ini. Selain lengkap dengan wahana permainan, keaslian dan kealamian alam di sekitarnya juga tetap terjaga. Hal tersebut terlihat dengan banyaknya pepohonan terutama pohon kelapa yang tumbuh subur dan cukup rindang.

Owabong Purbalingga

Kolam renang Olympic
Owabong Purbalingga

Kolam Ombak
Owabong Purbalingga

Kolam anak-anak
Owabong Purbalingga

Permainan outbond

Wahana permainan yang ada di tempat ini diantaranya adalah: kolam renang olympic, waterboom, ember tumpah, kolam arus atau lazy River, ombak buatan, kolam bebas tsunami, kolam sesat, kolam air, dan tersedia juga berbagai permainan seru seperti gokart, flying fox, rafting adventure atau arung jeram, wahana wisata anjungan dirgantara, serta tidak tidak ketinggalan juga kolam terapi ikan, kolam air panas dan teater 4D. Lengkap kan?

Fasilitas dan akomodasi Owabong

Fasilitas di tempat ini cukup lengkap mulai dari loker, toilet, mushola, dan berbagai toko serta warung yang menyajikan kuliner dan makanan ringan. Di Owabong juga tersedia tempat menginap yang terintegrasi dengan pusat permainan air yang ada di tempat ini.

Menginap di Owabong’s Cottage

Owabong Purbalingga

Owabong Cottage

Tempat menginap yang disediakan oleh Owabong bukan berupa hotel melainkan sebuah cottage. Alasan mengapa kita sebaiknya memilih menginap di tempat ini selain karena terintegrasi dengan pusat permainan air Owabong, cottage tersebut berada di sekitar pedesaan yang alam dan lingkungannya sangat alami, sangat asri, dikelilingi persawahan dan pemandangan yang sangat indah. Jadi, jika kita ingin menikmati suasana yang tenang untuk melepas ketegangan karena stres, menginap di cottae Owabong bisa menjadi pilihan tepat. Penghuni cottage, dapat dengan bebas menikmati wahana wisata air Owabong selama menginap di sana.

Baca juga: Aplikasi Traveling yang Menjadi Teman Perjalanan

Cotage Owabong dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi, kolam renang, meja resepsionis 24 jam, pendingin ruangan, TV kabel, pilihan air panas dan air dingin, serta sarapan dan berbagai tipe kamar. Jika anda menginap dengan keluarga sama di sini juga tersedia Family Room yang tarifnya hanya Rp. 500.000 per malam. Jika Anda membutuhkan extrabed, anda hanya perlu menambah Rp. 150.000 per malam. Kamar lain yang tersedia diantaranya adalah Juniar Cottage yang tarifnya sekitar Rp. 350.000 per malam. Bagi yang menginginkan pelayanan eksekutif, tersedia kamar VIP dengan tarif Rp. 850.000 per malam.

Untuk kebutuhan tertentu, tempat Wisata Owabong di Purbalingga juga dilengkapi dengan coffee shop, meeting room, melayani wedding, gathering, tersedia area outbond, permainan pinball, menyewakan mobil serta menyediakan tiket kereta api online.

4 Comments

Add a Comment
  1. Asik kolam renangnya. Trus kelihatan bersih pula. Sepertinya bakal puas berenang di sini. 🙂

    1. Iya Mba, tepat sekali buat liburan bersama keluarga dan anak2

  2. Wah kolam renangnya menyenangkan, belum pernah main ke Purbalingga akuh..

    1. Mampir sekali2 Mba……lumayan menarik tempat wisatanya kok……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015