Garis Batas

Traveling & Science Blog

8 Keterampilan Khusus yang Harus Diajarkan kepada Anak untuk Bekal Hidupnya

keterampilan khusus

Ilustrasi orang tua mengajar keterampilan khusus (Pic by: Peter Merholz under CC License)

Setiap orang tua bertanggung jawab terhadap masa depan anaknya. Apa yang diajarkan oleh orang tua, menentukan bagaimana kondisi anak tersebut di saat dewasa. Tidak semua pendidikan anak didapat dari sekolah. Adalah sangat salah jika orang tua bergantung hanya kepada sekolah untuk pendidikan anaknya. Banyak pendidikan dan keterampilan penting yang tidak didapat hanya dari sekolah untuk anak dapat menghadapi kehidupan di saat dewasa nanti. Di luar pendidikan Agama, Budi Pekerti dan Pendidikan Sekolah, masih banyak keterampilan dan kemampuan tambahan penting yang harus diajarkan kepada anak. Dalam hal ini, orang tualah yang harus berperan dalam mengarahkan kebutuhan keterampilan khusus tersebut. Dalam menyambut Hari Anak Nasional Indonesia 23 Juli mendatang, mari kita bahas keterampilan apa saja yang harus diajarkan orang tua sebagai bekal anaknya ketika dewasa nanti:

Keterampilan Memasak

Tidak perduli laki-laki atau perempuan, semua anak harus diberikan pendidikan keterampilan memasak. Tidak perlu menjadikan anak-anak untuk menjadi seorang koki terkenal, cukup keterampilan dasar memasak yang paling tidak dia dapat memasak untuk  kebutuhannya sendiri pada saat orang tua tidak ada. Memasak juga juga dapat mendidik anak agar mengetahui masakan seperti apa yang baik untuk kesehatan. Tidak perlu memanggil guru khusus memasak dalam mengajari keterampilan ini, cukup libatkan anak pada saat orang tua sedang memasak di rumah dapat menumbuhkan keterampilan khusus tersebut.

Keterampilan Mencuci Pakaian

Mencuci adalah salah satu keterampilan khusus yang wajib untuk dapat dilakukan oleh semua anak-anak. Dengan mengajari anak-anak mencuci pakaiannya sendiri, secara tidak langsung juga mengajari anak kita untuk bisa mandiri dan mengerti arti kebersihan. Hingga suatu saat jika anak harus berpisah dengan orang tua, anak sudah siap.

Keterampilan P3K

Anak-anak harus diajarkan bagaimana caranya pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan, baik terjadi pada dirinya maupun pada orang lain. Sehingga jika terjadi kecelakaan kecil pada saat anak-anak bermain, anak-anak mengerti apa yang harus dilakukan. Pendidikan keterampilan khusus ini juga dapat menumbuhkan jiwa social anak-anak dalam hal menolong sesame teman.

Keterampilan Bertahan Hidup di Alam (Survival Skills)

Pada umumnya orang tua sekarang sering sekali mengajak anak-anak berjalan-jalan di mall, namun sebenarnya perlu sekali-kali mangajak anak mengikuti kegiatan alam bebas seperti berkemah, mendaki gunung, menyusuri sungai, atau kegiatan lainnya. Anak perlu diajari bagaimana cara membangun tenda, membakar api unggun untuk memasak, bertahan saat hujan di alam bebas, dan lain-lain. Keterampilan ini dapat mendidik anak untuk bisa lebih mandiri dan tidak manja. Selain itu, kegiatan alam juga dapat mengajari anak-anak bagaimana bersyukur kepada Sang Pencipta.

Keterampilan Pertahanan Diri

Orang tua tidak selalu berada di dekat anak-anak untuk dapat melindungi mereka. Karena itu sangat penting untuk memberikan keterampilan pertahanan diri pada mereka. Biasanya program-program pertahanan diri terdapat pada extra kurikuler sekolah, orang tua cukup mendaftarkan anaknya pada program tersebut. Keterampilan ini juga dapat menumbuhkan keberanian dan kepercayaan diri anak.

Kemampuan Mengelola Uang

Kemampuan ini sangat berguna bagi anak-anak saat dewasa kelak. Anak perlu diajarkan bagaimana menabung, mengelola uang agar cukup dalam waktu tertentu dan bagaimana menghitung uang yang dibutuhkan untuk kebutuhannya di masa depan.

Kemampuan Mengelola Waktu

Kemampuan mengelola waktu dapat ditumbuhkan melalui kegiatan anak sehari-hari. Anak perlu diajarkan jam berapa dia harus bangun pagi untuk bersekolah, jam berapa dia harus belajar dan mengerjakan PR, makan, bermain dan kembali tidur untuk beristirahat. Hal tersebut juga melatih disiplin anak serta mengajari anak bagaimana menghargai waktu.

Keterampilan Berenang

Berenang juga menjadi salah satu keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap anak. Biasanya, bila seseorang tidak pernah dilatih untuk berenang hingga dewasa, maka seterusnya dia tidak akan bisa berenang, sehingga lebih baik berenang diajarkan sejak kecil. Berenang dapat menyelamatkan dirinya maupun orang lain saat berada dalam aktivitas air.

Masih banyak keterampilan dan kemampuan lainnya yang dapat diberikan kepada anak, namun hal di atas adalah paling minimal kemampuan anak yang wajib dimiliki oleh setiap anak, hal tersebut adalah tanggung jawab orang tua, entah dengan cara mengajar sendiri di rumah, aktivitas sehari-hari maupun mendaftarkan anak dalam suatu program latihan. Semoga dapat menjadi referensi Anda dalam mendidik anak. (MM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015