Garis Batas

Traveling & Science Blog

20 Tips Menurunkan Berat Badan

menurunkan-berat-badan

Ilustrasi menurunkan berat badan (Pic by: Petr Kratochvil under CC License)

Memiliki berat badan ideal sangat dianjurkan terlebih jika kelebihan berat badan yang kita miliki disebabkan karena penumpukan lemak di tubuh. Berbeda halnya dengan orang yang kelebihan berat badan karena memiliki massa otot yang besar, kelebihan berat badan karena kelebihan lemak ternyata berdampak negatif terhadap kesehatan kita karena dapat menyebabkan timbulnya berbagai jenis penyakit dan masalah kesehatan mulai dari, penyakit jantung, kolesterol, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, dan lain-lain. Jika melihat akibat yang ditimbulkan oleh kelebihan berat badan karena terlalu banyak lemak, sudah sewajarnya kita menyadari bahwa memiliki berat badan ideal itu sangat penting. Untuk mendapatkan berat badan ideal, ada beberapa tips menurunkan berat badan yang bisa Anda ikuti. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Jalan kaki

Berjalan setidaknya 30 menit dapat membantu membakar lemak. Apabila secara rutin kita lakukan setiap hari, lemak di tubuh kita akan jauh berkurang terlebih jika diimbangi dengan mengkonsumsi makanan sehat.

  1. Jogging

Melakukan latihan dengan intensitas tinggi jauh lebih efektif dan jauh lebih cepat menurunkan berat badan dibandingkan dengan melakukan latihan yang biasa-biasa saja seperti jalan kaki. Walaupun jalan kaki juga dapat menurunkan berat badan, namun berlari atau misalnya jogging jauh lebih cepat memberikan hasil. Bahkan, jika kita melakukan latihan dengan intensitas tinggi seperti sprint, hasilnya akan lebih signifikan dan beberapa kali lebih baik dibandingkan dengan jalan kaki atau joging.

  1. Minum air putih

Banyak orang meragukan bahwa air putih dapat membantu menurunkan berat badan. Namun menurut penelitian, air putih yang kita konsumsi setidaknya dua gelas sebelum makan akan membantu membakar lemak 30% lebih baik dibandingkan apabila kita tidak mengkonsumsi air putih. Selain itu, air putih juga bermanfaat untuk melarutkan lemak dan untuk mengeluarkan berbagai jenis racun dari dalam tubuh kita. Sehingga, banyak dokter yang menganjurkan kita memperbanyak minum air putih untuk detoksifikasi.

  1. Kurangi karbohidrat sederhana

Karbohidrat terbagi menjadi dua bagian yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks yang bisa kita dapatkan dari berbagai jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Karbohidrat sederhana pada umumnya kita dapatkan dari nasi, roti yang terbuat dari nasi atau tepung, dan pasta. Sedangkan karbohidrat kompleks biasanya kita dapatkan dari makanan yang mengandung karbohidrat serta berbagai jenis vitamin dan mineral seperti kentang, jagung, beras merah, gandum, atau kacang-kacangan.

Karbohidrat sederhana yang kita konsumsi pada malam hari pada umumnya apabila tidak habis dimanfaatkan sebagai energi akan disimpan oleh tubuh kita dalam bentuk lemak. Jadi, merupakan keputusan bijak apabila Anda tidak mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat sederhana pada malam hari jika Anda akan beristirahat atau apabila waktu makan terlalu dekat dengan waktu tidur. Sebaliknya, Anda lebih dianjurkan mengkonsumsi makanan seperti sayuran dan buah-buahan di malam hari yang lebih banyak mengandung vitamin serta mineral.

  1. Mengkonsumsi buah-buahan

Buah-buahan setidaknya harus kita konsumsi setiap hari. Dan yang dianjurkan, kita sebaiknya mengkonsumsi 2 porsi buah-buahan. Beberapa buah-buahan yang dapat membantu menurunkan berat badan diantaranya adalah, buah pisang, buah apel, buah stroberi, dan buah jeruk.

  1. Konsumsi sayuran

Tips selanjutnya untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengkonsumsi sayuran setiap hari. Apabila Anda ingin menghilangkan lemak dalam waktu singkat, Anda bisa mengurangi jumlah nasi pada saat makan dan menambah jumlah sayuran. Dengan begitu Anda tidak akan merasa kelaparan. Namun efeknya sangat baik karena akan membuat tubuh Anda lebih mudah kehilangan lemak.

  1. Makan sambel

Makanan pedas seperti sambel dapat membuat metabolisme di tubuh kita meningkat. Apabila metabolisme meningkat, maka pembakaran lemak ditubuh kita akan berlangsung lebih efektif. Dan tidak banyak yang mengetahui bahwa, ketika kita makan makanan pedas seperti makanan yang mengandung lada atau sambal, ternyata tubuh kita akan bereaksi layaknya kemasukan benda asing seperti bakteri atau virus. Itulah sebabnya mengapa tubuh kita akan berkeringat pada saat kita mengkonsumsi makanan pedas. Dan ternyata pada saat kita mengkonsumsi makanan pedas tersebut, sejumlah energi akan dirilis. Dan salah satu hak keuntungannya adalah, apabila energi yang tersedia di tubuh kita tidak cukup, maka tubuh akan memecah lemak untuk dijadikan sebagai sumber energi.

  1. Berenang

Berenang adalah cara lain menurunkan berat badan dengan cepat. Berenang akan membuat seluruh tubuh kita bergerak. Dan ini merupakan jenis olahraga yang dianjurkan untuk menurunkan berat badan. Selain sangat baik karena kita tidak mudah menyebabkan cedera, berenang juga dapat mempromosikan pembangunan massa otot.

  1. Jangan terlalu banyak duduk

Malas bergerak adalah kebiasaan kita saat ini yang cenderung lebih banyak menghabiskan waktu duduk di kursi entah itu saat bekerja atau saat berada di rumah ketika ngobrol dan nonton TV. Ternyata tidak banyak bergerak membuat tubuh kita tidak banyak mengeluarkan energi atau tidak menghabiskan kalori yang kita konsumsi setiap hari sehingga penumpukan lemak di tubuh akan terus bertambah. Sebaliknya, dengan melakukan banyak gerakan misalnya jalan kaki, mengurangi duduk, mengurangi berdiam diri atau bahkan berdiri saja ternyata dapat membantu membakar sejumlah kalori.

  1. Konsumsi lemak sehat

Lemak sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Kekurangan lemak dapat menyebabkan tubuh kita bermasalah. Jadi, sebenarnya lemak trans juga dibutuhkan namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Hal sebaliknya, lemak baik atau lemak tak jenuh sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dan dianjurkan untuk dikonsumsi apabila ingin menurunkan berat badan. Lemak baik bisa bersumber dari beberapa makanan seperti ikan salmon atau ikan tuna dan ikan sarden. Lemak baik seperti asam lemak omega-3 juga bisa kita dapatkan dari buah alpukat. Atau Anda juga bisa membeli minyak ikan.

  1. Jangan lupa sarapan

Banyak orang tidak terbiasa sarapan. Padahal sarapan memberikan banyak manfaat bagi kita. Sarapan akan membantu kita mencegah kelaparan di siang hari secara berlebihan sehingga kita tidak akan makan terlalu banyak. Dan sarapan juga berfungsi untuk membantu agar tubuh kita memiliki energi untuk bergerak dan untuk berfikir. Menurut penelitian, mereka yang secara rutin sarapan memiliki indeks prestasi lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan di pagi hari. Bagi pekerja, pekerja yang sarapan di pagi hari, terutama dengan makanan sehat seperti telur dan sayur-mayur, memiliki tingkat produktivitas lebih baik dibandingkan dengan yang tidak sarapan.

  1. Hindari mengkonsumsi terlalu banyak gula

Makanan yang banyak mengandung gula adalah musuh bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Karena gula seringkali tidak habis digunakan oleh tubuh kita dan sedikit sulit dicerna oleh hati sehingga akan diubah oleh tubuh menjadi lemak. Jadi kalau Anda ingin menurunkan berat badan, hindarilah makanan manis yang banyak mengandung gula atau gula buatan. Sebaliknya, gunakanlah pemanis alami seperti madu jika memang dibutuhkan.

  1. Kurangi mengkonsumsi jus

Makanan yang dijadikan sebagai jus seperti buah-buahan pada umumnya dapat menyebabkan kita menjadi gemuk lebih cepat dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan dalam bentuk segar. Begitu juga ketika kita membuat jus, sebaiknya hindari menambahkan gula atau pemanis lainnya.

  1. Kurangnya mengkonsumsi buah-buahan kering

Beberapa buah kering seperti kurma banyak mengandung manfaat. Akan tetapi buah-buahan tersebut biasanya mengandung kalori yang sangat banyak dan dapat menyebabkan kita lebih mudah mengalami kenaikan berat badan.

  1. Perbanyak makan makanan berserat

Makanan berserat seperti rumput laut adalah makanan yang dianjurkan untuk melancarkan pencernaan sehingga berat badan akan berkurang karena tidak ada penumpukan limbah makanan di perut.

  1. Hindari terlalu banyak makan makanan yang mengandung garam

Garam dapat mengikat air di dalam tubuh kita. Apabila kita terlalu sering mengkonsumsi makanan makanan asin yang mengandung garam, maka air yang kita minum akan ditahan di dalam tubuh kita sehingga berat badan akan bertambah.

  1. Hindari begadang

Begadang membuat kita merasa lebih mudah lelah dan lapar. Hal tersebut akan memicu kita untuk mengkonsumsi makanan di malam hari. Terlalu sering makan pada malam hari ternyata berefek buruk terhadap berat badan.

  1. Makan yogurt

Yogurt adalah makanan yang banyak mengandung bakteri baik. Bakteri baik tersebut sangat kita butuhkan untuk membantu memperlancar pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Apabila pencernaan lancar, maka tubuh kita akan lebih mudah kehilangan lemak.

  1. Jangan fokus pada satu jenis olahraga

Beberapa orang cenderung fokus pada satu jenis olahraga misalnya dengan melatih otot perut untuk menghilangkan lemak di perut. Sebaliknya, sebenarnya kita dianjurkan untuk berolahraga yang melibatkan seluruh tubuh untuk menghilangkan lemak karena hal tersebut lebih efektif. Beberapa jenis olahraga yag baik untuk menurunkan berat badan pilihan diantaranya adalah cardio, berlari, dan senam.

  1. Perbanyak makanan yang mengandung protein

Makanan yang banyak mengandung protein sangat baik untuk membangun massa otot. Namun selain membantu membangun massa otot, makanan yang mengandung sejumlah protein juga terbukti dapat mengurangi jumlah lemak di tubuh kita. Jadi setidaknya Anda juga harus mengkonsumsi makanan seperti daging tanpa lemak, daging unggas tanpa kulit, dan kacang-kacangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Garis Batas 2015