Garis Batas

Traveling & Science Blog

Bagaimana Racun Sianida dapat Membunuh Manusia

racun-sianida

Ilustrasi racun sianida (Pic by: Douglas Muth under CC License)

Baru-baru ini ada berita tentang pembunuhan dengan menggunakan kopi yang dicampur dengan racun sianida, sebenarnya apakah sianida itu dan bagaimana sianida dapat membunuh manusia? Artikel kali ini akan kita bahas apa itu sianida dan bagaimana sianida bekerja dalam tubuh manusia.

Apa itu Sianida

Secara terminologi bahasa, istilah sianida sendiri adalah suatu bahan kimia yang berasal dari penggabungan antara karbon dan nitrogen (CN). Sebenarya banyak sekali zat yang mengandung sianida, dan tidak semuanya beracun. Banyak senyawa nitril yang mengandung sianida namun tidak beracun. Bahkan banyak obat-obatan yang mengandung sianida seperti citalopram dan cimetidine. Senyawa-senyawa yang tergolong racun dan mematikan adalah senyawa yang mudah melepaskan ion CN seperti Potasium Sianida (KCN), Hidrogen Sianida (HCN), Sodium Sianida (NaCN) dan Sianogen Klorida (CNCl)

Sumber dari sianida sangat banyak berasal dari alam seperti Singkong, biji-bijian, kacang-kangangan, termasuk beberapa jenis sayuran juga mengandung sianida. Pada tumbuh-tumbuhan, zat sianida tersebut digunakan untuk pertahanan dari serangan pemangsa. Sianida juga terdapat pada asap rokok, pembakaran plastik dan asap industri.

Cara Kerja Sianida sebagai Racun Pembunuh

Sianida memiliki afinitas dengan atom besi, ketika seseorang terkontaminasi dengan sianida dalam jumlah tertentu, maka sianida akan dengan segera mengikat atom besi yang berada di dalam hemoglobin darah. Hal tersebut menyebabkan atom besi kehilangan kemampuan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Padahal oksigen sangat dibutuhkan untuk pembentukan energi pada jaringan-jaringan krusial seperti sel-sel otot jantung, sitem pernapasan dan sel-sel saraf. Pada tahap ini akan terjadi kondisi kekuragan oxigen yang disebut dengan hipoksia. Sel-sel otak yang akan pertama kali berpengaruh, dalam waktu 10 sampai 20 detik, orang akan mulai kehilangan kesadarann dan dalam waktu 4 sampai 5 menit dapat menyebabkan kematian

Gejala yang Timbul jika Terkena Racun Sianida

Racun Sianida adalah pembunuh tercepat, menghirup atau meminum/memakan racun sianida dapat menimbulkan kematian dalam waktu singkat. Apa saja gejala yang terjadi jika seseorang terkena racun sianida? Gejala awal setelah tubuh terpapar racun sianida, korban akan merasakan sakit kepala, pusing, lemah, kebingungan dan kurang kordinasi. Tahap berikutnya akan terjadi tekanan darah yang rendah, denyut jantung melemah, hilang kesadaran, kejang dan koma. Pada tahap selanjutnya terjadi kegagalan multi organ seperti otak, paru-paru dan jantung yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian.

Pengobatan pada Keracunan Sianida

Pada kasus keracunan sianida karena menghirup gas yang mengandung sianida, korban harus segera dibawa ke area yang bebas dari sianida dan mendapatkan udara segar. Pada kasus keracunan melalui oral (makan atau minum), korban dapat diberikan obat penangkal atau detoksifikasi misalnya vitamin B12 yang dapat mengikat sianida untuk dikeluarkan melalui urin.

Dalam kasus keracunan sianida, kecepatan pertolongan harus diutamakan sebelum terjadi kerusakan multi organ yang dapat menyebabkan kelumpuhan atau kematian. (MM)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015