Garis Batas

Traveling & Science Blog

Kerugian dan Manfaat Teh dan Kopi untuk Kesehatan

kerugian dan manfaat teh dan kopi

Teh dan Kopi (Pic by Pixabay)

Teh dan kopi adalah 2 minuman yang cukup populer dan banyak diminati oleh masyarakat di seluruh dunia. Tidak heran apabila kegiatan minum teh atau minum kopi bisa kita temukan diberbagai tempat mulai dari warung warung kaki lima hingga restoran. Bahkan di rumah-rumah, teh dan kopi merupakan dua minuman wajib yang selalu tersedia.

Ada banyak keuntungan minum teh dan kopi yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan. Namun di samping beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan meminum teh maupun kopi, ada juga beberapa efek samping yang perlu kita waspadai.

Manfaat minum kopi untuk kesehatan

  1. Mencegah alzheimer

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang terutama karena penyakit ini menyerang para lansia. Alzheimer sangat mirip dengan kepikunan di mana kita akan kehilangan beberapa memori pada saat memasuki usia diatas 65 tahun.

Namun kopi, ternyata merupakan salah satu minuman yang bisa mengurangi resiko penyakit alzheimer apabila kita secara rutin mengkonsumsinya.

  1. Menurunkan resiko diabetes tipe 2

Penyakit diabetes adalah penyakit lain yang umum kita temukan baik itu karena faktor genetik ataupun karena gaya hidup yang kita jalani. Setidaknya 300 juta orang di seluruh dunia mengalami penyakit diabetes tipe 2. Para peminum kopi diyakini memiliki resiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit ini.

  1. Meningkatkan metabolisme

Kopi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan metabolisme. Sehingga, akan sangat cocok apabila dikonsumsi sebelum berolahraga.

  1. Melindungi hati

Organ hati di dalam tubuh kita bisa dilindungi oleh beberapa zat yang ada di dalam kopi. Zat tersebut akan menghindarkan kita dari berbagai penyakit pada organ hati seperti penyakit hepatitis, penyakit sirosis, dan penyakit lainnya. Minum kopi setiap hari setidaknya 3 hingga 4 cangkir akan berdampak pada penurunan resiko terkena penyakit sirosis sehingga 80%.

  1. Menurunkan resiko stroke

Banyak orang sudah tahu bahwa kopi merupakan salah satu minuman yang dapat membantu menaikkan tekanan darah. Apabila diminum secara rutin kopi bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke.

  1. Obat sakit kepala

Jenis obat-obatan untuk mengatasi sakit kepala sebenarnya diberikan bahan dasar berupa kafein. Karena kopi juga mengandung sejumlah kafein, maka minum kopi bisa dimanfaatkan untuk mengobati beberapa gejala sakit kepala.

Kerugian minum kopi

Disamping keuntungan yang kita dapatkan apabila secara rutin minum kopi ada juga sejumlah kerugian yang akan kita dapatkan. Diantaranya adalah: Kopi dapat menyebabkan detak jantung meningkat, menurunkan daya tahan tubuh, menyebabkan asam lambung, menyebabkan naiknya kadar trigliserida, bisa membuat seseorang kesulitan untuk tidur atau mengalami insomnia, dapat menyebabkan seseorang gelisah, dan karena minuman ini merupakan minuman diuretik, kopi juga dapat meningkatkan produksi urin.

Beberapa efek lain yang perlu diwaspadai apabila terlalu banyak minum kopi diantaranya adalah: Dapat menyebabkan kemandulan, dapat menyebabkan pengeroposan tulang atau osteoporosis, dapat menyebabkan endometriosis, pembesaran pembuluh darah, kram otot, perubahan hormon, sembelit, penurunan kadar Hb dan lain-lain.

Keuntungan minum teh

Ada banyak jenis teh yang kita kenal mulai dari teh daun sirsak, teh mawar, teh herbal, teh hijau, dan teh-teh yang lainnya. Kita sudah sering mendengar manfaat dari teh hijau terutama untuk langsingkan tubuh dan untuk meningkatkan kecantikan. Akan tetapi, secara umum ada beberapa manfaat dari minum teh yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Mengurangi resiko serangan jantung

Selain kopi minum beberapa cangkir teh setiap hari juga bisa mengurangi resiko terkena serangan jantung.

  1. Mencegah diabetes

Apabila rajin minum kopi kita akan terhindar dari diabetes tipe 2. Akan tetapi apabila kita rajin minum teh, resiko terkena diabetes tipe 1 akan berkurang.

  1. Terhindar dari kanker paru-paru

Khusus untuk teh hijau kemang jenis teh ini dipercaya bisa melindungi kita dari berbagai jenis kanker dan salah satunya adalah kanker paru-paru.

  1. Meningkatkan imun tubuh

Berbagai jenis seperti teh yang kita kenal memiliki dampak yang positif bagi kesehatan apabila diminum secara rutin. Dan secara khusus, teh bisa meningkatkan imun tubuh karena mengandung sejumlah antioksidan.

  1. Manfaat lainnya

Beberapa manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dari teh diantaranya adalah, dapat membantu mengobati sakit kepala karena mengandung kafein, bisa membantu menenangkan otak, menurunkan kadar kolesterol, menyehatkan jantung, menyehatkan mata, dan dapat membantu memperkuat tulang dan gigi.

Kerugian minum teh

Beberapa hal yang perlu diwaspadai apabila terlalu sering minum teh diantaranya adalah: dapat menyebabkan seseorang terkena anemia, bisa menyebabkan diare, dapat menyebabkan batu ginjal, minum teh juga dapat menyebabkan sakit maag, bisa mengurangi nafsu makan, menyebabkan iritasi pada tenggorokan, bisa juga menyebabkan dehidrasi karena minuman ini adalah minuman diuretik, serta bisa juga menyebabkan resiko penyakit kanker dan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015