Garis Batas

Traveling & Science Blog

Kesan Romantis di Balik Eksotisme Pantai Kuta Bali

Sunset di Pantai Kuta Bali

Sunset di Pantai Kuta

Salah satu destinasi populer yang menjadi icon pulau Bali adalah Pantai Kuta Bali. Setiap orang yang pergi berlibur ke pulau Bali, hampir dipastikan menjadikan pantai ini menjadi tujuan utama. Pantai Kuta yang memiliki eksotisme dan keindahan yang menakjubkan, tidak hanya dikenal oleh wisatawan domestik, namun pantai ini juga dikenal oleh banyak wisatwan manca negara. Pasir putih dan deburan ombak samudra Hindia melengkapi keindahan pantai tersebut. Apalagi saat hari menjelang sore, panorama peristiwa terbenamnya matahari (sunset) menimbulkan kesan romantis saat berada di pantai tersebut. Banyak wisatawan sengaja datang di sore hari demi mendapatkan moment pemandangan cantik tersebut. Di sepanjang pantai banyak terdapat pohon kelapa yang juga menambah keindahan pantai ini.

Sejarah Pantai Kuta Bali

Sejenak kita kembali ke abad 14 untuk mengenal sejarah dari Pantai Kuta ini. Awalnya, pasukan Majapahit yang dipimpin oleh Gajah Mada sering mendarat di bagian Selatan pantai ini, sehingga menyebabkan daerah ini berubah menjadi sebuah pelabuhan kecil yang disebut dengan Pantai Perahu karena banyak perahu yang singgah di pantai tersebut. Lambat laun, banyak pedagang dari luar pulau Bali yang singgah di pantai tersebut, sehingga akhirnya pantai tersebut berubah menjadi sebuah pusat perdagangan atau pelabuhan dagang. Hingga ada sebuah buku berjudul Praise to Kuta karya seorang penulis dan jurnalis dari Selandia Baru bernama Hugh Mabbett yang berisi ajakan kepada masyarakat sekitar pantai tersebut untuk membangun akomodasi dan fasilitas untuk mendukung Pantai Kuta menjadi tempat wisata. Buku tersebut akhirnya menginspirasi banyak orang untuk membangun Pantai Kuta menjadi tujuan wisata hingga sekarang ini. Asal usul nama Kuta sendiri yang artinya benteng pada awalnya adalah nama daerah diantara dua pelabuhan kecil daerah Selatan (Tuban) dan Utara (Canggu). Nama-nama tersebut juga diberikan oleh sang Patih Gajah Mada pada saat itu.

Wisatawan Manca Negara di Pantai Kuta Bali

Wisatawan Manca Negara di Pantai Kuta

Di awal 1960an, kawasan pantai Kuta adalah pantai yang dianggap angker, karena di sekitar pantai tersebut banyak sekali lokasi-lokasi perkuburan. Saat itu jarang ada penduduk lokal yang berani melintas pantai tersebut di malam hari. Hal tersebut justru dimanfaatkan oleh para wisatawan manca negara untuk berlaku bebas di sepanjang pantai. Bahkan di siang hari banyak wisatawan manca negara yang sama sekali tidak mengenakan pakaian berjemur di pinggir pantai. Hingga di tahun 1970an, mulai dibuat peraturan dan tata tertib sehingga para wisatawan tidak dapat berbuat seenaknya dan harus berlaku sopan.

Di tahun 2002 dan 2005 pernah terjadi peristiwa bom Bali yang menyebabkan pariwisata di sana sempat terhenti karena kekhawatiran wisatawan manca negara terhadap situasi keamanan di sana. Namun saat ini lambat laun geliat wisata sudah kembali normal.

Kegiatan Menarik di Pantai Kuta Bali

Berenang dan Berselancar di Pantai Kuta Bali

Berenang dan Berselancar di Pantai Kuta

Karena suasana yang tenang, nyaman dan berkesan romantis, pantai ini terkenal menjadi tujuan utama para pasangan yang sedang berbulan madu. Selain duduk-duduk sambil menikmati keindahan panorama sekitar, ada banyak kegiatan lain yang menarik di sekitar pantai, seperti berenang di sepanjang pantai, berjemur di panas matahari dan bermain layang-layang. Ombak di pantai ini juga sangat ramah untuk kegiatan berselancar bagi pemula. Ada banyak jasa penyewaan selancar di sepanjang pantai.

Menjelang sore hari, biasanya para wisatawan tidak akan melewatkan moment sunset dengan selfie atau berfoto. Di malam hari, pantai ini juga tidak kalah cantiknya, namun kegiatan seperti berenang dan berselancar tidak diperbolehkan.

Penginapan dan Restoran Sekitar Pantai Kuta Bali

Untuk mencari penginapan dan restoran sekitar Pantai ini, tidaklah terlalu sulit. Sepanjang pantai sudah banyak hotel dan restoran mulai dari kelas melati hingga hotel berbintang yang dibangun di sana. Namun jika berwisata ke Pantai Kuta di saat musim liburan atau peak session, sebaiknya melakukan pemesanan jauh-jauh hari sebelumnya. Untuk pemesanan dapat dilakukan melalui website tiket.com

Rute Menuju Pantai Kuta Bali

Pantai ini kira-kira berjarak 10km dari pusat kota Denpasar. Atau jika Anda dari luar pulau Bali, jarak pantai ini ke bandara I Gusti Ngurah Rai hanya sekitar 3km saja, atau hanya ditempuh dalam waktu kurang lebih 15 menit saat jalanan tidak terlalu macet. Menuju ke lokasi, dapat menggunakan transportasi umum seperti bus, taxi dan angkot. Di kawasan pantai kuta sendiri terdapat shuttle dan delman yang dapat mengantarkan Anda ke lokasi tujuan.

2 Comments

Add a Comment
  1. Wah ini kuta kapan ?
    Terakhir saya kesini kotor banget

    1. Ini sekitaran tahun 2015 Mba, biasanya kotor setelah ada peak session……karena para wisatawan yang gak care terhadap kebersihan……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015