Garis Batas

Traveling & Science Blog

Merasakan Kota Klasik Barcelona yang Modern

Barcelona, Spanyol adalah salah satu kota kalsik di dunia yang wajib kita kunjungi. Walaupun memiliki nuansa roman dan klasik, kota tersebut memiliki kemajuan teknologi yang modern. System tata kota, transportasi umum dan penataan lalu lintas tidak kalah dengan kota modern lainnya. Saya berkesempatan mengunjungi kota klasik Barcelona dalam rangka dinas dari perusahaan tempat bekerja. Di sini akan saya ulas pengalaman saya ketika berkunjung ke Barcelona, mudah-mudahan info Barcelona ini bisa menjadi referensi Anda yang juga akan berkunjung ke sana

Kota klasik BarcelonaDisamping tugas pekerjaan yang harus saya selesaikan, saya dan rekan kerja tidak menyia-nyiakan kesempatan datang ke Barcelona. Waktu-waktu senggang kami manfaatkan untuk berkunjung ke tempat-tempat menarik. Semuanya terasa semakin mudah dan menyenangkan dengan adanya City Tour Barcelona berupa bus yang akan mengantarkan kita ke berbagai tempat-tempat menarik.

City Tour Bus Hop-on Hop tersebut memiliki beberapa rute, salah satunya adalah East Rute yang ada melewati: Place Catalunya, Katedral Gotic, museum d’Historia de Catalunya, Barceloneta, Pelabuhan Olympic, Platja del Bogatell, La Nova Mar Bella, Forum, Glories-Torre Agbar, Sagrada Familia, Recinte Modernista de Sant Pau, Park Guell, Tibidabo, La Pedrera, dan Casa Batllo. Barcelona City Tour dioperasikan 2 perusahaan transportasi besar di Spanyol yaitu Group Moventis dan Julia Tours.

Untuk membeli tiket, kita bisa mengunjungi website www.barcelonacitytour.com. Tiket bisa dibeli secara online. Setelah membeli tiket secara online, kita akan mendapatkan tiket dalam bentuk voucher yang akan dikirimkan melalui email dan harus dicetak. Voucher tiket tersebut bisa kita tukarkan di bus atau di kantor pariwisata.

La Ramblas

Kota klasik Barcelona (La Ramblas)

La Ramblas

Salah satu tempat menarik yang kami datangi adalah La Ramblas. Tempat ini sangat menarik karena berada berada di pusat kota Barcelona. Jika di Jakarta Anda pernah pergi ke Pasar Baru Jakarta, La Rambla memiliki konsep yang sama, yaitu berupa 4 jalur pejalan kaki sepanjang 1.2km yang menghubungkan Placa the Catalunya dengan Monument Christhoper Colombus. Sepanjang jalur tersebut banyak ditemui pedagang-pedagang mulai dari fashion, pernak-pernik hingga souvenir. Selain itu, beberapa spot menarik dapat ditemui sepanjang La Ramblas, diantaranya adalah La Boqueria yaitu semacam pasar yang menjual bahan makanan segar, Museu de l’Erotica yaitu museum dewasa yang berisi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan seks dan erotisme, Centre d’Art Santa Monica yaitu berupa galery seni arsitektur kota Barcelona, dan masih banyak lagi spot menarik lainnya.

La Sagrada Familia

Kota klasik Barcelona (Sagrada Familia)

Sagrada Familia

Sagrada Familia sejatinya adalah gereja yang sangat indah dan merupakan salah satu karya Antoni Gaudi (arsitektur yang membangun kota Barcelona) yang pembangunannya tidak pernah selesai karena sang arsitektur meninggal dunia. Bangunan ini dihiasi dengan arsitektur dan seni yang sangat megah. memiliki salib bernuansa latin lengkap dengan 5 lengkungannya, terasa sangat simbolis. Di dinding-dinding gereja ini, terdapat gambar-gambar sejarah mengenai perkembangan Basilika sejak awal hingga saat ini. bagi yang tertarik untuk datang, mereka dianjurkan untuk membuat reservasi terlebih dahulu setidaknya 24 jam sebelum berkunjung.

 

National Art Museum

National Art Museum (Museum d’Historia de Catalunya) memiliki arsitektur bangunan yang sangat khas dengan menara dan kubah. Di depan bangunan tersebut terdapat empat pilar berukuran cukup besar. Museum ini buka setiap hari kecuali hari Senin tanggal 1 Januari, 1 Mei, dan 25 Desember.

National art museum Catalunya ini terletak di National Pallace of Montjuic. Di museum ini kita bisa menikmati berbagai koleksi lukisan mural Romawi yang sangat menarik dan eksotis . Karya seni lainnya seperti lukisan-lukisan yang berasal dari Renaisans, Baroque, Titia, dan Velazquez juga ada.

University of Barcelona

Kota klasik Barcelona (University of Barcelona)

University of Barcelona

Mungkin Anda akan merasa aneh kalau kami menyempatkan diri berjalan-jalan atau berwisata ke Universitat de Barcelona atau yang lebih dikenal dengan nama University of Barcelona. Sebenarnya Universitas Barcelona tidak hanya berupa bangunan untuk belajar mengajar, melainkan di sini juga terdapat gedung bersejarah. Untuk berkunjung, terlebih dahulu kita harus melakukan pemesanan. Disini kita akan dipandu oleh guide yang akan menunjukkan kita tempat-tempat menarik hingga sudut-sudut bangunan tersebut. Beberapa diantaranya adalah: ruang utama, Stairway Nobel, perpustakaan Filologi yang berisi buku-buku tua dan langka, dan lain-lain. Di University of Barcelona, kami belajar banyak hal mulai dari, desain arsitektur, mengetahui berbagai peristiwa penting, sejarah bangunan, dan belajar mengenai berbagai karya seni yang menghiasi ruangan-ruangan yang ada di tempat tersebut.

Tips berwisata ke Kota Klasik Barcelona

Berwisata ke Barcelona mengharuskan kita setidaknya menguasai bahasa setempat. Paling tidak, entery level lah. Karena rata-rata orang di Spanyol menggunakan bahasa Spanyol, bahkan anak mudanya juga banyak yang cenderung tidak menguasai bahasa Inggris. Jadi kalau Anda terpaksa harus bertanya sesuatu dengan bahasa Inggris, cobalah untuk melafalkannya pelan-pelan dan ikuti dengan isyarat.

4 Comments

Add a Comment
  1. Wow! Keren nih bisa plesiran ke Barcelona. Cape juga ya warganya ga bisa English 😀

    1. Iya…..warganya kebanyakan gak bisa English, jadi ya kita musti dikit2 menghapal kalimat2 yg sering digunakan aja :)…..

  2. Saya belum pernah ke Spanyol mas, tapi kyknya bakalan masuk wish list saya neh

    1. Amiin….mudah2an cepet terrealisasi ya Mba….:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015