Garis Batas

Traveling & Science Blog

Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Jantung

minyak-zaitun

Minyak zaitun (Pic by: Stevepb under CC License)

Ada banyak studi yang dilakukan oleh para ahli untuk menemukan manfaat dari berbagai makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Bahkan makanan dan minuman yang jarang kita temui juga tidak luput dari bahan studi. Salah satunya yang pernah dilakukan penelitian oleh para ahli adalah penelitian terhadap khasiat minyak zaitun atau olive oil. Hasil penelitian menunjukan bahwa olive oil atau minyak zaitun ternyata juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh prosiding National Academy of Science menemukan beberapa efek yang dihasilkan oleh minyak zaitun terhadap kesehatan jantung dari tikus-tikus yang dijadikan sebagai percobaan. Walaupun masih sebatas percobaan pada tikus, namun sangat mungkin hal tersebut juga berlaku bagi manusia.

Mengapa minyak zaitun bisa sangat baik bagi jantung kita?

Khasiat minyak zaitun ini untuk kesehatan jantung bisa didapatkan karena, orang yang melakukan diet tinggi lemak atau yang dikenal juga dengan sebutan diet meditarenia akan mendapatkan sejumlah manfaat untuk kesehatan jantungnya. Para peneliti menemukan bahwa lemah juga bisa membantu kesehatan jantung.

Lemak sehat yang terdapat di dalam minyak zaitun serta nitrit dan nitrat yang terdapat di dalam sayuran seperti wortel, seledri dan bayam apabila digabungkan dapat menciptakan lemak baik atau senyawa asam lemak nitro yang memiliki efek sangat baik terhadap pembuluh darah. Gabungan tersebut juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan dipercaya sebagai komponen kunci dari kesehatan jantung manusia.

Khasiat minyak zaitun untuk kesehatan

  1. Baik untuk sistem kardiovaskular

Minyak zaitun adalah salah satu sumber lemah yang dapat membantu menyehatkan sistem kardiovaskular lebih baik dibandingkan dengan makanan lainnya. Dengan begitu, beberapa penyakit seperti hipertensi, hiperlipidemia, stroke dan kolesterol serta trigliserida bisa ditekan apabila kita secara rutin mengkonsumsi minyak zaitun.

  1. Mengurangi resiko stroke

Selain bermanfaat untuk jantung, olive oil atau minyak zaitun yang sarat akan gizi memiliki manfaat untuk kesehatan lainnya perlu Anda tahu. Minyak zaitun dapat membantu mencegah stroke. Hal tersebut berdasarkan laporan jurnal neorologi dari University of Bardeaux and The National Institute of Health and Medical Research.

Mereka yang secara teratur mengkonsumsi minyak zaitun akan mengalami penurunan resiko terkena stroke hingga 41%, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengkonsumsi minyak zaitun sama sekali.

  1. Mengurangi resiko depresi

Selain itu, minyak zaitun yang disajikan atau dicampurkan dengan makanan seperti kue, salah, dan lain-lain, ternyata juga dapat menurunkan resiko depresi. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Las Palmas De Gran Canaria di Spanyol.

  1. Mencegah kanker payudara

Khasiat minyak zaitun untuk kesehatan lainnya adalah, bisa mengurangi resiko kanker payudara. Tim ilmuwan di Universitas Autonoma De Barcelona di Spanyol menemukan bahwa minyak zaitun bisa melindungi tubuh seorang perempuan terhadap kanker payudara. Minyak tersebut secara khusus dapat mengurangi aktivitas sel-sel kanker atau tumor payudara mencegah kerusakan DNA, menyebabkan kematian tumor, serta mengurangi aktivitas onkogen.

  1. Menurunkan kolesterol jahat

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang menunjukkan bahwa minyak zaitun bisa membantu menjaga kadar kolesterol agar tetap berada dalam tingkat yang sehat. Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa mereka yang memiliki penyakit kolesterol, mengalami penurunan LDL atau kolesterol jahat. Dan secara khusus, minyak zaitun juga mempengaruhi spektrum lipoprotein.

  1. Manfaat lainnya

Manfaat lainnya minyak zaitun untuk kesehatan diantaranya adalah: dapat mencegah penyakit alzheimer, penyakit pankreatitis akut, dan bisa juga melindungi organ hati.

1 Comment

Add a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015