Garis Batas

Traveling & Science Blog

10 Jenis Social Media yang Merubah Gaya Hidup Manusia

social media

Social Media (Pic by: mkhmarketing under CC License)

Social media (medos) sudah ada sejak lama, sejak mulai munculnya internet. Namun, media sosial digunakan secara luas salah satunya adalah sejak kemunculannya aplikasi chatting seperti mIRC, Yahoo Messenger! dan Friendster. Namun saat ini, perkembangan sosial media dan kemunculan sosial media yang baru menyebabkan berbagai gaya hidup mulai berubah. Apabila dahulu kita hanya berkirim pesan menggunakan surat atau menggunakan faximile jika sangat mendesak, saat ini, dengan adanya aplikasi messenger kita akan dengan mudah mengabarkan sesuatu, misalnya menggunakan SMS, dengan chatting, atau langsung dengan telepon.

Mengubah Gaya Hidup

Ngomong-ngomong soal social media, saat ini ada beberapa yang cukup populer yang sangat berpengaruh terhadap gaya hidup kita saat ini. Berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. WhatsApp

Dari sekian aplikasi chatting yang paling banyak diminati, WhatsApp bertengger di paling atas. Tidak berlebihan mengingat aplikasi ini sekarang tersedia untuk diunduh tanpa biaya alias gratis dan bisa di-install di berbagai jenis gadget mulai dari laptop dengan menggunakan web client, tablet, dan smartphone dengan berbagai sistem operasi mulai dari Android, Windows Phone, dan lain-lain.

Sejak kemunculan social media WhatsApp, ada banyak kebiasaan kita dalam berinteraksi yang berubah. Salah satunya adalah penggunaan email. Berkirim pesan dengan menggunakan email memang sangat menyenangkan karena bisa sampai dalam waktu singkat dilengkapi dengan fitur attachment, word format, bisa dibentuk dengan mudah menggunakan bahasa HTML, dan lain-lain.

Namun perlahan, email sudah banyak ditinggalkan untuk mengirim pesan dan surat bersamaan dengan kehadiran WhatsApp. Karena WhatsApp bisa melakukan banyak hal, mulai dari berkirim pesan, melakukan panggilan telepon, bisa dimanfaatkan untuk mengirim video, gambar, data, dan bahkan suara.

  1. Skype

Sejak dahulu kita banyak mengandalkan telepon tradisional untuk berinteraksi secara online atau hanya untuk sekedar menanyakan kabar. Walaupun dahulu sudah ada fasilitas 3G untuk melakukan video call, namun biayanya mahal membuat orang banyak beralih menggunakan Skype.

Telepon tradisional tidak cukup memuaskan sehingga banyak orang yang memilih menggunakan layanan seperti Skype untuk langsung berbicara sambil bertatap muka. Apalagi dengan kemunculan smartphone yang dilengkapi kamera depan yang memiliki kualitas baik serta munculnya banyak jaringan Wi-Fi membuat panggilan menggunakan Skype semakin murah dan semakin menyenangkan.

  1. Facebook

Nongkrong bareng dengan teman-teman memang menyenangkan. Namun saat ini, ada banyak orang yang lebih cenderung memilih berinteraksi di Facebook untuk saling mengomentari, bertegur sapa dan lain sebagainya. Jadi, jangan heran apabila lebih banyak orang yang “menunduk” menatap gadget mereka saat berada di restoran, di sekolah, di meja makan, bahkan tidak jarang juga yang berinteraksi dengan menggunakan sosial media Facebook di jalanan.

Dengan social media Facebook, kebiasaan kumpul bareng untuk mengenal keluarga yang satu dengan yang lainnya jadi semakin mudah tanpa harus datang ke suatu tempat yang memakan biaya banyak serta waktu tidak sedikit.

  1. Twitter

Mungkin Bapak dan Kakek kita ada yang masih terbiasa membaca koran. Tapi tidak halnya dengan anak-anak muda saat ini. Mereka cenderung lebih suka bergaul dan berinteraksi di sosial media. Dan dari sosial media, mereka akan mendapatkan banyak informasi layaknya sebuah koran. Bahkan, lebih uptudate. Jadi jangan heran kalo anak muda sekarang tidak membaca koran namun juga tahu informasi terbaru.

  1. LinkedIn

Mungkin tidak banyak diantara kamu yang mengenal aplikasi media yang satu ini. Bagi para profesional, LinkedIn tentu saja sangat berharga. Karena social media ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk meng-hire karyawan. Ya, tidak salah lagi, ada banyak orang yang mempromosikan dirinya sendiri dengan menunjukkan berbagai demo keahlian yang mereka miliki baik melalui video dan lain-lain. Sehingga akan dengan mudah kita menemukan orang-orang yang tepat sesuai dengan yang kita butuhkan untuk dijadikan sebagai karyawan. Dengan kata lain, dengan adanya LinkedIn, orang tidak lagi melamar pekerjaan dengan membuat aplikasi serta mendatangi kantor-kantor atau perusahaan di mana mereka ingin bekerja.

  1. Instagram dan Path

Kedua media sosial ini sangat populer sebagai tempat untuk pamer foto, terutama foto diri sendiri alias foto selfie. Kebiasaan atau kecenderungan selfie membuat banyak diantara kita yang tidak malu-malu selfie di tempat umum, selfie sambil makanan, selfie dengan hewan-hewan, atau selfie dengan kejaidan langka, dll.

Penggunaan kamera pun kemudian beralih fungsi. Apabila sebelumnya kamera lebih banyak digunakan untuk mengabadikan momen dan mengambil objek yang menarik, saat ini kamera cenderung lebih banyak digunakan untuk mengambil foto selfie.

Jadi jangan heran juga apabila kamu melihat banyak orang yang menghabiskan banyak waktu untuk selfie dibandingkan dengan mengagumi dirinya di depan kaca.

Selain itu, Instagram dan Path juga bisa membantu untuk berjualan secara online, barang yang dijual bisa dipamerkan dalam bentuk gambar.

  1. SoundCloud

Dahulu kita cenderung rajin mengoleksi kaset, piringan CD atau musik-musik favorit di gadget. Untuk dinikmati sendiri atau untuk diperdengarkan dan dipamerkan kepada teman dan orang lain.

Dengan adanya SoundCloud, kebiasaan tersebut mulai berkurang. Dengan SoundCloud kita bisa sharing musik dengan orang lain, bisa mempromosikan musik sendiri, bisa membuat musik sendiri, dan bahkan, dengan SoundCloud, kita bisa berkumpul bersama komunitas pencinta musik dengan genre tertentu tanpa harus repot-repot mencari tempat, membuat spanduk, dan lain sebagainya.

  1. BBM

BBM adalah aplikasi chatting sekaligus sosial media lainnya yang cukup terkenal. Terlebih karena di negara kita, dahulu Blackberry merupakan salah satu smartphone terpopuler yang saat ini mulai tergusur karena kehadiran smartphone berbasis Android.

Kalo dahulu kita cenderung berjualan dengan membuka toko konvensional dan mempromosikan dagangan dengan menggunakan spanduk super gede, sekarang bukan jamannya lagi. Dengan adanya BBM, kita bisa melakukan promosi setiap hari dengan biaya yang sangat murah, langsung kepada calon pembeli yang berpotens. Dan bahkan, promosi yang kita lakukan bisa cukup fleksibel sehingga bisa lebih mengena.

  1. YouTube

Anak muda sekarang sudah banyak yang meninggalkan televisi sebagai tontonan utama mereka. Hal tersebut tidak lepas dari semakin terjangkaunya smartphone, semakin populernya YouTube, semakin murahnya data internet, serta semakin luasnya jangkauan sinyal internet di Indonesia.

Tidak hanya karena cukup mudah diakses, namun YouTube juga merupakan media sosial yang menawarkan fleksibilitas. Kita bisa menonton apapun yang kita inginkan tanpa harus menunggu jam-jam tertentu. Di YouTube, kita bisa menonton artis favorit, acara favorit, kejadian langka dan aneh, bahkan ada berbagai jenis video klip terbaru juga di upload setiap hari.

  1. Flickr

Komunitas fotografer semakin banyak. Tidak lepas dari banyaknya orang yang menyukai photography untuk mengabadikan momen-momen atau objek-objek yang mereka sukai. Namun menyimpan foto-foto tersebut di dalam hard drive dan di album membuatnya tidak menarik, terkesan usang tentunya. Dengan kemunculan Flickr, semakin banyak orang yang berminat meng-upload dan memamerkan foto hasil jepretan mereka agar lebih mudah dilihat oleh orang lain tanpa harus repot-repot mencuci foto, membuat album foto, dsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015