Garis Batas

Traveling & Science Blog

Foto Traveling Maksimal, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

foto travelingSaat kita berlibur, satu hal yang sangat penting dan tidak boleh kita lupakan adalah kualitas foto yang kita dapatkan dari hasil liburan tersebut. Kita seringkali merasa kecewa karena hanya membawa pulang satu atau dua buah foto traveling yang bagus. Nah, agar tidak kecewa, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips bagaimana cara mendapatkan foto traveling yang maksimal berikut ini.

  1. Latihan

Berlatih mengambil gambar adalah cara paling tepat untuk memaksimalkan pengambilan foto dimanapun dan kapanpun. Saat kita sudah terlatih untuk mengambil foto-foto yang berkualitas, maka dengan sendirinya kita akan mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi, jangan pernah malas untuk berlatih.

Saat berlatih, cobalah mengambil beberapa latihan seperti: latihan mengambil perspektif yang berbeda, latihan mengambil angle yang terbaik, serta berlatih mengenai pencahayaan. Karena pencahayaan juga akan mempengaruhi kualitas foto yang kita dapatkan. Selain berlatih mengambil gambar, berlatih pose saat menjadi objek foto juga tidak kalah pentingnya. Pelajarilah pose-pose yang sedang trend saat ini.

  1. Pilih waktu paling tepat

Saat berwisata, kita memang seringkali dibenturkan pada waktu. Namun jika bisa memilih, ada baiknya Anda berwisata di waktu yang paling tepat yaitu pada saat pagi hari atau pada saat sore hari dimana matahari tidak bersinar terlalu terik. Itu adalah saat yang paling tepat untuk mengambil foto dan hasilnya biasanya lebih maksimal dibandingkan dengan siang hari di mana objek yang akan kita ambil fotonya akan terlihat terlalu menyilaukan. Atau dimalam hari, dimana cahaya sangat kurang. Selain itu, liburan pada saat long weekend atau saat liburan sekolah juga bisanya kurang mendapatkan hasil foto yang bagus karena suasana menjadi terlalu banyak orang dan ramai. Ambilah cuti dan pilihlah waktu di saat orang lain tidak banyak yang berlibur

  1. Pilihlah kamera terbaik

Walaupun saat ini kamera smartphone atau kamera ponsel sudah memiliki megapixel yang semakin besar, namun sayangnya, kamera ponsel seringkali tidak bisa menghasilkan warna, kontras, dan pencahayaan yang cukup. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mengambil foto dengan menggunakan kamera khusus seperti kamera pocket, kamera kompak atau kamera DSLR jika Anda memilikinya.

Sebaliknya, jika harus mengandalkan kamera smartphone, pastikan Anda mengoptimalkan poin nomor 2, yaitu mengambil foto saat siang hari. Serta, hindarilah tempat-tempat yang terlalu redup karena sensor cahaya kamera smartphone sangat kecil.

  1. Manfaatkan fitur HDR

Jika Anda memiliki smartphone yang menyediakan fitur HDR, ada baiknya Anda memaksimalkan fitur ini, terlebih jika Anda menginginkan foto dengan kualitas yang lebih baik. Fitur HDR dapat menghasilkan kualitas foto yang tajam di seluruh bagian foto.

  1. Pilih tempat-tempat dengan cahaya maksimal

Saat kita berada di dalam ruangan, misalnya saat kita harus mengambil foto dari makanan atau kuliner yang sedang kita coba, kadangkala ada beberapa tempat yang terlalu redup sehingga gambar yang kita hasilkan tidak maksimal. Gunakan cahaya tambahan atau flash camera jika berada di ruangan yang kurang cahaya.

Agar foto bisa tetap maksimal, tanpa harus mengandalkan flash atau blitz, ada baiknya Anda mengambil tempat duduk di dekat jendela atau di dekat pintu yang cahayanya lebih banyak.

  1. Ambil latar belakang yang memiliki ciri khas suatu daerah

Setiap lokasi traveling biasanya memiliki tempat yang menjadi ciri khas suatu daerah. Sebaiknya ambilah foto traveling dengan latar belakang ciri khas tersebut sehingga orang yang melihat foto Anda sudah tahu di mana lokasi tersebut tanpa harus diberi tahu. Sebagai contoh jika kita traveling ke Yogyakarta, sempatkanlah untuk berfoto di sekitar Jl. Malioboro yang menjadi ciri khas kota tersebut.

  1. Bertanya kepada penduduk setempat

Cobalah bersosialisasi dengan penduduk setempat untuk mendapatkan informasi spot-spot foto traveling yang menarik di daerah tersebut. Bahkan menjadi keunikan sendiri jika kita bisa berfoto dengan penduduk setempat.

  1. Berfoto saat menikmati kuliner setempat

Satu hal yang bisa menjadi kenangan saat traveling adalah saat menikmati kuliner ciri khas daerah tersebut. Jika Anda sedang traveling, sebaiknya sempatkan berfoto saat menikmati kuliner tersebut.

  1. Manfaatkan kamera belakang smartphone

Menggunakan kamera belakang smartphone memang tidak ideal untuk mengambil foto selfie. Karena kamera belakang tersebut akan membuat kita buta dalam menentukan target yang paling tepat. Namun dengan beberapa latihan, sebenarnya kita bisa mengambil foto dengan angle yang baik dan tepat. Disarankan Anda mengambil foto selfie dengan menggunakan kamera belakang karena biasanya, kamera primer (belakang) smartphone saat ini cenderung memiliki megapixel yang lebih besar dan kualitas yang lebih baik. Walaupun harus mengulang beberapa kali, namun hasil foto yang akan Anda dapatkan akan lebih baik.

  1. Manfaatkan photo burst

Ada beberapa moment dimana kita harus mengambil foto traveling dengan kecepatan tinggi karena objek yang akan kita foto bergerak dengan cepat. Salah satu trik terbaik adalah dengan menggunakan fitur Photo Burst yang memungkinkan kita untuk mengambil foto dalam jumlah banyak dalam sekali tap. Dengan mendapatkan beberapa foto dengan metode tersebut, kita bisa memilih foto dengan kualitas dan pose terbaik.

  1. Gunakan autofocus

Jika Anda menginginkan objek yang tajam saat mengambil foto traveling dengan smartphone, cobalah mengaktifkan autofocus dengan melakukan tapping pada layar smartphone. Fitur autofocus juga terdapat pada kamera kompak atau SLR. Degan fitur ini, kegiatan foto menjadi lebih efisien karena saat traveling biasanya kita hanya memiliki sedikit waktu.

  1. Jangan men-zoom saat menggunakan kamera smartphone

Salah satu kelemahan kamera smartphone adalah, saat kita melakukan zoom. Sebenarnya zoom yang kita lakukan adalah zoom digital yang akan menurunkan kualitas gambar sekaligus menurunkan pixel foto. Untuk mengatasi masalah ini, satu-satunya cara mendapatkan gambarnya yang terbaik untuk mode close up adalah dengan mendekati objek tanpa menggunakan zoom digital yang ada pada smartphone.

Sebaliknya jika Anda menggunakan kamera pocket atau kamera yang menggunakan optical zoom seperti kamera kompak dan kamera DSLR maka hal tersebut bukan suatu masalah.

  1. Jangan ragu untuk eksplorasi

Kadangkala, untuk mendapatkan foto traveling terbaik, kita harus mencari tempat-tempat tertentu untuk menjepret. Karena setiap view akan menghasilkan gambar yang berbeda dan kualitas yang berbeda. Jika memang harus tanpa mengesampingkan keselamatan, Anda bisa mengeksplor dan mencoba beberapa angle serta tempat untuk mengambil gambar yang maksimal.

2 Comments

Add a Comment
  1. Sebenarnya ini tips foto pakai smartphone atau gmn ya? hhee… sep ini artikel bagus…

    1. Tipsnya sebagian untuk foto dengan smartphone, sebagian dengan kamera prosumer dan SLR mas 🙂 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015