Garis Batas

Traveling & Science Blog

Aplikasi Traveling yang Menjadi Teman Perjalanan

Bagi beberapa orang melakukan traveling adalah tantangan tersendiri. Itu karena beberapa orang tersebut belum memiliki pengalaman sama sekali dengan perjalanan jauh. Sehingga mau tidak mau, mereka harus berbekal beberapa informasi yang didapat sebelumnya atau aplikasi traveling yang membantu memberikan informasi tertentu mengenai jalan yang akan dilalui. Jadi, jangan heran Apabila ada beberapa orang yang melakukan traveling yang kemudian tersesat dan menghabiskan waktu puluhan jam di jalanan karena tidak berbekal informasi atau aplikasi yang bisa diandalkan.

Baca juga: Bekal yang Harus Disiapkan untuk Dibawa Pada Saat Perjalan Jauh

Jika Anda akan memulai traveling, dan ingin lebih mudah dalam mencari jalan paling dekat atau jalan yang bebas macet, serta ingin mengetahui beberapa tempat-tempat peristirahatan, atau rest area, Anda wajib menginstal beberapa aplikasi traveling Android maupun aplikasi IOS berikut ini.

Google Maps

Aplikasi Traveling Google Maps

Google Maps

Google Maps merupakan salah satu aplikasi traveling paling populer yang banyak digunakan oleh traveler atau pelancong wisata dan cukup bisa diandalkan, mengingat aplikasi ini menawarkan details peta yang cukup baik dan bisa juga digunakan untuk navigasi apabila smartphone yang kita miliki dilengkapi dengan GPS.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan turn to turn navigation yang akan menjadi pemandu kita tanpa harus bolak-balik membuka gadget. Kondisi kemacetan juga dibedakan melalui warna-warna jalur yang muncul di Google Maps.

Selain itu kita juga bisa menemukan dengan mudah tempat-tempat penting di sekitar kita pada saat itu seperti ATM, warung makan, hotel, tempat peristirahatan, SPBU, hingga rumah sakit, dan lain-lain bisa kita temukan dengan mudah karena berbekal peta besutan Google ini.

Waze

Aplikasi Traveling Waze

Waze

Tidak jauh berbeda fungsinya seperti Google Maps, aplikasi Waze juga cukup bisa diandalkan untuk mencari jalan-jalan yang lancar agar terhindar dari macet. Biasanya, jalan yang akan kita lalu ia akan memiliki beberapa warna. Warna jingga adalah tanda bahwa jalanan tersebut lumayan macet atau padat. Sedangkan warna merah menandakan bahwa jalanan tersebut benar-benar macet dan sebaiknya dihindari. Kemudian warna hijau menandakan bahwa jalanan cukup lancar dan lengang.

Waze juga bisa diandalkan karena memiliki informasi yang cukup lengkap mulai dari lokasi kecelakaan, jika terjadi kecelakaan. Informasi jalanan rusak, informasi mengenai kemacetan dan lain-lain.

NTMC TV

Aplikasi Traveling NTMC TV

NTMC TV

Bagi Anda yang ingin langsung memantau kondisi jalanan secara live, Anda bisa mengandalkan aplikasi yang sejatinya bernama National Traffic Management Center yang disingkat dengan NTMC. Aplikasi ini adalah aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh POLRI dan bisa kita manfaatkan untuk langsung memantau kondisi lalu lintas melalui CCTV di beberapa ruas jalan. Video yang ditampilkan juga real time. Aplikasi ini cukup membantu apabila Anda dalam perjalanan ke beberapa daerah seperti, daerah Jawa mulai dari Jakarta, Jawa Barat hingga Jawa Timur termasuk juga beberapa pulau di luar pulau Jawa seperti, Pulau Bali, dan pulau Sumatera.

Social Media & Instant Messenger

Aplikasi traveling social media twitter

Social Media

Kemudian, aplikasi sosial media seperti Twitter maupun Facebook juga sebaiknya Anda install di smartphone Android atau smartphone Apple milikmu. Biasanya di waktu-waktu tertentu seperti saat musim mudik lebaran atau musim liburan ada beberapa teman mudik yang dengan sengaja memposting informasi mengenai kondisi jalan yang ia lalui. Termasuk juga jika mereka terjebak macet parah. Biasanya ada saja teman-teman yang menginformasikannya sehingga kita bisa mengantisipasi.

Aplikasi lainnya untuk traveling Anda selanjutnya adalah Instant Messenger yang cukup bisa diandalkan untuk mendapatkan informasi mengenai kondisi arus jalur perjalanan terutama kondisi lalu lintas yang akan kita lalui dari sumber yang cukup akurat. Aplikasi ini dapat bermanfaat Jika Anda tergabung ke dalam grup chat yang menginformasikan mengenai situasi di jalanan yang mungkin diinformasikan oleh teman-teman yang tergabung di dalam grup tersebut. Instant Messenger yang cukup powerfull untuk kebutuhan tersebut contohnya adalah Whatsapp, Telegram dan BlackBerry Messenger. Saat musim mudik ataupun musim liburan, biasanya sekelompok orang membentuk group khusus untuk saling memberikan informasi perjalanan.

Travel Service

Aplikasi Traveling Service

Aplikasi Travel Service

Jika Anda melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum seperti kereta api, pesawat atau kapal laut, aplikasi Travel service sebaiknya Anda install terutama untuk mengecek ketersediaan tiket-tiket murah dan mencari penginapan terdekat. Beberapa aplikasi seperti Traveloka, Tiket.com, AiryRooms dan Agoda juga bisa diandalkan untuk membeli tiket pesawat, tiket transportasi yang lainnya dan melakukan booking penginapan atau hotel. Selain itu, Anda juga bisa tetap memantau promo tiket pesawat murah.

Ada banyak kemudahan yang akan Anda dapatkan saat menginstal aplikasi tersebut. Diantaranya adalah, Anda tidak perlu mencetak tiket pesawat atau booking hotel yang Anda beli karena biasanya aplikasi tersebut sudah menyediakan langsung dalam bentuk tiket elektronik. Selain itu, harga pemesanan melalui aplikasi tersebut juga cukup jujur sehingga Anda tidak akan dikenakan biaya apapun saat di bandara. Selain itu, bagi Anda yang mendaftar atau login menggunakan email, biasanya Anda akan diberikan beberapa penawaran menarik seperti voucer atau diskon hotel murah.

Baca juga: Foto Traveling Maximal, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Jadi, agar traveling Anda tetap lancar, ada baiknya Anda menginstal aplikasi Android atau iOS yang bisa diandalkan tersebut. Dengan begitu, Anda tidak akan terjebak macet di jalan. Atau paling tidak, Anda bisa menghindari tempat-tempat tertentu yang berpotensi menyebabkan perjalanan menjadi lama.

6 Comments

Add a Comment
  1. Bebberapa aplikasi diatas sering saya gunakan sih,, trus ada yang belum pernah tau juga,, ntar dicobain deh 🙂

  2. Kalau aku always pakai Waze..soulmate banget 🙂

    1. Bener Mba, kondisi status lalu-lintasnya akurat banget, tapi agak makan battery apps-nya

  3. Aku selalu pake google map & suami pake waze hahahha, tapi emang 2 aplikasi itu membantu banget untuk travelling.

    1. Emang tiap orang punya preference masing2 sih Mba dan pasti ada alasannya…..saya sendiri lebih prefer pakai Google Maps krn GPS sync-nya cepet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015