Garis Batas

Traveling & Science Blog

Makanan Pemicu Jerawat

kacang tanah makanan pemicu jerawat

Kacang tanah (Pic by: Coffee under CC License)

Apa yang kita makan memiliki pengaruh sangat besar terhadap tubuh kita dan terutama kulit kita. Junk food seperti karbohidrat olahan, atau makanan yang banyak mengandung gula, selama Trans atau lemak tidak baik atau disebut juga lemak jahat, dan makanan-makanan yang tidak banyak mengandung gizi merupakan jenis-jenis dari makanan yang sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan kulit. Makanan tersebut biasanya dapat menyebabkan kulit berjerawat.

Namun tidak hanya itu, sebenarnya pola makan yang buruk juga dapat menyebabkan stres oksidatif dan peradangan yang pada gilirannya akan mengakibatkan kerusakan kolagen dan DNA sehingga kita akan terlihat lebih tua dibandingkan dengan usia kita sebenarnya.

Bagi Anda yang ingin tahu makanan pemicu jerawat yang sebaiknya dihindari agar kulit bisa tampak lebih mulus dan sehat, berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Susu
susu makanan pemicu jerawat

Susu (Pic by: Day Donaldson under CC License)

Mungkin tidak banyak diantara kita yang menyadari dan mengetahui bahwa susu merupakan minuman yang dapat menyebabkan kulit kita berjerawat. American Academy of Dermatology mengatakan bahwa ada hubungan antara mengkonsumsi susu dengan jerawat. Hal tersebut berdasarkan kandungan hormon yang terdapat di dalam susu yang dapat menyebabkan lonjakan produksi hormon jerawat. Jika Anda ingin tetap sehat saat mengkonsumsi susu, mungkin Anda bisa memilih beberapa jenis susu seperti susu beras, susu almond dan termasuk juga santan. sebaliknya, sebaiknya mengurangi mengkonsumsi susu sapi dan susu kedelai karena hal tersebut dapat menyebabkan jerawat.

  1. Gula

Gula juga merupakan makanan pemicu jerawat lainnya yang harus Anda hindari. Gula tidak hanya merugikan karena dapat menyebabkan tubuh kita mudah gemuk, melainkan dikenal juga sangat buruk untuk kulit. Jerawat yang dianggap sebagai sebuah kondisi peradangan mengharuskan kita untuk mengkonsumsi makanan-makanan anti inflamasi. Karena gula dianggap sebagai makanan yang pro-inflamasi. Namun itu bukan berarti Anda harus menghindari semua makanan makanan manis. Jika Anda membutuhkan sesuatu yang manis, sebenarnya Anda bisa mendapatkannya dari buah-buahan. Misalnya Dengan mengkonsumsi jus buah segar yang tidak ditambahkan gula atau pemanis. Bahkan, madu mentah merupakan pemanis alami yang sangat baik sebagai pengganti gula.

  1. Coklat
cokelat makanan pemicu jerawat

Cokelat (Pic by: Security under CC License)

Makanan lain yang dapat menyebabkan jerawat adalah coklat. Menurut seorang dokter kulit bernama Dr. Ava Shamban, coklat adalah penyebab jerawat karena mengandung lemak yang sangat tinggi. Lemak dapat meningkatkan produksi sebum dan dapat menyebabkan peningkatan inflamasi di dalam tubuh yang pada gilirannya akan membuat kulit berjerawat. Jadi Jika Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi coklat dan berjerawat, mungkin saja hal tersebut adalah pemicunya sehingga harus dihindari.

  1. Susu kedelai

Susu kedelai juga termasuk minuman yang dapat menyebabkan muka berjerawat. Jadi Jika Anda memiliki kulit berjerawat dipunggung, di bahu atau di wajah, sebaiknya hindarilah susu kedelai untuk menjaga agar kulit tetap sehat. Susu kedelai bisa menyebabkan jerawat karena ada kandungan estrogen alami yang terdapat di dalamnya. Itulah yang menyebabkan hormon estrogen di tubuh kita meningkat secara drastis dan kemudian menyebabkan kulit berjerawat.

  1. Kopi
kopi-makanan-pemicu-jerawat

Kopi (Pic by: shixugang under CC License)

Secangkir Kopi ternyata dapat menyebabkan kulit kita berjerawat. Ada asam organik yang terdapat di dalam biji kopi yang mampu meningkatkan kadar hormon kortisol di dalam tubuh. Dalam dunia medis, kortisol dikenal sebagai hormon stres yang bertindak seperti androgen. Hormon tersebut dapat menyebabkan rangsangan pada kelenjar sebaceous dan dapat menyebabkan peradangan.

Namun jika Anda adalah pencinta kopi, dan ingin tetap menikmati kopi tanpa harus khawatir berjerawat, Anda bisa beralih memilih kopi dengan kafein yang rendah.

  1. Makanan cepat saji

Hampir semua makanan cepat saji yang mengandung protein tinggi dapat memicu jerawat. dan makanan-makanan cepat saji juga biasanya banyak mengandung lemak sehingga sebaiknya dihindari.

Selain menghindari makanan penyebab jerawat, agar bebas jerawat, Anda juga dianjurkan mencuci muka dengan benar dan dengan cara yang sesuai dengan aturan untuk menghindari jerawat. Jalanilah gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga dan hindari rokok serta kebiasaan tidak sehat seperti, sering begadang, jarang beristirahat atau jarang minum air putih

  1. Kacang-Kacangan

Sejak dahulu orang mempercayai bahwa makan kacang-kacangan terutama kacang tanah dapat meyebabkan terjadinya jerawat. Kacang tanah mengandung 40-50% lemak, 27% protein dan sisanya terdapat kandungan karbohidrat, vitamin dan mineral. Kandungan protein yang terdapat pada kacang tanah jauh lebih tinggi dibanding kandungan protein yang terdapat pada daging atau telur. Hal ini yang menyebabkan orang yang memiliki kecenderungan alergi terhadap protein menjadi timbul jerawat setelah mengkonsumsi kacang tanah. Selain itu, kacang tanah juga mengandung banyak minyak yang tentunya semakin meningkatkan resiko berjerawat bagi orang yang mengkonsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015