Garis Batas

Traveling & Science Blog

Lapisan Emas 24 Karat di Menara Masjid Kubah Emas

masjid kubah emas

Masjid Kubah Emas

Salah satu wisata religi mirip Taj Mahal di kawasan Depok yang cukup fenomenal adalah Masjid Dian Al Mahri atau yang bisa disebut Masjid Kubah Emas. Masjid ini berdiri di atas kawasan Islamic Center seluas kurang lebih 70 hektar yang berisi Masjid ini sendiri serta akan dibangun lembaga dakwah, pesantren dan kawasan rumah tinggal. Masjid ini sendiri mampu menampung kurang lebih 20 ribu jemaah.

Sejarah Masjid Kubah Emas

dsc_0387Semua pengunjung yang datang ke Masjid Kubah Emas pasti akan bertanya, siapakah yang membangun masjid tersebut? Dari beberapa sumber yang saya dapatkan, didapatkan info yang membangun masjid tersebut bernama Ibu Hajah Dian Djuariah Maimun Al Rasyid. Siapakah Ibu Dian? Beliau adalah seorang pengusaha muslimah yang sangat murah hati dan dermawan. Ibu Hajah Dian memiliki banyak perusahaan, salah satunya adalah tambang minyak di Brunai. Setiap keuntungan usaha yang dia dapat, selalu disedekahkan dalam jumlah setengahnya. Karena kemurahan hatinya ini, maka usahanya semakin maju dan berkembang. Rezeki yang didapat selalu mengalir bahkan terkadang tanpa terduga-duga, termasuk usaha tambang di Brunai ini pun sebenarnya sama sekali tidak direncanakan. Awalnya Ibu Hajah Dian hanya membeli sebidang tanah di Brunai, namun dikemudian hari, ahli pertambangan menemukan bahwa tanah tersebut memiliki sumber minyak bumi sehingga dibangunkah pertambangan minyak di sana. Dari hasil pertambangan minyak ini, Ibu Hajah Dian menjadi seorang milyader. Namun demikian, sifat kemurahan hati dan kedermawanannya tetap dipertahankan. Dari hasil tambangnya ini beliau tetap berkomitment untuk tetap menyedekahkan separuh dari keuntungannya. Salah satu hasil dari kemurahan hatinya ini adalah dibangunnya Masjid Kubah Emas yang mulai dibangun pada tahun 1999 dan merupakan salah satu masjid termegah di kawasan Asia Tenggara. Yang menarik, saat pembangunan masjid ini tidak diketahui oleh masyarakat sekitar, masyarakat mengetahui setelah masjid ini benar-benar sudah dibuka untuk umum pada tahun 2006.

Kemegahan Masjid Kubah Emas

dsc_0355Luas masjid ini sekitar 8000m2 terdiri dari beberapa ruangan, diantaranya adalah ruangan sholat utama, mezanin, lobby, ruang sepatu dan ruang wudhu. Kubah utama berdiameter 20m dan tingginya 25m, dikelilingi oleh 4 kubah lainnya yang berdiameter 7m dan ketinggian 8m. Yang menjadi ciri khas masjid ini adalah semua kubahnya dilapisi dengan emas setebal kurang lebih 3mm.

Lapisan emas bukan hanya berada di kubahnya saja, tapi hiasan kaligrafi, atap tempat imam, pagar dan pilar juga dilapisi oleh emas 18 karat. Masjid ini memiliki 6 menara berketinggian 40m. Puncak setiap menara bahkan terdapat kubah kecil yang dilapisi emas 24 karat. Selain dilapisi emas, hiasan-hiasan di masjid tersebut juga menggunakan granit import yang sangat mahal berasal dari Eropa. Bentuk masjid Kubah Emas ini mirip seperti bentuk-bentuk masjid di Persia, atau berkesan seperti bentuk Taj Mahal.

Di tengah-tengah ruang utama, terdapat lampu kristal gantung import yang beratnya mencapai 8 ton. Langit-langit di dalam kubah dihiasi dengan lukisan langit yang warnanya selalu berubah akibat modifikasi tata cahaya.

Di luar masjid, disediakan tempat parkir seluas 7000m2 yang dapat digunakan oleh kurang lebih 300 kendaraan roda empat atau 1400 kendaraan roda dua. Di seberang masjid, terdapat ruangan serbaguna yang fungsinya untuk para pengunjung beristirahat.

Peraturan Masjid Kubah Emas

Ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh para pengunjung untuk tetap menjaga kenyamanan ibadah di kawasan masjid, diantaranya adalah pengunjung dilarang memasuki menara masjid, pengunjung dilarang membawa makanan dan minuman di kawasan masjid dan alas kaki harus dititipkan ke penitipan sandal/sepatu jika akan memasuki area masjid. Selain itu, pakaian pengunjung juga diwajibkan mengenakan pakaian yang menutup aurat (khusus wanita wajib menggunakan kerudung/jilbab). Pengunjung dapat mengunjungi masjid ini setiap hari dari jam 10 pagi hingga jam 8 malam dan untuk sholat Subuh dibuka hingga jam 7 pagi, kecuali hari Kamis, masjid ini ditutup untuk umum karena pada hari kamis digunakan untuk kegiatan persiapan sholat Jumat keesokan harinya.

Lokasi Masjid Kubah Emas

Lokasi tepatnya masjid ini berada di Jalan Maruyung Raya, Kelurahan Maruyung, Kecamatan Limo, Depok. Bagi kendaraan pribadi yang akan berkunjung ke masjid ini bisa langsung ke lokasi melalui Cinere, namun untuk yang menggunakan kendaraan umum, bisa naik angkot D102 dari Cinere yang bisa turun di depan Masjid Kubah Emas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015