Garis Batas

Traveling & Science Blog

Gadget yang Tergusur karena Adanya Smart Phone

smart phoneSmart phone semakin murah dan semakin terjangkau saat ini. Tidak hanya itu, alasan lain mengapa banyak orang lebih memilih gadget ini daripada membeli jenis gadget yang lainnya adalahkarena spesifikasinya yang cukup mumpuni sehingga bisa diandalkan untuk melakukan banyak hal, mulai dari bermain game, menangani berbagai jenis pekerjaan, dan tentu saja dapat diandalkan untuk melakukan komunikasi dasar seperti telepon dan berkirim pesan. Dengan berbagai kemampuannya tersebut, tidak salah apabila banyak orang yang kemudian meninggalkan beberapa gadget lain karena gadget ini dianggap sudah bisa menggantikan gadget-gadget tersebut.

Penasaran dengan beberapa gadget yang tergusur karena adanya smart phone? Berikut beberapa diantaranya.

  1. Mp3 player

Beberapa tahun yang lalu, banyak orang yang menenteng MP3 player untuk mendengarkan musik-musik favorit mereka. Bahkan yang paling terkenal, iPod, merupakan MP3 player berkelas yang saat ini sudah tergusur dengan kehadiran smart phone.

Smart phone juga bisa diandalkan untuk mendengarkan musik dan dijadikan sebagai MP3 player utama karena bisa menghadirkan kualitas audio yang menjanjikan. Bahkan beberapa smart phone diformulasikan khusus untuk para penggila musik. Namun selain karena kualitas audio yang menjanjikan, beberapa gadget canggih ini juga dilengkapi dengan headset mumpuni yang bisa menghadirkan kualitas suara diatas rata-rata.

  1. Kamera pocket

Sama seperti MP3 player, beberapa tahun yang lalu, kamera pocket atau kamera digital compact, adalah salah satu gadget yang banyak dimiliki dan cukup diandalkan untuk mengabadikan momen-momen tertentu. Walaupun hingga saat ini, kualitas yang diberikan oleh kamera pocket atau kamera kompak belum mampu tergantikan oleh kamera smart phone, namun karena alasan ribet membawa banyak gadget, akhirnya banyak orang yang memilih untuk memaksimalkan kamera yang ada di smart phone.

Dan bahkan, saat ini, smart phone kelas menengah dan kelas atas cukup menjanjikan karena hadir dengan resolusi yang cukup besar. Walaupun masih ada beberapa kelemahan, seperti kesulitan mengambil gambar pada malam hari atau di tempat-tempat gelap karena sensor cahayanya yang masih sangat kecil, namun dengan adanya kamera berkualitas di beberapa smart phone membuat banyak orang rela meninggalkan kamera pocket untuk digantikan dengan kamera smart phone.

  1. DVD player dan CD player

Dahulu, hampir di setiap rumah ada DVD player atau CD player yang digunakan untuk mendengarkan musik dan menonton video. Namun saat ini, tampaknya DVD dan CD player sudah mulai banyak ditinggalkan karena beberapa orang cenderung lebih memilih untuk menonton berbagai film kesukaan mereka dari smart phone. Tidak hanya menawarkan personalitas, namun film-film yang bisa ditonton secara streaming misalnya dari YouTube membuat banyak orang enggan untuk membeli CD dan DVD player.

  1. Komputer

Dari tahun ke tahun, penjualan komputer terus menurun. Hal ini tidak lepas dari berkurangnya ketergantungan banyak orang terhadap komputer sebagai gadget utama untuk bekerja. Layar smart phone yang semakin besar misalnya, 5 inchi keatas, membuat banyak orang memilih gadget ini sebagai pengganti komputer untuk bekerja, mulai dari mengetik, membuat presentasi, mengedit video dan gambar, mengedit audio, dan masih banyak pekerjaan-pekerjaan yang bisa dilakukan komputer ternyata bisa digantikan oleh gadget ini walaupun hasilnya belum semaksimal seperti apa yang diberikan oleh komputer.

  1. Recorder

Recorder untuk merekam suara dahulu hadir dalam bentuk portable. Namun saat ini, smart phone juga bisa diandalkan untuk merekam suara. Dan bahkan, kualitas audio yang diberikan bisa diatur sesuka hati. Itulah alasan lain mengapa banyak orang meninggalkan tape recorder atau audio recorder lainnya untuk beralih menggunakan gadget ini.

  1. Alat GPS & peta

Dengan adanya Google Maps dan dengan adanya fitur GPS di smart phone membuat banyak orang meninggalkan perangkat GPS serta peta manual yang umumnya terlihat sangat kuno dan ribet. Dengan adanya GPS pada gadget ini dan dengan adanya beberapa aplikasi seperti Google Maps dan aplikasi peta yang lainnya membuat GPS semakin terpinggirkan.

  1. Game portable

Dahulu ada banyak game portable seperti Nintendo, PS Portable, game watch, dan bahkan laptop cukup diandalkan untuk bermain game. Namun dengan adanya smart phone yang menawarkan banyak game berkelas dan berkualitas, baik itu game dua dimensi maupun tiga dimensi, membuat gadget-gadget tersebut akhirnya tergusur sedang terlupakan.

Jika dahulu kita hanya mengandalkan PS, Xbox, dan PC untuk bermain game balap seperti Need For Speed atau game perang-perangan. Saat ini game seru tersebut ternyata sudah bisa dimainkan dengan menggunakan smart phone. Bahkan game terbaru saat ini sudah mampu menghadirkan fitur Virtual Reality seperti game Pokemon Go juga dapat dimainkan melalui Smart Phone.

  1. Tablet

Walaupun kemunculan tablet dan smart phone memiliki rentang waktu yang tidak jauh berbeda, namun tampaknya, karena tidak ringkas dan terlalu besar, tablet kemudian bukan menjadi pilihan untuk dijadikan gadget utama. Orang cenderung memilih yang lebih mudah masuk kantong, lebih ringkas saat di bawah, lebih mudah dioperasikan dan lebih mudah digenggam dan lebih ringan. Perlahan namun pasti, banyak orang mulai meninggalkan tablet karena hadirnya beberapa phablet yaitu sebutan untuk smart phone yang memiliki layar berukuran besar antara 6 inches hingga 7 inches.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015