Garis Batas

Traveling & Science Blog

Otak yang Kuat dan Sehat? Ini Makanannya

makanan-otak

Ilustrasi makanan otak (Pic by: Sonny Abesamis under CC License)

Banyak diantara kita yang menyadari bahwa otak merupakan bagian penting dari kehidupan. Akan tetapi tidak banyak diantara kita yang secara khusus melakukan sesuatu untuk menjaga otak agar tetap prima dan agar tetap berfungsi dengan baik hingga kita berusia lanjut. Otak adalah organ penting yang harus kita jaga. Karena pada otak yang sehat dapat membuat mudah mengingat dan memory yang disimpan di dalam otak dapat bertahan lama. Organ ini bisa tetap sehat dan bisa berfungsi dengan baik untuk untuk mengingat dan berfikir apabila mendapatkan cukup oksigen, nutrisi, dan dilatih secara continue. Berbicara mengenai nutrisi atau makanan yang baik untuk meningkatkan kemampuan ingatan dan agar otak tetap bugar, kita bisa mengkonsumsi beberapa makanan berikut ini.

  1. Kacang-kacangan

Makanan selanjutnya yang sangat baik untuk membuat organ ini tetap bugar adalah kacang-kacangan seperti kacang almond yang banyak mengandung vitamin E, kemudian terdapat juga kandungan lemak tak jenuh tunggal serta vitamin dan mineral lainnya. Jika Anda ingin memiliki memori yang kuat, berbagai jenis kacang-kacangan terutama kacang almond bisa menjadi cemilan sehat untuk menjaga otak. Selain kacang almond, jenis kacang-kacangan yang lain seperti kenari, kacang tanah, kacang hijau, dan lain-lain, semuanya memiliki manfaat yang juga sama untuk menjaga dan menguatkan organ lunak ini.

  1. Terong

Banyak orang takut makan terong terutama kaum pria karena ada mitos yang mengatakan bahwa, apabila makan terong mereka akan memiliki stamina yang lemah. Padahal, manfaat terong apabila dikonsumsi setiap hari sungguh luar biasa. Terong bisa meningkatkan stamina dan bahkan sangat baik untuk organ lunak ini.

Terong secara khusus tercatat sebagai salah satu makanan yang baik untuk otak karena mengandung antioksidan yang akan melindungi membran sel otak.

  1. Brokoli

Sayur yang baik untuk otak lainnya adalah brokoli. Sayuran jenis ini tidak hanya baik untuk otak, sebenarnya baik juga untuk kesehatan secara menyeluruh. Kandungan kalium yang terdapat pada sayur brokoli dapat membantu sistem saraf dan berkontribusi cukup besar untuk membantu sel organ lunak ini agar bisa menyembuhkan diri sendiri dalam berbagai kasus misalnya seperti karena cedera. Namun selain brokoli, manfaat yang sama juga bisa kita dapatkan dari sayuran seperti, kembang kol atau kubis brussel.

  1. Bawang putih

Bawang putih merupakan makanan yang bisa berkontribusi untuk membantu meningkatkan fungsi otak, bawang putih juga dikenal sangat baik untuk mengencerkan darah serta meningkatkan aliran darah di seluruh tubuh. Kaitannya dengan organ lunak ini, apabila darah kita lancar, maka oksigen dan makanan seperti nutrisi akan tersalurkan dengan baik karena darah merupakan membawa makanan dan oksigen di tubuh kita.

Namun selain fungsi itu, ternyata bawang putih juga bisa membantu kita menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada otak. Radikal bebas tersebut biasanya dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti alzheimer atau kepikunan. Dan mengkonsumsi bawang putih secara rutin terutama saat dicampurkan dengan sayuran atau dijadikan bumbu, terbukti dapat mencegah dan memerangi tumor otak serta sangat efektif untuk membantu menghindari kondisi degeneratif.

  1. Telur

Telur merupakan makanan yang baik untuk otak lainnya. Makanan ini secara khusus mengandung kolin yang dipercaya dapat mencerdaskan otak. Telur, terutama bagian kuningnya dapat membantu menguatkan memori atau ingatan dalam jangka pendek. Sehingga, apabila kita secara rutin mengkonsumsi telur, kemampuan otak kita akan meningkat ketika digunakan untuk berfikir. Hal tersebut tidak lepas dari kandungan asam lemak omega-3 yang dimilikinya.

  1. Buah-Buahan Sitrus

Semua yang termasuk kedalam buah-buahan sitrus seperti buah jeruk, buah lemon, buah limau, dan termasuk juga grapefruit merupakan makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan organ lunak ini. Dalam beberapa studi ditunjukkan bahwa, orang yang mengkonsumsi jeruk setiap hari mengalami penurunan resiko terkena masalah kognitif lebih dari 2 tahun.

Selain konsumsi makanan yang memiliki nutrisi yang baik seperti paparan di atas, tentunya kita harus menghindari stress yang juga berpengaruh pada kesehatan otak Anda. Untuk cara-cara menghindari stress, dijelaskan pada artikel berikut: http://garisbatas.com/8-aktivitas-sehari-hari-yang-dapat-menghindarkan-anda-dari-stress/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015