Makanan yang Sesuai dengan Kondisi Mood Anda - Garis Batas
Kesehatan

Makanan yang Sesuai dengan Kondisi Mood Anda

on
June 30, 2016

Mood atau suasana hati seseorang biasanya berbeda-beda, tergantung dari apa yang sedang berada dalam pikiran orang tersebut, kadang bahagia di pagi hari, namun siang hari sudah merasa stress karena pekerjaan yang menumpuk. Ada orang yang jika stress akan memakan apapun dengan harapan sensasi nikmatnya makan akan mengurangi stress. Apakah cara tersebut sudah benar, mari kita membahas mengenai makanan yang paling sesuai dengan kondisi mood Anda.

Stress

mood-chocolatte

Cokelat (Pic by: Security under CC License)

Coklat, selain rasanya enak, ternyata juga dapat menekan tingkat stress seseorang. Makan coklat, terutama coklat hitam dapat meningkatkan kadar serotonin dan endorphin dan menekan hormon kortisol di otak. Kenaikan tingkat serotonin dan endorphin di otak  dapat membuat seseorang merasa bahagia. Penelitian menunjukan bahwa makan coklat selama 2 minggu menyebabkan rendahnya hormon stress kortisol di otak. Tapi ingat, coklat yang beredar saat ini kebanyakan juga memiliki kadar gula yang tinggi, walaupun dapat mengobati stress Anda, konsumsinya tetap harus dikontrol.

Lemot/Lola

mood-bayam

Bayam (Pic by: Unsplash under CC License)

Tidak konsentrasi, atau dalam bahasa sehari-hari biasa dibilang ‘lemot/lola‘ juga merupakan mood yang kadang-kadang timbul pada diri manusia. Kondisi ini dapat diatasi dengan cara memperbanyak makan makanan yang mengandung banyak folat atau vitamin B9. Folat sangat baik untuk berbagai fungsi tubuh, diantaranya adalah sebagai sintetis DNA dan pertumbuhan/perbaikan sell. Dengan demikian konsumsi makanan yang kaya dengan asam folat dapat meningkatkan konsentrasi, fungsi kognitif dan fungsi sosial pada otak. Makanan yang mengandung banyak folat diantaranya adalah kacang-kacangan dan sayuran terutama bayam.

Kesal/Mudah Tersinggung

Jika Anda merasa kesal, mudah tersinggung atau ngambek, artinya otak Anda kekurangan bahan bakar dan membutuhkan sumber energy tambahan. Makanan yang tepat untuk kondisi mood ini adalah kombinasi antara selai kacang dan apel. Kombinasi makanan ini dapat memberikan supply karbohidrat kompleks dan lemak yang aman dan tahan lama. Hal ini  tentunya dapat menjadi supply energy yang baik untuk otak Anda.

Gelisah

mood-salmon

Salmon (Pic by: James Bowe under CC License)

Ikan salmon adalah makanan terbaik saat Anda merasa gelisah. Selain mengandung asam lemak Omega-3, ikan salmon juga banyak mengandung protein dan vitamin B, yang mana dapat berfungsi sebagai bahan bakar neuron di otak. Ikan salmon mengandung tryptophan, yaitu asam amino yang dapat menurunkan hormon stress dan memberikan rasa ketenangan terhadap yang memakannya. Menurut penelitian di Universitas Ohio, mengkonsumsi 2.5 gram asam lemak Omega-3, dapat mengurangi kecemasan sekitar 20%. Lain dari itu, ikan salmon juga termasuk makanan lezat yang tentunya menyenangkan untuk dikonsumsi. Ikan salmon yang ditangkap dari alam liar lebih sehat dibandingkan dengan ikan salmon yang diambil dari peternakan ikan.

Marah

Jika Anda dalam kondisi marah, berarti Anda membutuhkan konsumsi makanan yang dapat menurunkan tingkat stress Anda secara cepat. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh American Journal, green tea adalah herbal yang cukup ampuh dalam menurunkan tingkat stress dengan cepat. Pada green tea, terdapat asam amino yang disebut dengan L-Theanine yang memiliki efek menenangkan bagi yang meminumnya. L-Theanine dapat memicu gelombang otak yang disebut dengan gelombang Alpha, yaitu gelombang yang biasa muncul pada saat orang dalam keadaan santai. Selain itu L-Theanine juga dapat meningkatkan serotonin dan dopamin di otak yang dapat menenangkan suasana hati.

Sedih

mood-susu

Susu (Pic by: Day Donaldson under CC License)

Saat sedih, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung banyak Vitamin D seperti susu rendah lemak. Sebenarnya belum dapat dipahami dengan jelas bagaimana proses di dalam tubuh antara vitamin D dengan tingkat depresi seseorang, namun kekurangan Vitamin D dapat menyebabkan seseorang mudah mengalami depresi.

Nah sekarang Anda sudah tahu, apa yang harus Anda konsumsi sesuai dengan mood Anda. Mulai sekarang, sediakan makanan-makanan di atas di lemari es Anda, agar Anda tetap dapat mengontrol mood Anda. (MM)

TAGS
RELATED POSTS

Leave a Comment