Garis Batas

Traveling & Science Blog

Hidup tanpa Empedu

Apakah Anda salah satu salah satu orang yang memiliki masalah dengan kandung empedu? Yang akhirnya dokter Anda atau Anda sendiri memutuskan untuk mengangkat kandung empedu dari tubuh Anda. Ya…..memang manusia dapat hidup tanpa empedu, tapi tentunya banyak perubahan yang dirasakan oleh orang yang sudah tidak memiliki empedu. Di sini akan dibahas bagaimana sebaiknya menjalani hidup bagi orang yang tidak memiliki kandung empedu.

hidup-tanpa-empedu

Empedu (Pic by: Wikipedia under CC License)

Sebenarnya apakah fungsi empedu untuk tubuh kita? Kandung empedu adalah sebuah membran berotot yang terletak pada lobus di bawah hati hingga ke pinggir depan, berbentuk buah pir dan memiliki kapasitas kurang lebih 60 ml, panjang sekitar 8 hingga 12 cm. Lapisan terdiri dari membran mukosa atau viseral, lapisan otot bergaris dan lapisan pariental. Isinya adalah cairan basa yang terasa pahit dan berwarna hijau kekuningan, terdiri dari pigmen urobilin, biliverdin dan bilirubin yang merupakan hasil sekresi dari hepatosit hati. Cairan tersebut disekresikan oleh hati sebanyak kurang lebih 500 – 1000 cc tiap hari, dan akan meningkat jika kita mengkonsumsi lemak. Cairan empedu hanya sementara saja berada di dalam empedu, karena secara terus-menerus akan dilepaskan ke dalam usus dua belas jari untuk membantu proses pencernaan makanan. Walaupun tanpa adanya kandung empedu, cairan empedu tetap dapat disalurkan langsung dari hati ke usus dua belas jari.

Kebanyakan orang yang telah diangkat kandung empedunya tidak merasakan perubahan pada tubuh mereka, namun ada juga orang yang sampai mengalami komplikasi setelah kandung empedunya diangkat.

Setelah operasi pengangkatan kandung empedu, dokter Anda mungkin akan menyarankan untuk melakukan diet rendah lemak, namun nantinya tubuh dapat beradaptasi sehingga Anda dapat kembali hidup normal seperti biasa. Saat awal setelah operasi pengangkatan kandung empedu, yang sering dirasakan oleh pasien biasanya perut terasa mulas dan harus segera mencari toilet sesaat setelah mengkonsumsi lemak.

Walaupun tubuh bisa beradaptasi untuk hidup tanpa empedu, namun ada baiknya gaya hidup seseorang yang kandung empedunya sudah diangkat harus diubah, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menjalankan diet rendah lemak dan tinggi serat
  2. Makan dalam porsi kecil namun sering
  3. Hindari makan malam yang banyak setelah berpuasa seharian

 

Pada umumnya orang yang mengalami perubahan setelah kandung empedunya diangkat harus secara rutin mengkonsumsi obat tertentu yang berfungsi untuk mengikat cairan empedu, namun dengan perubahan gaya hidup di atas, seharusnya obat tersebut sudah tidak diperlukan lagi. (MM)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015